Perbedaan Realme UI R Edition Dengan Biasa Tips Memilih

  • Droidinside
  • Jun 13, 2022

Dikembangkan untuk tujuan performa dan kemudahan, perbedaan Realme UI R Edition cukup terlihat mencolok dibandingkan dengan Realme UI biasa. Sebagai salah satu User Interface yang disematkan pada produk Realme C21Y, Realme C25Y, Narzo 50A Prime dan ponsel Realme seri C lainnya ini bisa disebut versi ringan dari Realme UI biasa. Ya bisa kita lihat sih, beberapa ponsel yang dapet update ke Realme UI 2.0 cukup berat dirasakan. Maka dengan adanya R Edition pada UI (User Interface) tersebut menjadi sebuah keuntungan buat user khususnya Low End.

Layaknya ponsel Xiaomi dengan Android Go Edition (Redmi Go) dan Samsung One UI Core. Brand ponsel ngasih perbedaan antarmuka yang lebih ringan dan simpel buat produk Entry Level mereka. Ini akan menguntungkan karena ponsel jenis itu biasanya gak terlalu powerfull. Memangkas berbagai fitur tidak penting membuat ponsel bisa dipake dengan lancar. Selain manfaat tersebut, apa saja sih perbedaan Realme UI R Edition dengan versi biasanya? Droidinside jelaskan untuk kamu.

Perbedaan Realme UI R Edition Dengan Realme UI Biasa

Sebelum membeli sebuah ponsel Realme, ada baiknya kita mengetahui versi UI apa yang digunakan. Biar kamu gak nyesel karena bagian yang disunat/ dikurangi pada Realme UI R Edition tersebut. Padahal fitur tambahan pada Realme UI biasa mungkin cukup berguna buat kehidupan kamu sehari-hari. Atau fitur yang bisa membuat kerja kamu lebih produktif malah tidak ada dan menyulitkan kamu. Berikut ini informasi tentang perbedaan Realme UI R Edition yang tidak memiliki fitur selengkap versi biasanya wajib diketahui:

Tampilan Antarmuka Pengguna

Terlihat secara jelas pada bentuk menu akses cepat yang bisa dibuka dengan mengusap layar dari ujung atas ke bawah. Pada UI R edition, bentuknya sangat simpel dan mirip dengan Android Stock. Beda banget dengan versi biasa terkait menu yang lebih banyak dan pilihan tombol akses cepatnya. Kamu juga akan mendapatkan tampilan sejenis mirip Android Stock pada menu di pengaturan, perpesanan dan hampir sebagian besar menu didalamnya.

tampilan realme ui r edition

Tampilan yang lebih minimalis dan minim menu untuk dimodifikasi membuat antarmuka ini cocok digunakan oleh siapa saja. Karena memang versi Android Stock adalah yang paling ringan karena gak ada embel-embel menu yang memberatkan kinerja ponsel. Perbedaan Realme UI R Edition yang mencolok dari tampilan menu maupun antarmuka ini bisa dibilang bahwa Realme UI R adalah Android Stock yang sedikit dipoles agar tidak terlalu polos. Bisa sobat lihat pada beberapa gambar kenampakan perbedaannya dibawah ini.

Aplikasi Bawaan Google

Karena menggunakan versi antarmuka Stock, maka aplikasi-aplikasi yang digunakan juga akan mengikuti. Jika pada Realme UI biasa aplikasi disediakan khusus dari Realme, maka R Edition memanfaatkan bawaan Google. Misalkan Galery Go, Files Google, Message, Kalkulator, dan aplikasi produktif lainnya itu bahkan kosongan atau harus unduh dari Play Store dulu. Aplikasi kamera masih dipertahankan punya Realme kayak biasanya, cuman fiturnya banyak yang dipangkas.

Fitur Yang Tidak Ada Di R Edition Sekaligus Menjadi Kekurangannya

Beberapa fitur akan absen di Realme UI R Edition, wajar sih karena tujuannya biar gak berat di hp nya. Pembahasan perbedaan Realme UI R Edition dibandingkan versi biasa bagian ini penting. Simak beberapa hal yang diilangin pada versi antarmuka R untuk hp Realme:

  • Phone Clone (buat mindah data hp lawas ke hp baru khusus Realme)
  • Game Space (fitur mempercepat game dengan panel produktif)
  • Screenshot Panjang (hanya bisa tangkap layar biasa)
  • Bilah Samping Cerdas (gak bisa lagi nampilin menu kecil di bagian samping layar)
  • Fitur Bola Pintas (bulat putih berisi menu hampir sama kayak iPhone)
  • Jendela Mengambang (fitur multitasking membuka dua aplikasi dalam satu layar)
  • Notification Center (tampilan keren notifikasi)
  • Multi Pengguna (ruang untuk setiap pengguna dengan penyimpanan tersendiri)
  • Notifikasi Kecepatan Internet (tampilan yang muncul saat koneksi internet berjalan)
  • Widget yang ada di versi UI biasa (seperti baterai)

Perbedaan Realme UI R Edition cukup terlihat dari berbagai fitur yang dikosongkan. Buat kamu yang pengen minang hp dengan UI ini coba dipikir-pikir lagi. Soalnya beberapa fungsi berhubungan dengan kinerja tidak ada dan mungkin bikin kecewa karena memang berbeda dari biasanya.

Karena perbedaan Realme UI R Edition cukup mendasar banyak hal menarik yang tidak bisa dilakukan. Tambahan satu kelemahan lagi, sistemnya cukup galak dalam mengosongkan RAM. Memang secara umum penggunaan RAM lebih lega sebagai kelebihannya, namun ternyata sistem sering kill aplikasi yang berjalan di latar belakang. Sebut saja ketika menjalankan beberapa aplikasi lalu fokus pada satu aplikasi saja. Ketika aplikasi lain dibuka maka Reload (memuat ulang) aplikasi akan terjadi. Jika aplikasi tidak dikunci (Lock) maka akan mudah ditutup dan Reload.

Kelebihan Realme UI R Edition

Dibalik fitur-fitur yang dipangkas, sebenarnya UI edisi R atau Go ini cukup bisa diandalkan juga kok. Sebab bisa dipastikan ada kenaikan performa yang signifikan. Apalagi kalau sama-sama pakai chipset kentang, menggunakan R Edition bisa lebih menguntungkan. Berikut ini beberapa hal yang bisa diunggulkan:

  • Hemat penggunaan RAM (karena fitur multitasking yang memberatkan dipangkas)
  • Aplikasi bawaan (bloatware dari pabrik) lebih sedikit karena pake punya Google
  • Bisa menonaktifkan aplikasi bawaan
  • Penggunaan ponsel jadi terasa lebih ringan
  • Punya tampilan mirip Stock, fungsi tidak penting dihilangkan sehingga lebih mudah dioperasikan

Pastinya kalau R Edition disematkan ke hp Realme yang punya spesifikasi lebih tinggi akan memberikan performa terbaik. Namun antarmuka pengguna ini hanya digunakan pada versi Low End (hp murah). Terlepas dari fitur yang dipangkas, kamu bisa bermain game dengan lebih lancar daripada Realme UI biasa yang menggendong sejuta fitur bikin berat.

Penutup

Itulah beberapa perbedaan Realme UI R Edition sebagai versi ringan, murah, dan mirip Stock Android dari ponsel BBK Group. Sesuaikan dengan penggunaan apakah fitur penting diatas wajib ada atau boleh dihilangkan. Jangan lupakan Budget, sehingga kamu bisa menggunakan hp Realme dengan maksimal.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.