Tips Aktifkan Bilah Samping Hp Realme

  • Droidinside
  • Apr 27, 2022

Dengan aktifkan bilah samping hp Realme, kamu bisa membuka pintasan berbagai aplikasi tanpa perlu pergi ke layar utama/beranda. Fitur Sidebar atau panel samping, kalau di hp Realme namanya Bilah Samping Cerdas (Smart Sidebar) memudahkan kamu memilih aplikasi untuk multitasking. Daftar aplikasi akan muncul hanya dengan mengusap layar dari samping.

Selain manfaat bisa membuka aplikasi lain tanpa perlu kembali ke menu utama. Aplikasi yang dibuka melalui bilah samping cerdas ini akan ditampilkan dalam bentuk jendela mengambang. Jadi beneran bisa menggunakan 2 aplikasi sekaligus dalam 1 layar. Bagaimana cara untuk memaksimalkan fitur Sidebar di hp Realme ini? Droidinside berikan tutorialnya untuk kamu.

Cara Aktifkan Bilah Samping Hp Realme

Syarat yang perlu kamu perhatikan supaya bisa aktifkan bilah samping hp Realme yaitu ada pada antarmuka/User Interface (UI). Fitur smart sidebar atau bilah samping cerdas tersedia di Realme UI 1.0 (berbasis android 10) dan versi terbaru. Selanjutnya untuk Realme yang menggunakan antarmuka ColorOS 7 yang bisa menggunakan fitur sidebar.

Jadi jika ponsel Realme kamu masih di posisi ColorOS 6. Maka untuk mengaktifkannya perlu aplikasi tambahan yang diinstal dari Play Store. Gampangannya gini aja, Realme keluaran tahun 2020 keatas bisa menggunakan fitur ini. Juga untuk Realme yang update software ke ColorOS 7. Berikut ini tutorial untuk ponsel Realme yang udah support maupun belum support:

Melalui Pengaturan

Jika ponsel Realme memenuhi syarat diatas. Maka akan tersedia menu bilah samping cerdas. Bisa aktifkan dari:

  • Buka Pengaturan (klik menu di layar utama, atau usap layar dari ujung atas ke tengah untuk membuka status bar lalu klik tombol Gear)
  • Pilih menu Alat Serba Guna (Convenience Tool)
  • Klik Bilah Samping Cerdas (Smart Sidebar)
  • Klik untuk aktifkan Bilah Samping Cerdas
  • Dibagian samping kanan layar akan muncul garis putih transparan
  • Usap garis tersebut untuk memunculkan bilah samping
bilah samping cerdas realme

Alternatif lain untuk aktifkan bilah samping hp Realme yaitu dengan pencarian. Buka Pengaturan – klik Cari di atas – masukkan bilah samping – klik menu Bilah Samping Cerdas yang muncul. Kamu akan dibawa ke pengaturan sidebar yang sama seperti cara diatas. Kalau ternyata menu tersebut gak ada, cekidot tutorial selanjutnya.

Cara Pasang Bilah Samping Cerdas Di Hp Realme

Kebanyakan mungkin hanya ponsel Realme kategori Mid-High End yang dapet fitur bilah samping cerdas setelah update atau pas lahir dari pabrik. Beberapa tipe Low End seperti Realme C15, Realme C11, C12 dan sejeninya tidak punya fitur sidebar ini sehingga dicari di Pengaturan menu diatas gak muncul. Makanya perlu memasang aplikasi bilah samping cerdas.

Terkhusus untuk antarmuka Realme UI 1.0 yang sidebar nya gak sesempurna kayak Realme UI 2.0 terbaru. Jadi untuk hp Realme kamu yang udah Realme UI 1.0 tapi belom ada Sidebarnya. Cara aktifkan bilah samping hp Realme tersebut dengan memasang aplikasi, langkahnya:

  • Buka browser seperti Chrome
  • Kunjungi alamat: https://bit.ly/sidebarRealme
  • Unduh aplikasi Bilah Samping Cerdas Realme tersebut (5 MB, Mediafire)
  • Setelah terunduh, buka aplikasi tersebut di folder Internal – Downloads
  • Klik untuk memasang aplikasi Sidebar
  • Izinkan pengelola file untuk instal sumber tidak dikenal
  • Klik lagi pada file untuk instal (klik Oke)
  • Tunggu hingga instalasi selesai
realme c15 tidak ada smart sidebar

Aplikasi akan terpasang pada sistem, sehingga kamu bisa aktifkan bilah samping hp Realme. Langkahnya sama dengan membuka menu: Pengaturan – Alat Serba Guna – Bilah Samping Cerdas. Aktifkan menu yang sesuai untuk bisa menggunakan fitur yang dimiliki bilah cerdas.

Penutup

Jika memang ponsel Realme kamu tidak bisa memasang aplikasi Sidebar diatas. Dan di pengaturan tidak ada. Tetap bisa menggunakan bilah samping kok. Yaitu dengan instal dari Play Store. Gunakan kata kunci “Sidebar” pada pencarian lalu carilah aplikasi yang paling cocok untuk menampilkan bilah samping.

Untuk mengatur bilah samping Realme diatas, cukup buka bilah tersebut dengan mengusap garis putih transparan. Klik Edit untuk menambahkan pintasan sistem (Alat Cepat) yang berisi Screenshot, Jam, Kunci Layar, Kalender. Tambahkan aplikasi kesukaan kamu dengan klik + untuk menambah serta klik – untuk mengeluarkannya. Aktifkan bilah samping hp Realme mudah bukan? Semoga bermanfaat.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.