Tips Fungsi Menu Potongan Layar Dev Options

  • Droidinside
  • Mei 21, 2022

Pernahkah kamu mengubah menu potongan layar di opsi pengembang? Opsi ini berhubungan dengan tampilan layar. Apakah aman untuk diaktifkan ataukah berbahaya jika kamu mengubah setelan ini? Droidinside akan membahasnya untuk kamu.

Dilansir dari situs resmi developer android, potongan layar merupakan area yang diperluas agar mendapatkan pengalaman tepi ponsel yang lebih baik. Opsi ini akan memberikan ruang yang lebih luas untuk sensor-sensor ponsel android khususnya yang dekat dengan layar.

Secara umum kamu akan menemukan opsi dengan nama bahasa Inggris Support Display Cutout pada ponsel dengan sistem Android 9 (Pie). Meskipun beberapa tipe ponsel dengan versi Android 8 atau dibawah sudah ada yang menyematkan fitur ini. Bergantung pada tipe merek ponsel yang memberikannya.

Fungsi Potongan Layar tidak asing dengan sistem operasi Android tertentu. Benar sekali, kita sudah mulai mengenal ponsel Android yang memiliki berbagai jenis poni di layar mereka. Layar akan dipotong sedemikian rupa mengikuti alur poni. Tempat letak kamera, speaker untuk menelpon dengan telinga, dan juga sensor cahaya serta proximity.

Layar yang terpotong poni dan kini model kamera punch hole membuat tampilan sistem ponsel menyesuaikan potongan tersebut. Melalui menu Potongan Layar inilah, kamu bisa menyesuaikan tampilan agar tetap keren namun tetap pas dengan bidang layar yang berbeda bentuknya,

Apa Yang Terjadi Jika Menu Potongan Layar Di Opsi Pengembang Diaktifkan?

Terdapat setidaknya 4 menu saat kamu membuka opsi Potongan Layar. Opsi ini sebenarnya adalah menyesuaikan dengan bentuk layar yang dimiliki tiap ponsel Android. Seperti model poni lebar, poni water drop (tetesan air tempat kamera), punch hole (lubang kamera saja), dan dual display. Berikut ini beberapa opsi Potongan Layar tersebut

  • Default = Sesuai kondisi layar android sekarang
  • Potongan Sudut = Kamera poni water drop/yang masih lebar menjadi tidak kelihatan. Seluruh ikon notifikasi diregangkan ke dalam
  • Potongan Ganda = Untuk layar dengan dual lcd (tampilan ikon akan dibagi menjadi dua atas bawah. Dibalik poni atau punch hole akan menutupi indikator. Posisi bawah layar akan menjadi lebih tinggi
  • Potongan Tinggi = Seperti layar biasa, namun indikator akan tertutup punch hole/poni. Seluruh ikon notifikasi dihamparkan seperti layaknya tidak ada poni
  • Potongan Lubang Kertas = Sama seperti potongan Tinggi
  • Potongan Waterfall = Sama seperti potongan Ganda
cara menghilangkan notch hp android

Potongan layar akan disesuaikan dengan pilihan, bagian yang tidak masuk akan menjadi hitam. Seperti kasus Potongan Sudut, layar akan menjadi kebawah, icon baterai, sinyal jam akan kebawah. Garisnya mengikuti poni kamera. Sehingga bagian kanan dan kiri poni akan hitam. Setiap opsi diatas hanya bisa diterapkan pada bentuk poni layar/punch hole yang sesuai saja. Kalau jenis tampilan layarnya udah pas, Potongan Layar tidak akan membuat ikon indikator seperti baterai tertutupi. Saat proses mengubah Potongan Layar, ponsel kamu akan sedikit Lag (tergantung spesifikasi ponselnya sih).

Jadi ketika menu Potongan Layar pada Developer Option kamu pilih salah satu, maka akan terjadi perubahan pada posisi ketinggian layar. Opsi ini biasanya pada pengaturan biasa adalah untuk menyembunyikan poni. Hanya saja menggunakan opsi ini lebih banyak pilihannya jika tidak tersedia di menu pengaturan biasa.

Manfaat Memilih Menu Potongan Layar

Setelah kamu mengetahui berbagai pilihan dalam mengaktifkan potongan layar lewat Opsi Pengembang. Mengetahui manfaat dari menu ini akan menjadi penting. Salah satu yang bisa diandalkan dari fitur ini adalah kamu bisa menghilangkan notch di ponsel Android. Kamera berupa Punch Hole, Waterdrop, atau bentuk poni yang lebar ini akan dihilangkan begitu saja jika diaktifkan sesuai yang dipilih.

Untuk bermain game, agar layar terlihat lebih luas dan tidak terhalang oleh kamera maka biasanya mereka mengaktifkan salah satu pilihan pada menu potongan layar. Mereka akan memilih supaya layar menjadi tidak terpotong oleh poni. Gambar penuh saat bermain game akan memberikan pengalaman yang baik.

mengubah display cutout android

Selanjutnya, manfaat lain bisa dirasakan ketika melihat sebuah foto baik di galeri maupun membuka gambar di media sosial. Layar yang terpotong oleh poni cenderung tidak full saat membuka foto maupun memainkan video. Seperti yang dikemukakan oleh Developers Android, gambar yang terpotong akibat adanya poni bisa dihilangkan. Sehingga gambar terlihat lebih Full.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.