Atasi Masalah Garis Hijau Samsung S Series

  • Droidinside
  • Jan 22, 2022

Beberapa pengguna mengeluhkan ada garis hijau Samsung S, yaitu versi high end yang terkenal dengan layar Super Amolednya. Entah apa yang merasuki ponsel yang tergolong tidak murah ini. Masalah yang terjadi adalah ada garis berwarna hijau di bagian tengah layar yang membentang dari atas sampai bawah. Gak hanya itu sih, ada juga yang mengalami warna garisnya pink. Beberapa pengguna menyangka ini merupakan cacat produksi dan sebagian menyalahkan perangkat lunak. Lalu kira-kira apa penyebab dan cara mengatasi masalah garis hijau Samsung S Series tersebut? Droidinside bakalan ngasih pencerahan berdasarkan pengalaman penggunanya.

Masalah Garis Hijau Samsung S Series

Di forum pengguna Samsung, masalah ini sudah terjadi sejak pertengahan tahun 2021. Dimana layar ponsel Samsung mereka memiliki garis seperti pedang Lightsaber yang ada di film terkenal Star Wars. Beberapa pengguna non-Samsung yang mengejek Gacha dari ponsel dari Korea ini menyebutnya seperti itu. Berikut ini rincian masalah dari layar yang tiba-tiba ada garisnya tersebut.

garis hijau di layar hp samsung

Penyebab Muncul Garis Hijau Dan Pink (Serta Warna Lainnya)

Masalah ini muncul pada ponsel Samsung seri Galaxy S. Dimana jenis ponsel ini merupakan termasuk kasta tinggi dari ponsel Samsung dari generasi ke generasi. Samsung Galaxy S20 5G, S9, S7 Edge, S7 Biasa, S10 Plus, S20 Plus dan sejenisnya. Penyakit ini menyerang bahkan pada seri ponsel Samsung yang lagi baru sekarang ini. Berikut ini beberapa penyebabnya:

1. Melakukan Update Ke Software Terbaru

Salah satu kasus yang agak mengecewakan adalah muncul garis hijau Samsung S Series yaitu Galaxy S20 5G setelah update. Beberapa pengguna mengalami hal ini yang sebelumnya layar normal kemudian berubah ada garis hijau maupun pink nya. Mereka yang mengupdate versi software ke Android 12 beberapa mengalami masalah pada layar LCD.

2. Kesalahan Pengguna

Dari beberapa pengalaman yang terlihat, mereka menggunakan ponsel High End ini untuk bermain game. Padahal seharusnya ponsel tidak bermasalah memainkan game bahkan yang berat sekalipun. Meskipun begitu, pabrikan Samsung tetap memberikan batas performa ponsel agar tidak terjadi kerusakan. Apalagi kalau game yang dimainkan benar-benar menguras baterai dan penggunaan layar.

Ya meskipun jenis layar ponsel tersebut sangat nyaman untuk bermain game, adakalanya tidak boleh terlalu sering. Karena merawat layar Super Amoled tidaklah mudah. Mereka harus berhati-hati kalau ingin awet. Perlakuan khusus pada jenis layar ini yang tidak diindahkan para pengguna membuat masalah layar menunjukkan garis hijau Samsung S dan seri lainna. Artinya kesalahan pengguna yang menjadi kambing hitam.

Penyakit Layar Amoled

Banyak pengguna yang mengatakan masalah layar bergaris adalah penyakit. Artinya mau disembuhkan dengan mengganti LCD, akan kembali seperti itu. Yang paling meresahkan ketika sudah terkena ini, harga second ponsel tersebut akan drop. Padahal penggunaan layar LCD dan Touch normal, tidak ada yang error hanya pada tampilan warna bergaris saja.

Beberapa dari kita mungkin sering mendengar ponsel Samsung tipe Galaxy S7 Edge yang terkena penyakit garis hijau Samsung S Series. Kalau penyakit, meskipun gak berpengaruh ke performa ya tetap saja pengguna tidak nyaman menggunakannya.

Semakin Lama Semakin Melebar

Jika masalah garis hijau Samsung S Series ini kamu biarkan saja, sebagian mengalami garis tersebut jadi membesar. Entah pink, hijau, merah dan warna LCD dasar lainnya yang muncul pada layar ponsel Samsung ini bisa semakin besar dan ada yang semakin bertambah banyak. Lalu bagaimanakah solusinya?

Solusi Masalah Layar Bergaris Hijau Atau Pink

Meskipun sudah ada yang bilang bahwa ini penyakit, ya tetap saja kita harus menyembuhkannya. Beberapa pengguna Samsung Galaxy S20 dan S10 yang mengalami masalah tersebut setelah update. Kemudian menghubungi Call Center Samsung diberikan beberapa solusi yang intinya jangan sampai layar mati. Tapi solusi dari mereka pengguna yang telah mengalaminya beberapa diantaranya:

Baterai Jangan Sampai Dibawah Setengah Dan Hidupkan AOD

Salah satu bug atau kesalahan yang terjadi pada perangkat lunak setelah update sehingga memunculkan masalah garis hijau Samsung S Series adalah kedua hal ini. Ada yang menyarankan untuk mengisi daya ponsel hingga diatas 50% dan jangan sampai turun dibawah itu. Selanjutnya, menghidupkan Always On Display (AOD) dari pengaturan. AOD disetel selalu hidup, sehingga layar tidak diizinkan mati 100%.

Cara ini cukup bisa diandalkan jika memang hanya kesalahan software yang tidak terlalu fatal. Garis hijau yang menunjukkan tampilan warna hijau atau warna lain bisa hilang sendiri menggunakan cara tersebut. Tapi tidak semua bisa diselesaikan dengan cara ini.

Bawa Ke Service Center Samsung

Pengguna udah ada yang coba cara baterai dan AOD diatas, lalu restart ponsel dan bahkan factory reset hasilnya tidak memuaskan atau nihil. Maka jalan satu-satunya adalah membawa ponsel Samsung seri S ini ke service center untuk dicek. Bawalah ponsel Samsung kamu ini dengan menyertakan dusbook dan struk pembelian. Masalah garis hijau Samsung S Series dinilai karena hardware.

Pastikan ponsel Samsung kamu tidak ada lecet atau bekas jatuh atau benturan yang nyata terlihat pada layar maupun backdoor dan bagian pinggir. Karena beberapa pengguna mengeluhkan, klaim garansi agar penggantian LCD sebagai solusi masalah ini tidak mudah. Beberapa service center Samsung menolak untuk menerima garansi ponsel yang lecet pemakaian biasa sehari-hari. Mungkin kembali lagi ke kita sebagai pengguna dalam merawat ponsel.

Jika klaim garansi tidak dapat dilakukan, kamu bisa ganti LCD diluar garansi (dan jika memang masa garansi sudah habis). Untuk rakyat jelata penggantian LCD dan Touch layar Amoled Samsung tergolong cukup mahal. Kalau tidak, ganti ke tempat servis kepercayaan di kota kamu. Meski harga lebih murah, kualitasnya tidak akan sebagus original dari servis resmi.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.