Mengatasi Backdoor Renggang Samsung A52 Series

  • Droidinside
  • Jun 26, 2022

Kasus backdoor renggang Samsung A52 Series telah banyak dialami oleh penggunanya. Dari beberapa informasi yang beredar langsung dari usernya, mereka mengaku menggunakan ponsel seperti biasa saja. Akan tetapi tiba-tiba casing bagian samping itu terbuka sedikit. Kasus Body Renggang ini dialami oleh Samsung Galaxy A52s, Samsung Galaxy A52 biasa, dan bahkan juga menular ke Samsung Galaxy A72. Droidinside akan mengulas alasan atau penyebab dibalik masalah ini dan solusi atas permasalahan yang bikin gak enak ini.

Kasus Backdoor Renggang Samsung A52 Series

Nampak jelas, casing yang renggang ada pada bagian samping ponsel. Lebih tepatnya renggang diantara tombol volume dan tombol power. Sering kali kasus ini baru disadari oleh para penggunanya yang memakaikan case pada ponsel Samsung mereka. Apalagi mulai beredar kasus tersebut membuat penggunanya ikutan ngecek. Eh ternyata beneran bagian backdoor samping agak ngangkat bikin jengkel.

casing samsung a52 ngangkat

Penyebab yang menurut admin menjadi kambing hitam atas kasus backdoor atau penutup belakang Samsung A52 Series adalah suhu panas. Pengguna yang sering maen game dan memang mengaku kalau bikin hp jadi panas. Suhu panas ini melelehkan lem pada backdoor sehingga terbuka. Jadi wajar sekali apabila ponsel digunakan untuk performa tinggi maka dia akan panas dan memengaruhi lem perekat berakibat backdoor renggang Samsung A52 Series terjadi.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah baterai ponsel yang sudah mulai mengalami kerusakan. Kita tahu istilah baterai hamil atau melembung karena penggunaan yang tidak sesuai. Paling sering yaitu menggunakan ponsel sambil dicas. Apalagi bermain game berat sambil dicas, akan membuat baterai menggelembung. Tentunya tingkat backdoor renggang Samsung A52 Series tersebut semakin besar seiring waktu. Sejalan dengan besarnya baterai yang mengalami kerusakan. Lalu kira-kira apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini?

Cara Mengatasi Backdoor Renggang Samsung A52 Series

Beberapa solusi dibawah ini bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan yang telah terjadi. Sebenarnya untuk masalah yang diakibatkan oleh kesalahan pengguna bisa dicegah, berikut solusi dan pencegahannya:

Garansikan Ponsel Samsung Yang Renggang Backdoornya

Pada beberapa user yang telah datang ke Service Center. Mereka membutuhkan waktu setidaknya 1 jam untuk mengembalikan casing bagian samping yang renggang. Dicek tidak ada kesalahan pengguna dan murni renggang karena keteledoran produksi dari pabrik. Pelayanan gratis didapatkan saat ponsel ini masih dalam kategori garansi (12 bulan).

Persiapkan nota pembelian dan dusbook hp kamu. Datang saja dan sampaikan keluhan. Secara itu masalah kan kelihatan, jadi mereka akan melihat dan memprosesnya. Jika tidak ada bekas benturan (dent) bisa jadi garansi akan diterima.

Ketika di pelayanan resmi, kamu juga akan diberitahu apabila terdapat kerusakan pada baterai (melembung). Kemungkinan besar akan ada pergantian baterai jika dibutuhkan. Backdoor yang renggang akibat baterai tersebut kemungkinan besar tidak akan masuk dalam garansi. Karena merupakan kesalahan pengguna yang memaksa ponsel ketika dipakai.

Perbaiki Ke Service Center Tanpa Garansi

Jika garansi sudah tidak bisa lagi karena lewat masa-nya. Perbaikan backdoor renggang Samsung A52 Series disarankan untuk dibawa ke Service Center (SC) juga. Soalnya, hp ini punya spesifikasi tahan air IP67. Penggunaan lem biasa atau yang murah tidak direkomendasikan karena dapat menggagalkan sertifikasi tahan air pada ponsel tersebut.

Karena di SC akan ada proses press (penekanan) dan penggunaan lem adhesive yang lebih kuat sehingga ponsel tahan air kembali. Yang sebelumnya backdoor akan dibuka terlebih dahulu untuk dipasang kembali. Biaya untuk melakukan hal ini kurang lebih 200-400 ribuan, mungkin bisa berbeda tergantung wilayah tempat servis berada.

Tempat Servis Biasa (Atau Lem Sendiri)

Hal ini tidak direkomendasikan dalam mengatasi masalah backdoor renggang Samsung A52 Series tersebut. Ya meskipun memang solusi lain apabila ponsel udah gak lagi ada garansinya. Biasanya tempat servis biasa akan menggunakan lem sejenis T7000 atau bahkan pake lem korea (ini lagi sama sekali gak boleh). Mungkin sobat hanya bisa menyarankan ke tukang servis biasa untuk menggunakan lem jenis adhesive meskipun tidak ada proses press disana.

Kamu juga bisa menggunakan lem jenis T7000 dirumah sendiri untuk diaplikasikan ke backdoor yang renggang dengan menekannya. Tapi kemungkinan hasilnya tidak akan bagus karena beda jenis lem dan tidak merata.

Penutup

Itulah beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi backdoor renggang Samsung A52 Series. Sebagian pengguna mengatakan ini adalah murni kesalahan dari pabrik, membuat mereka agak menyesal. Karena hp digunakan seperti biasa namun hal tersebut tetap terjadi.

Pencegahan yang bisa dilakukan yaitu jaga baik-baik ponsel Samsung kamu dari benturan. Menjaga baterai agar awet dan tidak melembung. Dan segera cek ponsel kamu untuk di garansikan jika terjadi.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.