Mengatasi Dan Mencegah Redmi 9T Mati Total

  • Droidinside
  • Mei 12, 2022

Kasus Xiaomi Redmi 9T mati total itu gak beda jauh dengan kejadian Poco M3. Sama-sama beban buat user karena entah mengapa hp gak bisa dicas, gak respon sama sekali. Kejadian mati total ini ada yang ngasih tanda-tanda. Ada yang sama sekali gak ngasih tanda apa-apa. Jadinya ngeri banget kan, hp Xiaomi dengan Dual Speaker ini gak bisa dipake sama sekali karena posisinya mati. Lalu adakah cara pencegahan dan mengatasi masalah ini? Droidinside akan berbagi pengalaman layaknya mereka yang mengalami masalah ini di Poco M3.

Penyebab Redmi 9T Mati Total

Seperti yang telah admin jelaskan sebelumnya, ponsel Xiaomi yang menurut admin masuk kategori Low – Mid End. Terus pertama kali pake penyimpanan UFS adalah Redmi 9T (sama juga kayak Poco M3). Berbeda dengan ponsel yang rilis di tahun sebelumnya yaitu Redmi 9 dan Redmi Note 9. Keduanya masih pake penyimpanan EMMC dimana sama sekali gak ada tuh masalah mati total.

tiba tiba redmi 9t mati tidak bisa hidup droidinside

Antarmuka MIUI atau software besutan Xiaomi tersebut punya sedikit problem dengan UFS. Karena sebelumnya di tahun sebelumnya juga Xiaomi belum make UFS. Menurut admin, karena baru pertama kali beralih dari EMMC. MIUI belum siap, sehingga terjadi kesalahan dalam penyimpanan membuat ponsel Redmi 9T mati total. Karena ada perbedaan sistem pada ponsel dengan penyimpanan UFS maupun EMMC.

Penyebab lain yang menyebabkan ponsel ini bisa mati total diantaranya:

  • Penyimpanan terlalu penuh, sistemnya aja udah galau ditambah penyimpanannya
  • Update pembaruan software, seharusnya habis update itu bisa fix masalah. Tapi malah membuat masalah baru yaitu bikin Redmi 9T mati total (gak ngotak deh Xiaomi)
  • Bermain game gak aturan, memaksimalkan performa Redmi 9T juga merupakan ide buruk alias memperparah kondisi ponsel bisa jadi mati total
  • Ganti animasi booting atau yang jadi satu dengan tema tertentu

Cara Mengatasi Redmi 9T Mati Total

Pencegahan

Setelah mengetahui penyebabnya, kamu sepertinya harus menjaga ponsel ini alias disayang-sayang. Gak boleh sampe penyimpanan diatas 80%, jangan update software dulu, terus pemakaian wajar jangan terlalu banyak bermain game. Hingga jangan pake tema yang aneh-aneh cukup tema bawaan saja. Itu aja sih sebenarnya pencegahannya. Tapi kalau memang kamu kurang beruntung, sudah mencegah seperti apa tapi tetap aja kejadian.

Ke Garansi Resmi

Maka diperlukan cara untuk mengatasi Redmi 9T mati total. Yaitu kalau udah mati, disarankan untuk dibawa ke MI Service Center atau servis resmi Xiaomi. Syaratnya hp masih garansi supaya penanganan dilakukan secara gratis. Garansi jangan lupa sekitar 15 bulan dari pembelian.

Udah banyak kok temen kamu yang Redmi 9T nya mati total pas masih garansi. Mereka banyak juga yang diganti unit baru. Karena Redmi 9T udah gak produksi, ada yang diganti ke Redmi 10 dan ada juga yang dapet Redmi Note 10 (10S juga). Sebenarnya pelayanan aftersales Xiaomi ini lagi jor-joran berjuang membangun brand yang baik. Maka jangan lewatkan kesempatan ini.

Tempat Servis Terpercaya

Kalau Redmi 9T kamu udah gak masuk garansi, cobalah diservis ke tempat favorit atau rekomendasi. Ngomong ke tukangnya, mati total gitu. Beberapa kasus ada yang butuh Write ulang UFS dengan Box Flash Chip UFS. Atau penanganan pembersihan UFS agar bisa digunakan kembali.

Poin pentingnya kalau di konter atau tempat servis biasa, maka akan dilakukan diagnosis terlebih dahulu. Berbeda dengan service center akan langsung melakukan penggantian satu paket mesin. Jangan lupa habis servis dimari, cek apakah kartu SIM terdeteksi atau tidak. Cek sekalian sinyal Wifi apakah lemah atau tidak. Tukang servis sebenarnya bisa sekalian mengatasi masalah pada Redmi 9T tersebut.

Penutup

Itulah beberapa informasi penyebab dan solusi mengatasi Redmi 9T mati total. Beberapa tanda-tanda yang membuat kamu harus waspada di hp ini perlu diperhatikan. Soalnya, sebelum hp bener-bener matot itu ada tandanya. Seperti sinyal tiba-tiba hilang, hp sering ngehang/lag, hp tiba-tiba restart, aplikasi crash/berhenti, dicas kadang masuk kadang enggak, sulit dihidupkan, dan loading restart lama.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.