Fitur Realme UI 2.0 Kreatif Sosial Dan Produktif

  • 3 min read
  • Jan 21, 2021
fitur realme ui 2.0

Pengguna ponsel yang masuk ke BBK Group ini pasti menantikan berbagai fitur Realme UI 2.0 yang dikabarkan sudah rilis secara beta. UI baru ini akan mengusung versi android 11 yang merupakan sistem terbaru. Jadi sudah bisa dipastikan, sebenarnya fitur android 11 yang salah satunya mengedepankan privasi akan disematkan pada ponsel-ponsel Realme.

[lwptoc]

Realme UI 2.0

Sebagai brand ponsel yang tumbuh dengan sangat cepat didunia sekarang ini. Realme selalu memberikan yang terbaik pada penggunanya, salah satunya lewat pembaruan perangkat lunak.

Diawali dengan Realme UI 1.0 yang membawa sistem android 10 awalnya memang diuji cobakan terlebih dahulu pada ponsel-ponsel Realme untuk kemudian dirilis secara resmi. Hal ini juga terjadi pada pembaruan UI 2.0 nya.

Perilisan beta untuk Realme UI 2.0 dengan basis android 11 telah diadopsi pada Realme X50. Kemudian perkembangan terus dilakukan sehingga versi stabil muncul. Pada sekitar akhir Agustus 2020, Realme melakukan buka-bukaan tentang kustomisasi desain untuk UI tersebut. Sampai pada bulan September, rilis resmi dikeluarkan namun untuk ponsel Realme terbatas/closed untuk device yang dipilih saja dari server.

Kostumisasi yang dikemukakan tersebut menjadi cikal bakal berbagai fitur Realme 2.0 yang akan ditanamkan kedepannya. Seiring waktu sampai artikel ini dirilis, beberapa ponsel seperti Realme X50 Pro, Realme 7 Pro, Narzo 20 tersebut sudah mendapatkannya.

Beberapa user di Indonesia biasanya mengunduh Firmware dari India (yang sekarang sudah ada Realme UI 2.0 nya) kemudian dipasang melalui update non OTA. Kamu hanya perlu bersabar sampai nanti ponsel Realme kamu mendapat update UI 2.0 melalui OTA yang resmi.

Fitur Realme UI 2.0

Sebagai sebuah brand yang menargetkan pasar pada anak muda, beberapa hal disuguhkan. Diperuntukkan untuk kawula yang menyukai Power, Gaya, dan yang terbaik dikelasnya dengan tagline Seamless Fun atau Keceriaan yang Mulus. Terdapat 3 jenis hal yang diutamakan yaitu Creativity (kreativitas), Sociability (sosiabilitas), dan Productivity (produktif) yang dikemas secara Fun.

realme ui berbasis android 11

Berikut ini beberapa fitur Realme UI 2.0  yang akan didapatkan pengguna. Seperti layaknya basis fitur android 11, sudah pasti disematkan pada ponsel Realme:

Keamanan & Privasi (Kloning Sistem)

Fitur yang berhubungan dengan keamanan dan privasi ini dapat memberikan kamu keleluasaan membuat System Clone atau sistem yang diduplikat. Keseluruhan sistem dapat dikloning untuk membuat sistem baru untuk tujuan pengguna lain atau Guest (tamu).

Sistem pada ponsel tersebut akan dapat disesuaikan dengan berbagai keadaan. Misal beberapa sistem dapat dibuka dengan sidik jari yang berbeda juga untuk masuk secara cepat dan mudah. Pengelola perizinan aplikasi akan dapat mengamankan privasi dengan fitur Perizinan hanya sekali.

Penambahan fitur privasi seperti Invisible Door, Private Safe, dan Security Shield. 3 fitur ini akan meningkatkan keamanan data kamu beserta kenyamanan untuk akses terkait privasi.

Launcher (Pengelompokkan) Dan Tampilan

Launcher yang diperbarui ini tidak lepas sebagai bagian dari fitur Realme UI 2.0. Kamu dapat mengelompokkan aplikasi sesuai dengan nama, waktu instal maupun frekuensi penggunaan. Hal ini dapat mempermudah dalam manajemen aplikasi menggunakan “Drawer Mode” atau app drawer yang ada.

Fitur lain dari tampilan adalah personalisasi dimana pengguna dapat mengubah ikon aplikasi pihak ketiga sesuai keinginan. Akan terdapat 3 jenis tampilan Mode Gelap yaitu Enhanced, Medium, dan Gentle sesuai dengan keinginan termasuk didalamnya wallpaper dan ikon yang cocok.

Efisiensi, Performa & Sistem

Fitur baru yaitu Super Night Time Standby yang berfungsi untuk penghematan daya super. Dimana diwaktu malam baterai tidak akan terkuras cukup banyak. Didukung dengan Smart Sidebar yang menampilkan aplikasi yang terlihat dapat dikostumisasi untuk kebutuhan efisiensi daya misalnya.

Tambahan Algoritma AI untuk optimisasi pengecasan di malam hari. Saat ponsel ditinggal tidur kamu tidak perlu khawatir. Karena fitur Realme UI 2.0 ini akan membantu mengontrol kecepatan pengisian daya baterai sehingga lebih awet (memperpanjang umur baterai)

Sistem yang baru akan memudahkan kamu kapan waktu Do Not Disturb aktif. Diikuti dengan animasi Cuaca yang sesuai akan menambah pengalaman dalam penggunaan ponsel.

Menurut beberapa literatur, sistem pada UI baru ini meningkatkan efisiensi penggunaan sampai 45% dibanding UI sebelumnya. Sebesar 23% peningkatan kecepatan sistem dan 17% peningkatan stabilitas Frame Rate.

Ringkasan Fitur Realme UI 2.0

Berikut admin berikan daftar fitur Realme UI 2.0  jika kamu males baca banyak-banyak diatas:

  • 5 Skema warna baru untuk tema ponsel
  • Gambar baru untuk Always On Display
  • 3 jenis Dark Mode
  • Kustomisasi font dan folder aplikasi
  • Dukungan Launcher Pihak Ketiga
  • Jendela Mengambang
  • Sleep Capsule
  • Digital Wellbeing
  • Notification Center baru

fitur baru realme ui 2.0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *