Cara Mengaktifkan Smart Panel Infinix Dengan Mudah

  • 2 min read
  • Agu 23, 2021
cara mengaktifkan smart panel infinix

Apakah kamu sudah tahu cara mengaktifkan Smart Panel Infinix ? Fitur yang satu ini mirip dengan Edge Screen atau Panel Samping milik Samsung. Hampir sama juga dengan Video Toolbox pada ponsel Xiaomi.

Fungsinya adalah untuk membuka menu tambahan yang usap dari layar bagian samping. Berisi berbagai shortcut aplikasi kemudian bisa dibuka secara langsung. Tanpa perlu kembali ke menu utama, cukup usap layar untuk membuka Smart Panel dimanapun ketika kamu membuka aplikasi. Jadi lebih praktis membuka aplikasi lain dalam waktu singkat. Lalu bagaimana cara mengaktifkan Smart Panel Infinix tersebut? Droidinside akan membahasnya pada artikel ini.

Cara Mengaktifkan Smart Panel Infinix

Fitur ini hadir pada ponsel Infinix keluaran tahun 2019 awal. Jadi untuk ponsel kamu yang keluaran tahun sekarang sudah pasti bisa menggunakannya. Generasi ponsel Infinix yang sebelum pakai kamera depan poni (masih model poni besar) sepertinya bisa juga menggunakan Smart Panel.

Untuk ponsel Infinix dengan sistem operasi Android 9 kebawah, cara mengaktifkan SMart Panel Infinix yaitu:

  • Buka Pengaturan ponsel Infinix, bisa diakses melalui menu utama. Atau pada akses cepat dengan usap layar dari atas ke bawah lalu ketuk tombol Gear
  • Pilih menu Smart Panel
  • Klik untuk mengaktifkan Smart Panel
  • Sekarang kamu bisa membuka panel sisi atau Smart Panel dengan mengusap bagian kanan atau kiri layar dimana saja

Sedangkan pada ponsel Infinix dengan sistem operasi Android 10 atau lebih baru ada sedikit perbedaan dalam mengaktifkan panel samping tersebut. Caranya:

  • Buka Pengaturan
  • Asisten Pintar
  • Smart Panel
  • Ketuk pada Smart Panel untuk mengaktifkannya
    aktifkan panel pintar hp infinix

Setelah panel tersebut diaktifkan, kamu bisa menggunakannya sebagai shortcut untuk membuka aplikasi lain. Umumnya, akan ada 2 bagian panel, bagian atas menunjukkan fungsi-fungsi (tangkapan layar, screen recorder, pindai kode QR) dan bagian bawah pintasan aplikasi-aplikasi.

Mengatur Smart Panel Infinix Sesuai Keinginan

Setelah tahu cara Mengaktifkan Smart Panel Infinix, selanjutnya untuk memodifikasi pintasan yang ada disana. Sehingga sesuai kebutuhan kamu. Untuk ponsel Infinix Android 10, kamu bisa langsung mengeditnya melalui menu yang sama untuk mengaktifkannya. Dibawah Smart Panel, pilih Pengaturan Panel, selanjutnya:

  • Alat dibagian sebelah kiri, klik tombol – untuk menyembunyikan fungsi Alat/Tools yang ada. Klik tombol + untuk memunculkannya pada Smart Panel
  • Dibagian tab sebelah kanan ada Jalur Lebah. Ini untuk daftar aplikasi yang dimunculkan pada Smart Panel. + untuk menambahkan, – untuk menyembunyikan

Untuk model ponsel Infinix yang lebih lama, dari tutorial tersebut memang tidak memunculkan tombol untuk mengatur tata letak Smart Panel. Maka untuk mengaturnya:

  • Setelah diaktifkan langsung buka Smart Panel dengan usap layar sebelah tepi kanan atau kiri
  • Klik Tambah (Add)
  • Ketuk ikon + untuk menambahkan jalan pintas alat atau aplikasi, sedangkan – untuk menyembunyikan

Pada model tersebut, dibawah pengaturan Smart Panel terdapat tombol untuk menentukan tata letaknya. Bisa digeser layaknya berbentuk garis putih transparan. Berbeda dengan model baru, berbeda atau tidak bisa menentukan posisi Smart Panel. Intinya hanya mengusap layar dari semua tepi kanan atau kiri saja untuk membuka nya.

Akan tetapi yang mode baru punya setelan Tombol Getar, untuk membuatnya bergetar ketika dibuka. Panel Geser Volume Virtual memunculkan setelan volume di samping Smart Panel.

Penutup

Itulah cara mengaktifkan Smart Panel Infinix dan berbagai cara dalam menata letaknya. Meskipun sedikit berbeda pengaturan untuk memunculkannya pada model ponsel Infinix baru atau agak lama, namun sama-sama bisa berguna dan tidak ada begitu banyak perbedaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *