Berapa DPI Hp Yang Aman ?

  • 3 min read
  • Sep 28, 2021
dpi hp yang aman

Kamu pasti bertanya-tanya berapa DPI hp yang aman untuk digunakan. Maksud dari DPI adalah Dots Per Inchi, sebuah satuan hitungan yang ada pada setelan Opsi Pengembang ponsel Android. Pengaturan ini dapat mengubah tampilan ponsel Android kamu. Sebagian pemain game mengubah DPI atau Lebar Terkecil di Developer Options ponsel Android mereka agar lebih enak.

Ngomong-ngomong soal angka DPI, admin pernah membahas hal ini pada postingan tentang mengubah resolusi layar android. Tapi yang jadi masalah ketika kamu ngawur mengganti Smallest Width (Lebar Terkecil/DPI) tersebut, maka resikonya adalah ponsel Bootloop. Ya meskipun hal tersebut memang dirasakan pada ponsel admin sendiri heheh. Untuk itu kamu perlu tahu syarat atau berapa DPI yang aman untuk ponsel Android kan? Simak ulasannya dari Droidinside dibawah ini.

Syarat/Berapa DPI Hp Yang Aman ?

Hp Android punya beragam merk hingga tipe yang kalau disebutkan bisa ratusan hingga ribuan jenisnya. Setiap merek ini punya spesifikasi masing-masing juga. Jenis layar termasuk kerapatan layar sangat berpengaruh pada Lebar Terkecil/DPI yang dimiliki setiap hp. Jadi meskipun mereknya sama, setelan DPI di opsi pengembang bisa berbeda juga standarnya.

Developer atau pengembang tiap ponsel sudah memiliki standar sendiri-sendiri. Seringkali user ingin mengubahnya menjadi lebih kecil atau lebih besar sesuka hati. Biasanya untuk tujuan tampilan layar yang cocok untuk suasana bermain game. Jika tidak berhati-hati bisa membuat ponsel mengalami kesalahan dan harus di Wipe Data. Karena DPI hp yang aman mungkin informasinya masih ngambang di Google sekalipun.

ukuran dpi android yang bagus untuk game

Lalu berapa DPI hp yang aman sehingga tidak menimbulkan masalah? Berikut ini beberapa syarat yang bisa kamu penuhi.

DPI Tidak Lebih Dari +100 Dari Bawaan

Ini sangat penting sebagai acuan, artinya kamu harus tahu seberapa besar Lebar Terkecil ponsel kamu ketika masih standar. Biar gak Bootloop, maksimal tambahkan 100 dari bawaan. Ini sudah memperkecil ukuran layar sehingga nyaman untuk bermain Game (Free Fire misalnya).

Seperti contoh DPI ponsel Redmi Note 9 dibawah ini. Dia punya standar 392 Lebar Terkecilnya jadi diubah menjadi 492. Tetap aman, karena posisinya MIUI 12. Dulu waktu masih di MIUI 11, diganti ke 600 langsung Bootloop dan bisa diobati dengan Wipe Data.

Adapun banyak pengguna yang mungkin melebihi jumlah DPI yang dipersyaratkan oleh admin. Ada yang sampai 700 bahkan 800 untuk mendapatkan tampilan yang menurut mereka cocok. Semakin besar angka ini, maka tampilan akan semakin kecil. Ketika membuka Pengaturan misalnya, awalnya sebelum diubah DPI nya kamu akan butuh usap beberapa kali. Ketika DPI dibesarkan, semua menu Pengaturan akan terlihat tanpa lagi Scrolling ke bawah.

DPI Tidak Lebih Dari -50 Dari Bawaan

Berbeda lagi untuk kamu yang ingin memperbesar tampilan dengan mengurangi besaran Lebar Terkecil/DPI. Berapa DPI hp yang aman untuk memperbesar ukuran? Jawabannya adalah tidak lebih dari DPI standar dikurangi 50 angka.

Jika terlalu banyak berkurang dari bawaan, ditakutkan ikon tidak bisa muncul atau hilang karena terlalu besar memenuhi layar. Kasus di Redmi Note 9, ketika DPI diubah jadi 342 (standar 392) terdapat notifikasi Dipulihkan dari sumber lain, beberapa letak ikon mungkin tidak sesuai. Ini menunjukkan bahwa merubah DPI sebenarnya juga tidak direkomendasikan.

Tidak Membuka Aplikasi Lain Ketika Setting DPI

Setelah kamu mengubah Smallest Width, dalam beberapa detik ponsel akan berubah tampilannya jadi mengecil atau membesar. Saat itu, sistem sedang menyesuaikan besarnya ikon, tulisan, dan tata letak layar. Prosesnya bisa terganggu kalau kamu membuka aplikasi lain secara bersamaan. Meskipun DPI hp yang aman kamu terapkan, bisa jadi ada kesalahan.

Beberapa kasus, setelah mengganti DPI dibarengi buka aplikasi lain. Ada kotak-kotak hijau berkedip nutupin tulisan pada menu atau aplikasi. Ini artinya proses penggantian tampilan tidak direkomendasikan sambil multitasking.

Penutup

Jadi udah tahu kan, berapa DPI hp yang aman? Sesuai dengan informasi dari admin diatas. Sebenarnya kalau kamu berani, bisa kok coba-coba sendiri berapa DPI untuk hp android yang kamu miliki. Resikonya bisa Bootloop dan mungkin lebih parah. Pada Samsung M30 yang pernah admin temui, mengganti DPI lebih tinggi dari standar bisa membuat Touchscreen tidak responsif/Error.

Penting juga untuk mengetahui standar DPI ponsel kamu. Soalnya meskipun Developer Options udah dimatiin, tampilan gak akan berubah ke standar. Kamu harus reset ke pengaturan pabrik biar DPI bisa balik ke bawaan/standar. Untuk game, disarankan kamu utak atik sendiri ukurannya sampai menemukan setelan yang tepat untuk layar ponsel dan jari sendiri.

2 thoughts on “Berapa DPI Hp Yang Aman ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *