Berapa DPI Hp Yang Aman ? -50 standar atau +100

  • Droidinside
  • Jan 10, 2024
Berapa DPI Hp Yang Aman

Kamu pasti bertanya-tanya berapa DPI hp yang aman untuk digunakan. Maksud dari DPI adalah Dots Per Inchi, sebuah satuan hitungan yang ada pada setelan Opsi Pengembang ponsel Android. Pengaturan ini dapat mengubah tampilan ponsel Android kamu. Sebagian pemain game mengubah DPI atau Lebar Terkecil di Developer Options ponsel Android mereka agar lebih enak.

Ngomong-ngomong soal angka DPI, admin pernah membahas hal ini pada postingan tentang mengubah resolusi layar android. Tapi yang jadi masalah ketika kamu ngawur mengganti Smallest Width (Lebar Terkecil/DPI) tersebut, maka resikonya adalah ponsel Bootloop. Ya meskipun hal tersebut memang dirasakan pada ponsel admin sendiri heheh. Untuk itu kamu perlu tahu syarat atau berapa DPI yang aman untuk ponsel Android kan? Simak ulasannya dari Droidinside dibawah ini.

Cara Merubah Resolusi Layar Android

Cara merubah resolusi atau DPi harus mengaktifkan opsi develover option dahulu supaya ditur merubah Dpi atau resolusi dapat muncul. Sudah sering droidinside bahas tapi jika ingin baca singkatnya dibawah ini.

Cara Masuk Developer Option

Mengaktifkan Developer Option Xiaomi

  1. Setting
  2. My device
  3. All specs
  4. Tekan 7x atau tekan berkali-kali
  5. Sampai muncul notifikasiย developerย atauย No need, you are already a developer
  6. Maka kamu sudah membuka opsi developer option

Cara Merubah DPi di Android Xiaomi

DPI Hp Yang Aman tidak bisa ditentukan, karena tergantung banyak faktor mulai dari model, jenis dan spesifikasi. kamu harus menyesuaikannya sendiri di ponsel android kamu.

menaikkan dpi android droidinside

  1. Setting
  2. Additional settings
  3. Developer options
  4. Cari Lebar terkecil
  5. Disana kamu dapat merubah Dpi

dpi hp yang aman droidinside

Syarat/Berapa DPI Hp Yang Aman ?

Hp Android punya beragam merk hingga tipe yang kalau disebutkan bisa ratusan hingga ribuan jenisnya. Setiap merek ini punya spesifikasi masing-masing juga. Jenis layar termasuk kerapatan layar sangat berpengaruh pada Lebar Terkecil/DPI yang dimiliki setiap hp. Jadi meskipun mereknya sama, setelan DPI di opsi pengembang bisa berbeda juga standarnya.

Developer atau pengembang tiap ponsel sudah memiliki standar sendiri-sendiri. Seringkali user ingin mengubahnya menjadi lebih kecil atau lebih besar sesuka hati. Biasanya untuk tujuan tampilan layar yang cocok untuk suasana bermain game. Jika tidak berhati-hati bisa membuat ponsel mengalami kesalahan dan harus di Wipe Data. Karena DPI hp yang aman mungkin informasinya masih ngambang di Google sekalipun.

ukuran dpi android yang bagus untuk game

Lalu DPI Hp Yang Aman sehingga tidak menimbulkan masalah? Berikut ini beberapa syarat yang bisa kamu penuhi.

DPI Tidak Lebih Dari +100 Dari Bawaan

Ini sangat penting sebagai acuan, artinya kamu harus tahu seberapa besar Lebar Terkecil ponsel kamu ketika masih standar. Biar gak Bootloop, maksimal tambahkan 100 dari bawaan. Ini sudah memperkecil ukuran layar sehingga nyaman untuk bermain Game (Free Fire misalnya).

Seperti contoh DPI ponsel Redmi Note 9 dibawah ini. Dia punya standar 392 Lebar Terkecilnya jadi diubah menjadi 492. Tetap aman, karena posisinya MIUI 12. Dulu waktu masih di MIUI 11, diganti ke 600 langsung Bootloop dan bisa diobati dengan Wipe Data.

Adapun banyak pengguna yang mungkin melebihi jumlah DPI yang dipersyaratkan oleh admin. Ada yang sampai 700 bahkan 800 untuk mendapatkan tampilan yang menurut mereka cocok. Semakin besar angka ini, maka tampilan akan semakin kecil. Ketika membuka Pengaturan misalnya, awalnya sebelum diubah DPI nya kamu akan butuh usap beberapa kali. Ketika DPI dibesarkan, semua menu Pengaturan akan terlihat tanpa lagi Scrolling ke bawah.

DPI Tidak Lebih Dari -50 Dari Bawaan

Berbeda lagi untuk kamu yang ingin memperbesar tampilan dengan mengurangi besaran Lebar Terkecil/DPI. Berapa DPI hp yang aman untuk memperbesar ukuran? Jawabannya adalah tidak lebih dari DPI standar dikurangi 50 angka.

Jika terlalu banyak berkurang dari bawaan, ditakutkan ikon tidak bisa muncul atau hilang karena terlalu besar memenuhi layar. Kasus di Redmi Note 9, ketika DPI diubah jadi 342 (standar 392) terdapat notifikasi Dipulihkan dari sumber lain, beberapa letak ikon mungkin tidak sesuai. Ini menunjukkan bahwa merubah DPI sebenarnya juga tidak direkomendasikan.

Tidak Membuka Aplikasi Lain Ketika Setting DPI

Setelah kamu mengubah Smallest Width, dalam beberapa detik ponsel akan berubah tampilannya jadi mengecil atau membesar. Saat itu, sistem sedang menyesuaikan besarnya ikon, tulisan, dan tata letak layar. Prosesnya bisa terganggu kalau kamu membuka aplikasi lain secara bersamaan. Meskipun DPI hp yang aman kamu terapkan, bisa jadi ada kesalahan.

Beberapa kasus, setelah mengganti DPI dibarengi buka aplikasi lain. Ada kotak-kotak hijau berkedip nutupin tulisan pada menu atau aplikasi. Ini artinya proses penggantian tampilan tidak direkomendasikan sambil multitasking.

Request Setting dpi Sesuai komentar

Berikut beberapa artikel Setting dpi sesuai request komentar dibawah SPESIAL mimin buatkan untuk kalian yang komentar di bawah. Artikel akan mimi update secara berkala, menyesuaikan bahan materi dan butuh riset untuk melakukakannya. Sementara saya buatkan settingannya di bawah ini :

Penutup

Jadi udah tahu kan, berapa DPI hp yang aman? Sesuai dengan informasi dari admin diatas. Sebenarnya kalau kamu berani, bisa kok coba-coba sendiri berapa DPI untuk hp android yang kamu miliki. Resikonya bisa Bootloop dan mungkin lebih parah. Pada Samsung M30 yang pernah admin temui, mengganti DPI lebih tinggi dari standar bisa membuat Touchscreen tidak responsif/Error.

Penting juga untuk mengetahui standar DPI ponsel kamu. Soalnya meskipun Developer Options udah dimatiin, tampilan gak akan berubah ke standar. Kamu harus reset ke pengaturan pabrik biar DPI bisa balik ke bawaan/standar. Untuk game, disarankan kamu utak atik sendiri ukurannya sampai menemukan setelan yang tepat untuk layar ponsel dan jari sendiri.

Post Terkait :

121 thoughts on “Berapa DPI Hp Yang Aman ? -50 standar atau +100

    1. Betul kak. Admin ngasih standar pendekatan DPI yang aman untuk semua hp android jaman now. Kasus di Admin, RN9 MIUI 11. Dpi bawaan 392 diubah jadi 600, ponsel jadi Bootloop.

  1. Mau nanya dong min, vivo y53s ando 11, dpi bawaan 392 di ubah jadi 500 aman gak yaa?
    Mau ubah takut bootloop?

    1. Redmi 8,dpi 555 aman ngga kak? Saya si sudah coba 518 aman mau set ke 555 takutnya bootloop soalnya udah pernah dulu ngawur tak set 800 langsung bootloop sebelum tau apa arti dpi hhe

  2. Kak kalo DPI awal 360an jadi DPI 900 aman gk kak, tapi itu hanya untuk 1 aplikasi. Jika ke aplikasi lain, dpi saya ubah jadi dpi awal

    1. Tidak disarankan, kalau terjadi kesalahan hp bisa bootloop kak. Ubah lebar terkecil ini langsung berlaku untuk keseluruhan sistem. Meskipun hanya untuk 1 aplikasi, tapi ketika opsi ini diubah saat itu juga sistem akan berubah semua. Kalau berhasil tampilan akan berubah, kalau gagal ponsel langsung blank hitam lalu restart hingga bootloop.

    1. Mengubah setelan Opsi Pengembang sebenarnya kurang direkomendasikan kak. Tapi kalau ingin mengetahuinya, harus dicoba sendiri. Sampai angka dimana hp jadi bootloop. Itu berarti batas tertinggi lebar terkecil yang bisa diterapkan pada sebuah hp android.

    1. Resolusi Redmi 9c = 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~269 ppi density). Menurut mindro jika kaka up sampai ke 640 bakal ada gangguan kak, dan juga akan mengurangi umur dari ponsel tersebut, di 460dpi saja kemungkinan masih mengalami bug juga.

    1. g aman kak. Saran saya naikinnya dikit2 kak, lalu buat perbandingan. contoh mulai dari 300 buat test dahulu, main game dll aman nggak, lalu naikin dikit ke 320, test lagi. sampai ketemu yang nyaman kak ๐Ÿ˜€

      1. tinggal ikuti panduan diatas kak, untuk percobaan. atau ikuti panduan dibawah ini:

        • Setting Default 392dp
        • Setting Ideal 492dp
        • Setting Up yang direkomendasikan 621dp
          632dp aman tidak blank
  3. Kak kalau poco x3 pro di miui 13.0.4
    Dpi bawaan 392 kalau di naikin nilai aman nya di DPI brp ya kak?

    1. Miui 12 pernah di 591 kak! tapi untuk range aman coba mulai di 490 – 570. Sesuaikan dengan poco kamu. Tapi resiko tanggung sendiri ya kak. Ati2 poco x3 rawan matot

      1. Jadi sebaik nya pake dpi default apa ada nilai dpi yang aman kak? Kalau ada yang di rekomendasikan itu berapa nilai dpi nya kak? Soalnya saya mau pakek 500 dpi itu kira”aman ga yah?

        1. banyak hal yang harus di perhatikan kak, yang jelas spesifikasi ponsel sangat berpengaruh dengan perubahan dpi yang kaka lakukan. mimin g bisa jawab dpi 500 itu aman atau tidak, karena kakak ridhi tidak menjelaskan hp apa yang kak gunakan ๐Ÿ˜€

          1. Mimin pernah jawab di komentar atas kak tapi masih di mui 12 “Miui 12 pernah di 591 kak! tapi untuk range aman coba mulai di 490 โ€“ 570. Sesuaikan dengan poco kamu. Tapi resiko tanggung sendiri ya kak. Ati2 poco x3 rawan matot” kalau miui 13 belum coba kak

          2. Kak kalau hp realme 6 pro dpi 500 bakal bootlob/Ter riset ga kak?

          3. sebelum merubah dpi, mimin sarankan untuk backup dahulu data2 penting kak, setelah itu naikin dpi sedikit2 seperti naikin per 100 dpi lalu uji coba dulu

  4. Min mau nanya klo hp redmi 9c dri dpi bawaan 360 di ubah jdi (460-480) aman gk min soalnya tkut bootloop?

  5. Poco f4 gua coba di 482 dpi, udah lama dan ga kenapa kenapa.. Mau nyoba agak kecil lagi ngeri bootloop doang wkwk

  6. Dpi buat redmi 9c ram 4… Cocoknya brapa…
    Krna bawahannya 360 di rubah bagusnya brapa admin

    1. Kak klo doi bawaan HP vivo y33s itu 392 kalo di ubah jadi dpi 600 aman ga?

  7. Saya udah coba yang tadinya 392 dpi ke 482 dpi aman aja, HP saya Poco f4, mau saya naekin dikit lagi cuma ngeri bootloop, sarannya kak kalo mau naik dikisaran berapa lagi ya kak?

  8. Min hp redmi note 11 di dpi 900 aman kah tadi aku cek di youtube pake dpi segini bisa tapi karena ragu aku tanya ke mimin aja

    1. banyak aspek yang perlu di perhatikan kak, seperti game yang di mainkan, android versi dan apa saja settingan lain yang kakak gunakan, untuk main FF aku hanya nyobain di 512 dpi kak. belum pernah nyoba di 900 dpi

    1. dpi standarnya kalau tidak salah 360 dpi kan kak. aq g saranin sih kak,tapi kalau mau nekat ada beberapa tips untuk ujicoba.
      – dari 360 dpi kakak naikkan sedikit2
      – setiap kenaikan kakak melakukan uji coba test seperti buat gaming dan multitasking atau ibaratnya buat stress hp
      – jika pas kenaikan itu dan uji stress lancar kakak naikkan lagi dpi -nya
      – ulangi terus menerus sampai sesuai dpi yg kakak inginkan

  9. Ka kalau pakai Samsung j7 core dpi aman berapa ya Mimin karena mau main game agar licin itu 490 500 600 700 450 440 550 900 800 berapa yah kalau 490:kayaknya aman

  10. miminnn, aku mau nanya dong samsung m12 buat main genshin kira kira bisa ga ya aku naikin ke dpi sekitar 500an(512)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.