Mengatasi Kotak Alat Video Hilang Di Xiaomi

  • 3 min read
  • Agu 20, 2021
mengatasi kotak alat video hilang

Salah satu fitur spesial ponsel Xiaomi adalah Kotak Alat Video. Bagaimana cara mengatasi Kotak Alat Video hilang di ponsel Xiaomi tersebut? Sebelum mengetahui langkah untuk mengatasinya, pernahkah kamu mengetahui Kotak Alat Video ? Masa nanya terus sih. Penjelasannya kapan heheh…

Kotak Alat Video merupakan salah satu fitur di ponsel Xiaomi. Ini yang membuat kamu bisa memaksimalkan penggunaan ponsel untuk Multitasking. Soalnya fitur ini akan memunculkan sebuah garis putih disamping ponsel ketika diaktifkan. Garis tersebut kalau diusap akan membuka daftar aplikasi. Selanjutnya aplikasi tersebut dibuka dalam bentuk jendela mengambang. Dua aplikasi dalam satu layar membuatnya keren dan juga bisa untuk pekerjaan multitasking.

Nggak cuma itu doang sih, Kotak Alat Video bisa membantu kamu mendengarkan video Youtube ketika layar dimatikan. Misalnya lagi dengerin lagu atau podcast dimana kamu cuma butuh suaranya saja. Fitur tersebut bisa membuat baterai yang lebih hemat (sedikit) dan layar yang lebih awet karena mati meski sedang dipakai.

Yang jadi masalah, fitur tersebut bisa menghilang. Apa saja yang menyebabkannya hilang dan bagaimana cara mengatasinya agar bisa digunakan kembali?

Penyebab Kotak Alat Video Hilang Di Hp Xiaomi

Berdasarkan pengalaman yang pernah admin dapatkan beberapa alasan mengapa fitur tersebut hilang diantaranya:

  1. Melakukan Uninstal Pembaruan aplikasi Keamanan (MI Security)
  2. Menurunkan versi aplikasi Keamanan
  3. Reset ke pengaturan pabrik (hampir sama dengan menghapus versi Keamanan)
  4. Melakukan Pembaruan Perangkat Lunak (Update versi MIUI)

Jadi jangan heran kalo tiba-tiba fitur itu ilang. Sebagian mungkin gak sengaja memperbarui ponsel Xiaomi mereka ke versi terbaru. Otomatis versi Keamanan ikut berubah. Padahal ya gak bermaksud untuk membuat aplikasi yang jadi fitur Kotak Alat Video ini berubah.

Cara Mengatasi Kotak Alat Video Hilang Di Hp Xiaomi

Untuk dapat mengakses fitur Kotak Alat Video, kamu bisa membukanya dari ponsel Xiaomi. Oh jangan lupa fitur ini hadir pada ponsel Xiaomi dengan menggendong versi Android 10. Jadi bakalan kamu temukan di ponsel Xiaomi seri 9 keatas dan juga satu generasi Poco. Langkah untuk mengaktifkannya:

  • Buka Setelan
  • Fitur Spesial
  • Kotak Alat Video
  • Klik untuk mengaktifkan Kotak Alat Video
  • Disana dapat mengatur aplikasi yang dapat mengaktifkan fungsi Video Tool Box untuk tujuan multitasking

Untuk mengatasi Kotak Alat Video Hilang di hp Xiaomi, kuncinya sebenarnya ada pada ingatan kamu. Tapi paling-paling kamu juga gak ingat sih hehehe. Versi aplikasi Keamanan adalah kunci ketika kamu mengatasi masalah Kotak Alat Video yang menghilang. Versi aplikasi Keamanan awal dimana masih terdapat fungsi Video Toolbox inilah yang harus diperhatikan. Soalnya yang sebelumnya ada menjadi tidak ada.

Artinya untuk mengatasi Kotak Alat Video hilang ini, kita kembalikan versi Keamanan awal. Namun versinya berapa ya? Sebagian orang mungkin tidak tahu. Namun ada alternatif dari Droidinside untuk memunculkan Video Toolbox kembali. Nggak cuma itu, Kotak Alat Video yang sebelumnya gak ada bisa dimunculkan. Seperti halnya Redmi 9A dan 9C yang tidak memiliki fitur ini, bisa dimunculkan dengan mengunduh aplikasi Keamanan yang mendukung Kotak Alat Video.

Dari pengalaman admin, versi aplikasi Keamanan untuk mengatasi Kotak Alat Video hilang di hp Xiaomi adalah versi 4 keatas. Pengalaman di versi 3,5 menjadi hilang (setelah diuninstal pembaruan). Sehingga kamu perlu update versi aplikasi Keamanan, langkahnya:

  • Buka aplikasi Chrome
  • Klik pada kolom pencarian diatas
  • Ketikkan Download Mi Security 4
  • Setelah pencarian muncul, unduh dari situs APKPure atau APK Mirror karena kedua situs tersebut cukup terpercaya
  • Berhasil mengunduh, instal aplikasi Mi Security dari File Manajer – Downloads
  • Klik jika muncul notifikasi Apakah anda ingin menginstal update ke aplikasi bawaan? Ketuk Instal
  • Tunggu proses instalasi selesai
    fix Video Toolbox disappear on Xiaomi

Selanjutnya, Kotak Alat Video yang menghilang sudah bisa dibuka. Namun kelemahannya menu masih tidak ada di Setelan. Untuk membukanya:

  • Buka Setelan
  • Klik Cari di Setelan di bagian atas
  • Ketikkan “Kotak Alat Video”
  • Klik menu Kotak Alat Video yang muncul pada pencarian
  • Ketuk Video Toolbox

Beberapa kelemahan mungkin bakalan kita dapatkan setelah update versi keamanan. Seperti aplikasi Keamanan dan Kotak Alat Video jadi berbahasa inggris. Lalu ada sebagian yang tidak bisa mengaktifkan penghemat baterai.

Dengan mengatasi Kotak Alat Video hilang di ponsel Xiaomi, kamu juga bakalan mendapatkan kelebihan yang lain. Misalnya untuk ponsel Redmi 9A maupun 9C bisa mendapatkan fungsi Game Turbo yang sebelumnya tidak ada. Jika kamu update ke versi yang paling baru Keamanan (Mi Security), bisa mendapatkan Game Turbo v4.0 dengan fitur pengubah suara Game/Voice Changer.

Tapi versi yang admin berikan diatas merupakan pertengahan yang biasa. Hanya untuk mengembalikan fungsi Video Toolbox yang hilang saja. Kamu bisa memilih versi Mi Security yang lainnya lebih tinggi atau lebih rendah untuk bereksperimen dalam tutorial mengatasi Kotak Alat VIdeo hilang diatas.

Penutup

Untuk mengatasi Kotak Alat Video hilang kembali terjadi, jangan uninstal pembaruan aplikasi Keamanan lagi ya. Karena fitur tersebut banyak berguna untuk Multitasking ponsel terkhusus Xiaomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *