Cara convert m3u8 ke mp4 di Android Offline

  • 3 min read
  • Mei 05, 2020
cara convert m3u8 ke mp4

Hasil download video ada juga yang memiliki format m3u8. Pernahkah kalian mendengarkan atau menghandel format m3u8? Lalu apakah file ini bisa di convert ke mp4? Bagaimana cara convert m3u8 ke mp4?

Sebelumnya admin telah membagikan cara mendownload video dari facebook dan twitter. Secara singkat, hasil download video akan masuk ke penyimpanan internal melalui aplikasi UC. Aplikasi UC (browser dan mini) dapat menyimpan video dari kedua sosial media tersebut.

cara download video facebook

Video yang didownload dari facebook memiliki format mp4, sebuah format yang tidak asing buat kita. Bisa langsung kita mainkan dari aplikasi pemutar video maupun dari galeri atau manajer file pada android kita.

Lain halnya video dari twitter (paling bawah gambar), saat kita mendownload dengan aplikasi UC akan keluar video dengan format m3u8 pada manajer file kita dan hanya bisa dibuka secara umum lewat aplikasi UC Video atau pemutar UC.

Apakah itu file m3u8? Dan apakah file ini nantinya bisa dimainkan tanpa melalui aplikasi UC saja? Simak penjelasan admin dibawah ini

File m3u8 Sebagai File Video

File m3u8 adalah salah satu file dari hasil download berbagai video dari aplikasi UC. Berasal dari induk file berekstensi m3u yang memiliki singkatan Moving Picture Experts Group Audio Layer 3 Uniform yang merupakan sebuah format daftar putar multimedia. Kegunaan utama dari format ini adalah sebuah format yang tercipta dari file daftar putar yang mengacu pada stream/ arus data di internet.

Video m3u8 merupakan format file video m3u yang menggunakan karakter enkode UTF-8. Biasanya file ini merupakan file umum untuk streaming video yang secara original dikembangkan oleh Apple untuk streaming video dan radio pada perangkat IOS.

Penjelasan mudahnya, saat melakukan streaming video menggunakan aplikasi UC, aplikasi ini membuat sebuah playlist/daftar putar yang didownload dari server. Playlist ini adalah link atau tautan yang berisi konten video yang dipisah-pisah dalam banyak bagian file.

Pada folder Penyimpanan Internal – UC Browser – Video, jika kalian lihat disana akan ada 1 file berekstensi m3u8 hasil download dari Twitter. Disana juga ada 1 folder yang memiliki nama sama dengan file video m3u8 yang tadi. Singkatnya file m3u8 pada UC merupakan 1 file yang merujuk pada file dalam folder yang memiliki nama sama seperti file tersebut.

Lalu setelah mengetahui seluk beluk file tersebut, bagaimana cara convert m3u8 ke mp4 agar bisa di mainkan di android?

Cara convert m3u8 ke mp4

Hasil download video berformat m3u8 tidak bisa diplay pada pemutar video bawaan android biasanya. Maka dari itu kalian perlu convert m3u8 ke mp4. Biar kalian bisa share juga ke temen atau status whatsapp, perlu diubah menjadi mp4 file tersebut.

Salah satu cara convert m3u8 ke mp4 adalah dengan menggunakan aplikasi terpercaya yaitu Media Converter. Kalian bisa download di Playstore pada link https://bit.ly/MediaKonverter. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang bisa melakukan konversi file m3u8 ke mp4 dan admin merekomendasikan aplikasi ini.

Pastikan kalian tidak otak atik file m3u8 beserta foldernya ya. Dan pastikan juga file sudah didownload dengan sempurna karena ukuran file download m3u8 tidak stabil. Kadang dia bisa mengecil atau membesar sesuai dengan ukuran asli video di server.

Langkah-langkah Convert m3u8 ke mp4 :

Pertama :  Instal aplikasi Media Converter lalu Izinkan untuk mengakses file seperti gambar dibawah ini :
media converter apk

Kedua : Buka folder UC Browser – Video.Setelah itu Klik file m3u8 (bukan foldernya) yang ingin diconvert ke mp4 (lihat gambar dibawah)
convert m3u8 ke mp4

Ketiga : Langkah berikutnya adalah Tekan Convert to mp4
m3u8 to mp4 android

Keempat :  adalah Tunggu proses selesai
m3u8 convertKelima : Folder default Media Converter adalah Penyimpanan Internal – Android – Data – com.AndroidA.MediaConverter atau bisa saja di Penyimpanan Internal – MediaConverter
convert m3u8 uc browser

Cukup mudah kan? Aplikasi Media Conventer tersebut merupakan satu-satunya yang admin temukan support untuk file m3u8 pada android. Nanti kalau admin sudah mendapat rekomendasi aplikasi sejenis akan admin posting pada kesempatan lain.

Saat ingin tahu cara convert m3u8 ke mp4 biasanya akan kalian temukan banyak aplikasi converter yang ada di google, dan instal ke PlayStores. Namun ternyata tidak banyak aplikasi yang benar-benar bisa convert m3u8 ke mp4. Bahkan aplikasi-aplikasi tersebut mendeteksi file m3u8 saja tidak bisa.

Kebanyakan aplikasi yang ditunjukkan google adalah m3u8 loader dimana kalian masih perlu menggunakan koneksi internet untuk mengkonversi file m3u8 ini. Seringkali aplikasi lain itu bermasalah, namun aplikasi media converter ini powerfull stabil dan keuntungannya adalah bekerja secara offline.

Kamu juga bisa lho memutar file M3U8 dan melakukan konversi file M3U8 menjadi file video di komputer. Hal ini bisa kamu lakukan bahkan secara offline juga.

18 thoughts on “Cara convert m3u8 ke mp4 di Android Offline

    1. Apakah Mx Player sudah sejak lama support file m3u8 ?

      dan apa kalau mengirim file m3u8 beserta foldernya ke ponsel lain masih tetap dapat dimainkan Mx Player? Sepertinya tidak karena rincian file m3u8 merujuk ke direktori folder.

      Jadi mengkonversi dibutuhkan untuk berbagi ke orang lain, atau menjadikan sebuah video sebagai status WA. Intinya lebih user and share friendly.

      Terima kasih telah berkunjung dan berkomen ria

  1. Terimakasih, blog nya sangat membantu saya yg langganan download pakai UC Browser, Excelent!!

    1. Sama sama kakak. Hal ini tergantung dari server penyimpanan file asal videonya. Seperti contoh Facebook servernya menggunakan format mp4 sedangkan twitter formatnya m3u8. Sehingga ketika diunduh filenya jadi seperti itu.

  2. gan, saya sudah convert dan brhasil. Tapi cuma bs dibuka / diplay saja, ndk ketemu file nya ada di mana, kenapa ya kira2 ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *