Tips Atasi Folder Android Data Kosong Di Android 11

  • 3 min read
  • Apr 12, 2021
folder android data kosong

Folder android data kosong merupakan salah satu dampak dari fitur Android 11 yang terbaru. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Tidak lain adalah untuk keamanan file sistem, bahkan user sendiri tidak diperbolehkan untuk mengaksesnya. Droidinside akan memberikan informasi mengapa folder Sistem yang biasanya untuk copy paste file Obb aplikasi tidak bisa diakses. Beserta beberapa tips agar kamu tetap bisa mengakses isi didalamnya.

Penyebab Folder Android Data Kosong Di Android 11

Keamanan dan privasi data merupakan tagline utama pembaruan Android 11. Satu yang kamu perlu tahu adalah Update Penyimpanan yang dikeluarkan dengan peningkatan Scoped Storage (Penyimpanan Tercakup/Scope pada Senjata Sniper untuk membidik).

Android 11 (API Level 30) mendapatkan peningkatan yang lebih jauh lagi dalam proteksi aplikasi dan data pengguna baik di penyimpanan internal maupun eksternal. Sebenarnya Scoped Storage sudah dimulai sejak Android 10 namun pada android versi baru ini merupakan perubahan besar yang telah dilakukan.

Demi keamanan data aplikasi dan pengguna, di Android 11 ini kamu tidak akan dapat melihat isi file dari folder Android – Data. Untuk kedua penyimpanan baik itu eksternal maupun internal. Folder masih bisa dibuka namun kosong, alias ijin akses dalam folder tidak diberikan oleh sistem.

folder data tidak ada isinya

Tidak hanya folder Data, folder Download juga kini mengalami perubahan regulasi sehingga untuk meminta akses ke direktori Download tidak dapat dilakukan. Maksudnya kamu tetap bisa mengambil file dari folder Unduhan, tetapi tidak bisa membuat atau mengcopy paste file ke folder tersebut.

Kendala Apabila Folder Android Data Kosong Tidak Dapat Diakses

Banyak sekali pemain game khususnya Offline menggunakan fitur manajer file untuk menyalin file Obb ke direktori aplikasi terinstal yaitu Android – Data. Apabila update ke Android 11, folder kosong dan tidak terlihat direktori penyimpanan aplikasi.

Folder ini juga berfungsi untuk mengetahui berbagai isi aplikasi. Developer menggunakannya dengan menyalin agar mendapat salinan sebelum memodifikasi sebuah aplikasi. Bagi pengguna biasa, mereka tidak akan terdampak dengan aturan penyimpanan file ini.

Lalu bagaimana untuk kamu biar bisa memecahkan masalah ini ?

Cara Akses Folder Android Data Kosong

Saat ponsel kamu sudah berada pada sistem Android 11, kamu tidak lagi bisa copy paste file di Folder Android – Data seperti versi android sebelumnya. Pada versi android yang lebih baru ini folder Android Data kosong, untuk mengaksesnya perlu sedikit trik;

1. Mengakses Lewat Komputer

Salah satu cara untuk mengakses Folder Android Data kosong yang paling mudah adalah mengaksesnya melalui komputer. Hubungkan ponsel android kamu melalui USB dan colokkan ke komputer. Terapkan pilihan untuk transfer file dari hp kamu. Lakukan penjelajahan file pada folder Android – Data untuk menyalin file dari luar maupun dari dalam folder ini.

Saran admin, gunakan komputer dengan Sistem Operasi Windows 10. Sistem paling baru dan canggih pada komputer ini dapat mengikuti perkembangan android juga. Karena admin pernah mencoba mengkoneksikan ponsel android ke Windows Xp, hasilnya cukup butuh waktu untuk instalasi driver agar terbaca.

2. Membuka Pengaturan Penyimpanan (AOSP)

Bagi kamu pengguna Android One (Pure/Stock OS), aplikasi file manajer pihak ketiga dari Play Store sebagian besar belum bisa mengakses folder Data ini. Gunakan pengaturan file pada setelan untuk mengaksesnya.

Buka setelan atau pengaturan untuk membuka file biasanya pada Pengaturan – Penyimpanan – File untuk membuka folder Data. Atau instal aplikasi dari Play Store berupa shortcut ke aplikasi penyimpanan (AOSP). Bisa juga melalui aplikasi Activity Launcher dan pilih akses untuk membuka file manajer bawaan AOSP.

Penyimpanan yang dibuka melalui pengaturan ini bisa juga disebut dengan Aplikasi File AOSP (AOSP Files App). Android Open Source Project disematkan di Android One memiliki manajer penyimpanan yang mungkin kurang menarik ketimbang aplikasi file manajer pihak ketiga.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Sampai artikel ini dirilis ada beberapa aplikasi yang bisa mengakses folder Android Data. Kamu bisa unduh aplikasi manajer file dari Play Store untuk mengatasi folder Android Data kosong, beberapa diantaranya:

  • X-Plore File Manager (oleh Lonely Cat)
  • Solid Explorer (NeatBytes)
  • Autosync Apps (MetaCtrl)
  • Speed Software Explorer
  • Root Explorer (Speed Software) untuk akses non Root
  • Zarchiver (pro)
  • Total Commander
  • MT File Manager

Pastikan aplikasi-aplikasi tersebut yang diinstal adalah yang versi paling baru. Aplikasi diatas dapat diakses secara gratis, dengan kelemahan pasti memiliki iklan. Setelah instal aplikasi, jangan lupa berikan akses ke Folder Android – Data ya.

cara membuka folder android data

Penutup

Dalam mengatasi folder Android Data kosong di atas diperlukan beberapa trik agar dapat diakses. Meskipun hal ini mungkin hanya masalah kecil, ada keuntungan maupun kerugian yang didapatkan pengguna ketika tidak dapat mengakses folder Data.

Selain untuk keamanan data aplikasi, mungkin mereka yang sering bermain game dengan Patch tertentu melalui jalan menyalin file Obb tidak akan dapat melakukannya lagi. Karena sejauh artikel ini dirilis, aplikasi file manajer bawaan merek ponsel belum dapat memodifikasi folder Android – Data kosong karena tidak mendapatkan aksesnya.

Adapun mereka yang mengganti nama folder pada Android dengan angka (misal Android 16) kemudian folder ini baru bisa diakses. Menurut admin  ini jangan dilakukan. Mengganti nama file sistem tidaklah direkomendasikan. Setelah mengganti nama ada yang mengeluhkan aplikasi/game tidak dapat dijalankan/error. Mending copy file ke Android Data pakai aplikasi-aplikasi diatas. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *