Tips Ubah Tampilan Whatsapp (Wallpaper Dan Mode Gelap) | Droidinside

Tips Ubah Tampilan Whatsapp (Wallpaper Dan Mode Gelap)

  • 3 min read
  • Jan 04, 2021
ubah tampilan whatsapp

Bosan dengan tampilan aplikasi Chat ini ? Kamu bisa ubah tampilan Whatsapp dengan mengubah Wallpapernya atau dengan menggunakan mode gelap. Tentunya admin disini memberikan cara yang simpel, tanpa harus menginstal aplikasi tambahan.

Perkembangan aplikasi Whatsapp perlu kamu ketahui. Dari segi fitur, aplikasi ini juga menawarkan pembaruan yang cukup baik. Mulanya hanya untuk berkirim pesan atau gambar, sekarang dapat digunakan untuk telepon dan fitur lainnya. Segi keamanan mendapat pembaruan dengan diikutkan fitur sidik jari untuk membuka aplikasi tersebut.

Tidak kalah juga untuk segi tampilan yang terus dikembangkan lebih user friendly atau dapat disetel sesuai keinginan pengguna. Dari waktu ke waktu, aplikasi pengiriman pesan ini tidak hanya berfungsi untuk berbagi hal. Personalisasi kepada pengguna juga diperhatikan oleh pengembang. Dari fitur penggantian wallpaper/gambar background chat sampai mode gelap ikut disediakan pada aplikasi ini.

Kamu bisa memanfaatkan kedua fitur ini untuk mengatasi tampilan Whatsapp yang itu-itu saja. Seperti sudah diketahui latar belakang chat yang berwarna putih dengan berbagai ikon kecil mungkin sudah biasa. Tampilan Whatsapp yang hijau pada beberapa sisi antarmukanya, bisa juga kamu ubah sesuai dengan tampilan keren masa kini, “mode gelap”.

Tips ubah tampilan Whatsapp pada artikel ini tidaklah sulit. Kamu tidak perlu instalasi aplikasi WA Mod. Atau melakukan oprek diluar standar yang tidak rekomendasikan.

Cara Ubah Tampilan Whatsapp

Untuk melakukan ubah tampilan Whatsapp, kamu perlu update dulu aplikasi ini pada versi yang paling baru. Untuk memastikan fitur wallpaper chat dan mode gelap dapat digunakan. Biasanya bisa diakses lewat Play Store, ketikan Whatsapp lalu lakukan Update/perbarui. Berikut ini ulasan lengkap yang cukup mudah.

Ubah Wallpaper Whatsapp

Mengubah background pesan dapat meremajakan pandangan mata terhadap aplikasi perpesanan ini. Versi agak lawas (yang paling terakhir update) dapat melakukan hal ini. Sehingga tanpa update sekalipun kamu dapat ubah wallpaper Whatsapp, dengan jalan:

  • Buka aplikasi Whatsapp
  • Klik 3 titik pojok kanan atas
  • Pilih Setelan
  • Pilih Chat
    ubah wallpaper chat whatsapp
  • Pilih Wallpaper
  • Jika tidak ingin terlalu ribet, kamu bisa ubah tampilan Whatsapp dengan Galeri atau Warna Solid.
    ubah latar chat whatsapp

Galeri akan mengambil gambar dari penyimpanan ponsel kamu. Gambar ini bisa kamu dapatkan dari hasil unduhan maupun dikirim oleh teman kamu. Pilihlah sesuai keinginan yang ada pada galeri ponsel kamu.

Warna solid lebih mudah untuk kamu yang ingin mengganti latar chat menjadi satu warna tertentu. Sesuaikan dengan warna yang kamu sukai. Pilihan warna pada beberapa ponsel mungkin hanya itu saja alias tidak bisa memilih gradien warna yang lebih luas/banyak.

Mode Gelap Whatsapp

Mengubah tampilan WA yang tidak hanya hijau saja pada panel-panelnya dapat kamu lakukan. Melalui mode gelap Whatsapp kamu bisa ubah tema aplikasi ini jadi dominan lebih hitam.

Apalagi Whatsapp sekarang sudah mendukung tampilan “dark mode”. Menjadi resmi bahkan saat ponsel kamu belum update ke Android 10 sekalipun. Fitur penggantian tema menjadi gelap dapat kamu akses melalui:

  • Buka Whatsapp
  • Klik 3 titik pojok kanan atas
  • Pilih Setelan
  • Pilih Chat
  • Pilih Tema
  • Tetapkan Gelap
    mode gelap whatsapp

Tampilan aplikasi Whatsapp akan menjadi dominan hitam atau berkebalikan dengan tema terang. Fitur ini hadir untuk kamu yang menyukai tema gelap tanpa harus melakukan instalasi WA Mod.

Untuk ubah tampilan Whatsapp menjadi gelap ada cara lain yang bisa kamu lakukan. Jika ponsel kamu masih pada Android 9 (pie) dapat diubah melalui:

pengaturan – tampilan – lanjutan – tema perangkat – gelap

Pengaturan dapat berbeda-beda tiap ponsel. Setidaknya Android Pie memberikan opsi untuk mode gelap meskipun tidak sempurna. Untuk ponsel dengan Android 10, aktifkan opsi pengembang dahulu. Kemudian hidupkan “Paksa Mode Gelap” maka keseluruhan tampilan ponsel termasuk di dalam aplikasi akan menjadi tampilan gelap.

Kedua cara lain lewat pengaturan ini mungkin memiliki kelemahan. Wallpaper chat Whatsapp akan masih berwarna default/biasa meski sudah dipaksa mode gelap lewat pengaturan. Maka dari itu kamu masih perlu mengubah latar chat agar ikut menghitam (dengan memilih warna solid gelap).

Penutup

Berbeda dengan ponsel iPhone, pengaturan untuk mengubah Wallpaper chat ada pada 1 tempat yaitu:

Settings – Chats – Chat Wallpaper

Bisa diubah juga sesuai dengan keinginan. Kamu juga bisa menggunakan mode gelap Whatsapp dengan mengaktifkan mode gelap pada ponsel iPhone kamu.

Menggunakan aplikasi Whatsapp Mod memang dapat dengan mudah ubah tampilan Whatsapp. Namun, hal ini tidak direkomendasikan karena keamanan yang riskan apabila kamu menggunakan aplikasi dari pihak ketiga yang tidak resmi ini.

Tinggalkan Komentar!