Fitur Sidik Jari Whatsapp Lindungi Privasi | Droidinside

Fitur Sidik Jari Whatsapp Lindungi Privasi

  • 2 min read
  • Okt 13, 2020
fitur sidik jari whatsapp

Jika kamu belum tahu, ada fitur sidik jari Whatsapp yang bisa digunakan untuk mengamankan aplikasi komunikasi tersebut. Bagaimana cara mengaktifkannya dan ulasannya?

Fitur Sidik Jari Whatsapp

Whatsapp merupakan sebuah aplikasi untuk komunikasi berbasis sosial media yang terus melakukan pembaruan. Pembaruan pada berbagai bidang terus ditingkatkan seperi pada keamanan, fitur, dan lainnya. Dari segi fitur yang sebelumnya tidak ada menjadi ada seperti status, panggilan kelompok dan lainnya.

Di segi keamanan fitur sidik jari Whatsapp menjadi pelengkap setelah enkripsi end to end obrolan pada aplikasi yang memiliki logo berwarna hijau tersebut. Fitur ini memungkinkan kamu mengamankan aplikasi ini dengan fingerprint untuk membuka aplikasi.

Jadi tidak sembarang orang dapat membuka aplikasi yang berisi berbagai hal privasi ini. Meskipun telat, tepatnya akhir tahun 2019 kemarin fitur ini disematkan pada versi Whatsapp terbaru yaitu 2.19.221 sampai yang paling baru. Tentunya penambahan fitur ini akan semakin menambah kenyamanan pengguna dalam menjaga privasi tanpa tambahan aplikasi pihak ketiga.

Untuk dapat menikmati fitur ini, tentunya ponsel kamu harus memiliki sensor sidik jari. Sebuah fitur wajib untuk ponsel menengah keatas dan juga aplikasi Whatsapp yang digunakan sehari-hari. Lalu bagaimanakah cara mengaktifkan fitur finger print pada Whatsapp?

Mengaktifkan Fitur Finger Print Whatsapp

Setelah mengetahui versi Whatsapp yang ada sidik jarinya, kamu harus memperbarui aplikasi ini ke yang paling baru. Melalui Playstore, cari dan pilih Whatsapp kemudian update/perbarui. Versi terbaru sudah pasti memiliki fitur sidik jari Whatsapp yang bisa digunakan.

Selanjutnya, mengaktifkan buka kunci ponsel android dengan sidik jari. Biasanya pada pengaturan android kamu bagian keamanan, buka kunci, dan sidik jari. Disana kamu tambahkan dulu finger print milik kamu untuk membuka ponsel yang terkunci. Selanjutnya tinggal atur fitur ini di aplikasi Whatsapp:

  • Buka Whatsapp
  • Klik tiga titik pojok kanan atas
  • Klik Setelan/Settings
  • Pilih Akun/Accounts
  • Pilih Privasi/Privacy
    aktifkan sidik jari WA
  • Geser layar kebawah dan temukan Kunci Sidik Jari/Fingerprint Lock
  • Gulir untuk mengaktifkan, dan tempelkan sidik jari anda
    aktifkan sidik jari WA
  • Ubah setelan untuk mengunci Whatsapp segera atau beberapa menit

Jika kamu belum mengaktifkan buka kunci dengan sidik jari, fitur ini masih tetap bisa digunakan. Saran admin diatas adalah agar proses memasukkan sidik jari jadi lebih lancar karena sistem sudah menyimpan data jemari kamu.

whatsapp terkunci sidik jari

Pada pengaturan waktu kapan Whatsapp dikunci ini, kamu bisa memilih segera. Karena setelah beberapa detik kamu keluar aplikasi dan masuk lagi maka akses sidik jari dibutuhkan. Menunggu 1 menit waktu adalah dari terakhir kamu keluar atau tidak berinteraksi dengan aplikasi Whatsapp agar terkunci.

Setelan notifikasi konten juga memungkinkan kamu untuk menjaga privasi. Jika kamu mengaktifkannya, maka konten akan dimunculkan pada notifikasi akan memunculkan isi pesan dan pengirimnya.

Penutup

Jika fitur sidik jari ini tidak muncul, itu biasanya karena Whatsapp belum update, dan ada masalah dengan pembaca sidik jari ponsel kamu. Juga tidak ada batasan untuk gagal dalam percobaan menggunakan sidik jari.

Kamu sebenarnya bisa juga mengunci aplikasi ini tanpa fitur sidik jari Whatsapp. Melalui penguncian aplikasi yang biasanya sudah ada sebagai fitur android dari sejak beberapa tahun yang lalu sampai sekarang. Bahkan untuk menguncinya tidak hanya dengan finger print, bisa menggunakan pola atau sandi.

Kelemahan yang ada pada fitur sidik jari Whatsapp adalah tidak menyediakan penguncian dengan metode lain seperti pola dan pin. Kalau fingerprint tidak berfungsi sedangkan sudah kamu kunci, solusinya hapus data aplikasi Whatsapp tapi harus diingat untuk di back up ya.

Tinggalkan Komentar!