Tips Ubah Tampilan Pusat Kontrol Xiaomi | Droidinside

Tips Ubah Tampilan Pusat Kontrol Xiaomi

  • 2 min read
  • Nov 12, 2020
aktifkan pusat kontrol xiaomi

MIUI 12 menawarkan hal yang cukup baru, yaitu Pusat Kontrol Xiaomi. Sebuah tampilan yang cukup keren layaknya Iphone bisa kamu terapkan pada ponsel dengan julukan Beras Kecil ini.

Cara Aktifkan Pusat Kontrol Xiaomi

Sebelum mengetahui seluk beluknya, mending aktifkan dulu deh fitur ini. Pastikan ponsel Xiaomi kamu sudah berada pada update terbaru yaitu MIUI 12 layaknya Redmi Note 9 Pro yang sudah dapat secara resmi. Lanjut langkah-langkahnya:

  • Buka Setelan
  • Pilih Tampilan
  • Klik Pusat Kontrol & Notifikasi
  • Klik untuk menggulirkan Gunakan Pusat Kontrol Yang Baru ke posisi Aktif
    Cara Aktifkan Pusat Kontrol Xiaomi

Cara Akses Pusat Kontrol Xiaomi Dan Mengubahnya

Pusat kontrol Xiaomi tersebut telah kamu aktifkan. Untuk mengaksesnya, kamu perlu mengusap layar bagian ujung atas. Jika pada ponsel dengan Notch Kamera di tengah seperti Redmi 9A, kamu bisa usap dibagian sebelah kanan posisi kamu (terhadap kamera). Untuk mengaktifkan setelan cepat ini, tinggal klik 1x, begitu pula untuk menonaktifkannya.

Untuk mengakses notifikasi, kamu bisa usap dibagian kiri. Pusat kontrol Xiaomi memberikan kamu sebuah keleluasaan, karena memisahkan bar notifikasi dan Quick Access (akses cepat).

tampilan pusat kontrol miui 12

Mengatur Pusat Kontrol Sesuai Keinginan

Pada saat menu tersebut dibuka, kamu bisa menemukan tombol Gear (untuk membuka pengaturan) dan tombol tulis (mengedit item). Klik pada tombol tulis kemudian pilihlah ikon dan pindahkan ke bawah jika ingin tidak ditampilkan. Untuk menampilkan, bagian bawah tarik ke atas.

ubah pusat kontrol xiaomi

Pusat kontrol yang sudah aktif, ketika dibuka akan memunculkan beberapa ikon utama yang penting seperti Bluetooth, data seluler, Wifi, senter, lokasi, mode pesawat dan lain-lain. Seret ke bawah (garis putih dibawah pusat kontrol) untuk mengakses keseluruhan item akses cepat.

Kelebihan Dan Kelemahan Menggunakan Pusat Kontrol

Pusat kontrol baru pada MIUI 12 ini sebenarnya tidak berubah seperti layaknya Quick Access Xiaomi pada umumnya secara fungsi. Bedanya, hanya pada tampilan yang cukup ciamik dan terkesan meninggalkan tampilan lama. Pusat kontrol ini sangat mirip dengan milik ponsel berlabel mewah merek sebelah, Iphone dengan iOS nya.

Kelebihan lain adalah notifikasi dan akses cepat dipisah. Hal ini cukup membantu mata agar layar pemberitahuan tidak penuh. Karena biasanya keduanya dijadikan satu, kemungkinan salah pencet pada penggunaan dapat terjadi.

Selain itu, kamu tidak perlu langkah ekstra melebarkan akses cepat untuk mengaktifkan fungsi-fungsi penting pada ponsel Xiaomi. Berlaku juga jika ingin melihat daftar notifikasi yang berderet panjang kebawah.

Jika setelan ponsel Xiaomi kamu masih standar, fitur ini masih tetap memiliki kelemahan pada bagian privasi. Yaitu, meskipun sudah mengaktifkan layar kunci seperti pola atau pin. Pusat kontrol Xiaomi masih tetap bisa diakses dengan mengusap layar seperti biasa.

Ini cukup bahaya, karena bisa saja orang lain dapat mengakses data seluler Xiaomi kamu dengan mengaktifkan Hotspot hanya dari layar kunci. Kamu perlu merubah pengaturan dengan sembunyikan bar notifikasi agar hal ini tidak terjadi.

Kelemahan yang dapat dialami pengguna mungkin adalah perlu pembiasaan lagi. Biasanya bisa usap dari berbagai sudut bagian atas, sekarang harus dipisah sebelah kiri dan kanan untuk membuka notifikasi/akses cepat. Tapi hal ini tidak akan menjadi masalah, karena fitur dapat dikembalikan ke bentuk semula.

Penutup

Secara umum, fitur Control Center milik Xiaomi ini ada pada MIUI 12. Pada ponsel yang mendapat update seperti Redmi Note 9, Note 9 Pro bahkan Redmi seri Note 5 ke atas (seri redmi baru) dikabarkan akan menerimanya. Sehingga bisa mengakses fitur keren ini. Berlaku juga untuk ponsel yang sejak lahir menggunakan UI baru milik Xiaomi ini yaitu Redmi 9A dan 9C.

Tinggalkan Komentar!