Review MIUI 12 Redmi Note 9 Pro Terbaru | Droidinside

Review MIUI 12 Redmi Note 9 Pro Terbaru

  • 3 min read
  • Nov 09, 2020
ulasan review miui 12 redmi note 9 pro

Beberapa keluh kesah dirasakan oleh pengguna, melalui review MIUI 12 Redmi Note 9 Pro. Ponsel Xiaomi ini akhirnya mendapatkan pembaruan UI terbaru sesuai yang dijanjikan oleh Alvin Tse.

Informasi Update MIUI 12 Redmi Note 9 Pro

Ponsel yang menggunakan proteksi kaca Gorilla Glass 5 baik bagian layar depan dan bagian belakang ini sebelumnya telah dijadwalkan akan menerima update MIUI 12. Namun jadwal yang dikatakan pada beberapa sumber tidaklah sesuai, selalu saja mundur. Hal ini mungkin membuat beberapa User kecewa dengan tidak kunjung datang pembaruan tersebut.

Barulah pada akhir bulan Oktober sampai awal bulan November tahun 2020 mimpi ini kesampaian juga bagi user. Menurut berbagai sumber dari pengguna, MIUI 11 sebelumnya yang disematkan pada Redmi Note 9 Pro performanya cukup ampas alias mengecewakan. Seolah-olah manajemen RAM, aplikasi dan performa yang dihasilkan untuk Gaming kurang bagus.

Cara Update MIUI 12 Redmi Note 9 Pro

MIUI 12 Redmi Note 9 Pro pertama kali muncul versi 12.0.2.0 untuk ROM global (keseluruhan Rom sepertinya sudah Global) dengan ukuran sekitar kurang dari 1 Gb. Beberapa user ada yang mendapatkan ukuran 700 Mb an, 900 Mb an bahkan 1 Gb lebih.

Dapat dimungkinkan, percobaan update sedang dilakukan oleh pihak Xiaomi melalui beberapa channel update. Feedback dari user akan sangat penting pada pembaruan ini. Ukuran juga berpengaruh pada user yang sebelumnya tidak melakukan pembaruan minor pada MIUI 11, sehingga langsung ditimpakan ke versi baru dengan ukuran yang lebih besar.

cara update redmi note 9 pro miui 12

Bagi kamu yang ingin melakukan pembaruan MIUI 12 pada ponsel ini yaitu dengan membuka:

  • Setelan
  • Tentang Ponsel
  • Pembaruan Sistem
  • Jika sudah muncul, Klik Unduh Pembaruan

Review MIUI 12 Redmi Note 9 Pro

Ini adalah bagian yang paling penting pada postingan ini sebenarnya. Karena admin mendapatkan berbagai testimoni dari para pengguna, dapat membuat kamu lebih yakin apakah ingin update atau stay aja di MIUI 11. Dan apakah di MIUI 12, performa ponsel ini masih tetap ampas/jelek?

Berikut ini informasi fitur baru maupun bug fixed pada MIUI 12 yang muncul sebagai changelog sebelum kamu melakukan pembaruan:

  • Pusat Kontrol: Sekarang panel notifikasi dan Quick Access (pusat kontrol) dipisah. Usap layar di sebelah kiri kamera bagian atas, akan membuka panel notifikasi. Sedangkan jika dibagian kanan, akan membuka pusat kontrol/Quick Access Bar.
  • Mode Gelap: Peningkatan mode gelap dari versi sebelumnya dan wallpaper ditingkatkan warnanya
  • Sistem: Perbaikan layar utama yang berkedip-kedip setelah membuka ponsel seperti layaknya sensor proximity mengalami masalah, telah diperbaiki.
  • Telepon: Perbaikan antarmuka telefon yang tidak muncul
  • Layar Kunci: Memperbaiki signature yang tidak muncul

Kelebihan Setelah Update MIUI 12 Redmi Note 9 Pro

Kelebihan secara umum adalah perbaikan yang sudah dilakukan dan fitur baru yang bisa kamu nikmati pada versi baru ini. Kelebihan yang cukup signifikan adalah tampilan yang lebih fresh karena peningkatan mode gelap.
Apalagi bar Quick Access/Pusat Kontrol sekarang lebih keren. Lebih baru, apalagi jika dibuka pada mode Landscape. Panel-panel menjadi lebih profesional dan meninggalkan kesan versi MIUI sebelumnya yang cukup membosankan.

tampilan pusat kontrol miui 12

Selain dari tampilan yang cukup meningkat estetikanya, berikut ini kelebihan lain yang didapat oleh pengguna:

  • Peningkatan performa untuk bermain game daripada versi MIUI sebelumnya. Banyak pengguna merasakan tidak ada penurunan performa saat bermain game seperti yang sebelumnya dan bermain lebih Smooth.
  • Peningkatan sentuhan layar, ini cukup dirasakan untuk bermain game dan geser-geser layar untuk sosmed an.
  • Suhu berkurang untuk penggunaan ekstra. Tidak seperti sebelumnya, beberapa pengguna mendapati notifikasi ponsel ini terlalu panas
  • Peningkatan performa multitasking, lebih enak berpindah-pindah aplikasi untuk pekerjaan yang lebih efisien dan sedikit irit baterai
  • Performa langsung bisa digas/langsung terasa setelah melakukan update. Tanpa harus melakukan restart (lagi) atau melakukan reset ke pengaturan pabrik, kamu sudah bisa menikmatinya
  • Hasil keluaran speaker lebih keras
  • Tambahan durasi waktu slow motion di kamera

Kekurangan Setelah Update MIUI 12 Redmi Note 9 Pro

Sebenarnya, untuk kekurangan yang paling utama adalah lebih cepat terkuras baterainya. Baterai lebih boros, mungkin untuk bermain game dengan durasi sama dengan MIUI 11, terdapat pengurangan beberapa persen dan tidak banyak. Ini jelas, setimpal dengan performa yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Berikut kekurangan lain, yang mungkin dapat mempengaruhi penggunaan ataupun tidak pada pengguna:

  • Lebih boros penggunaan RAM. Kenapa tidak ? Lha performa MIUI 12 Redmi Note 9 Pro aja lebih bagus dari versi sebelumnya. Sudah sepantasnya penggunaan RAM lebih tinggi untuk mengejar penggunaan yang lebih Smooth
  • Kamera untuk video Slow Motion mengalami patah-patah (mungkin akan diperbaiki update selanjutnya)
  • File lainnya seperti file Cache tidak dapat muncul sehingga tidak dapat dilihat seberapa besar file tersebut memakan penyimpanan
  • Mode gelap di aplikasi Facebook belum sempurna
  • Ngeframe/patah-patah pada beberapa game (yang belum update game nya)
  • Komedi putar sekarang muncul lagi, tersematkan dalam sistem dan tidak bisa diuninstal (isinya iklan lah, mungkin cukup mengganngu)

Penutup

Bagi kamu yang ingin update, bisa gunakan koneksi WIFI atau data seluler, yang penting baterai masih banyak dan kuota banyak juga. Jika kamu sudah dapat notifikasi, segera update. Soalnya notifikasi bisa hilang dengan sendirinya.

Bagi yang merasakan lelet atau penerimaan sinyal kurang, bisa lakukan reset ke pengaturan pabrik terlebih dahulu. Ini mungkin dapat mengatasi masalah tersebut.

Seluruh review MIUI 12 Redmi Note 9 Pro diatas adalah murni dari berbagai sumber teman-teman. Beberapa diantaranya ada yang sesuai dan ada yang tidak sesuai istilahnya beda sarung beda burung. Ada yang merasa malah baterai menjadi lebih awet, ada yang sama saja dan lain sebagainnya.

Bagaimana menurut kamu ? Apakah pembaruan ini lebih baik atau lebih jelek?

Tinggalkan Komentar!