Tips Sebelum Update Perangkat Lunak Android

  • 2 min read
  • Des 25, 2020
update perangkat lunak android

Apakah kamu pernah dapat masalah ketika update perangkat lunak android ? Untuk menghindari berbagai hal fatal kamu perlu mengetahui beberapa tips agar proses update berjalan dengan lancar.

Update Perangkat Lunak Android

Dukungan software yang dilakukan berbagai pabrikan merupakan sebuah hal yang penting. Salah satunya adalah dengan menambal fitur keamanan yang setiap waktu harus terus disempurnakan.

Umumnya setiap kali Brand memberikan pembaruan sistem akan berisi Patch Keamanan. Update baru ini dapat mencegah masuknya virus karena kelemahan sistem. Seperti awal ponsel baru tidak ada iklan, lama kelamaan penggunaan bisa saja ponsel jadi banyak iklannya. Entah itu fitur dari pabrikan atau bisa karena masuknya phising, malware lewat aplikasi yang terinstal.

Selain keamanan, pembaruan perangkat lunak akan sangat menguntungkan pengguna. Adanya fitur baru setelah diupdate tidak jarang yang cukup berguna untuk pengguna. Seperti tambahan untuk mengubah Font pada pengaturan di Oppo F9 yang diupdate ke Android 10, yang sebelumnya belum ada.

Ada pula yang semakin menambah cantik tampilan setelah dilakukan update perangkat lunak android. Animasi saat melakukan pengecasan, animasi wallpaper bawaan dan lain sebagainya ikut meramaikannya pada beberapa ponsel.

Untuk dapat menikmati berbagai fitur pembaruan, tentunya kamu harus melakukan unduhan file Firmware melalui beberapa metode. Dengan Over The Air (OTA) dimana sistem secara langsung mengunduh dan memasang otomatis. Atau secara Offline dimana kamu perlu mengunduh manual dan memasangnya.

Agar aman saat proses update, ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan sebelum maupun setelah update perangkat lunak android.

Tips Sebelum Update Perangkat Lunak Android

1. Perhatikan Baterai Ponsel

Sebelum melakukan proses unduhan perangkat lunak secara manual maupun OTA. Ponsel kamu harus terisi penuh. Setidaknya penuh ketika proses update berjalan. Kamu bisa melakukan charging saat ponsel mengunduh firmware via OTA. Sehingga ketika menekan perbarui sekarang, ponsel kamu memiliki banyak daya setidaknya diatas 75%.

Rahasia Mengisi Baterai Ponsel dengan cepat

2. Back Up Data

Pembaruan perangkat lunak melalui jalur OTA sebenarnya tidak akan menghapus seluruh data pengguna. Namun, ketika proses download mengalami Corrupt akan berdampak pada ponsel bisa Bootloop atau Brick.

Data seperti kontak dapat disimpan pada akun Google menggunakan sinkronisasi. Apabila terdapat penyimpanan Eksternal, gunakan untuk menyimpan Foto/Video/Dokumen penting.

3. Sisakan Ruang Penyimpanan Yang Cukup

Setidaknya sisakan ruang penyimpanan internal sampai 50% dari kapasitas. Beberapa kasus yang admin alami misalnya, ketika ponsel Zenfone 4 mendapatkan update Lollipop, penyimpanan terkuras untuk sistem dan hanya tersisa 1 Gb. Padahal sebelumnya, Kitkat penyimpanan masih lega sekitar 2 Gb kurang sedikit.

Meskipun ponsel bisa tahu apakah penyimpanan cukup untuk melakukan pembaruan perangkat lunak. Bisa terjadi Bootloop ketika penyimpanan tidak mencukupi saat proses pemasangan pembaruan.

penyimpanan internal sebelum update

4. Gunakan Koneksi Internet Yang Handal

Beberapa kasus pengguna mengalami tidak bisa melakukan update sistem bahkan ketika menggunakan Wifi. Beberapa diantaranya malah lancar saat menggunakan data seluler. Saat menggunakan koneksi internet dari sumber apapun itu, pastikan kamu memiliki cukup kuota dan koneksi yang stabil dan bila perlu cukup cepat.

File unduhan sistem bisa rusak/Corrupt ketika saat proses mengunduh terjadi kesalahan koneksi internet. Ini dapat menyebabkan ponsel mati atau hanya stuck di tengah jalan saat update.

5. Update OTA Saja Atau Dari Situs Resmi

Selalu lakukan update aman via OTA. Tidak disarankan mengunduh dari sumber lain yang tidak kamu percayai. Update manual secara Offline, dapat diunduh dari web resmi. Hal ini akan menjamin keamanan ponsel kamu.

cara update samsung galaxy m10

Penutup

Sebagai tambahan informasi, sebelum melakukan pembaruan perangkat lunak android. Kamu bisa join dahulu forum tipe ponsel yang sesuai. Karena pada forum tersebut bisa ditemukan keluhan atau indikasi Bug sebuah versi pembaruan.

Beberapa pembaruan ponsel yang kelebihan maupun kekurangan dirasakan pengguna juga admin sajikan melalui tulisan-tulisan disini. Tujuannya agar kamu tidak ragu untuk melakukan update perangkat lunak android. Dan mengetahui beberapa kekurangan maupun kelebihan setelah ponsel diperbarui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *