Android 10 Oppo F9 Apa Saja Kelebihannya | Droidinside

Android 10 Oppo F9 Apa Saja Kelebihannya

  • 4 min read
  • Jun 24, 2020
android 10 oppo f9

Pengguna ponsel Oppo mulai berejejer mendapat update. Kelebihan dan kekurangan apa saja yang akan kamu dapatkan setelah update Android 10 Oppo F9? Simak

Informasi Update Android 10 Oppo F9

Lahir dengan mengusung Android Oreo (8) dengan color OS 5 ponsel besutan brand Oppo ini secara resmi telah mendapatkan update Android 10 di Indonesia khususnya. Ponsel yang sudah cukup lama rilis ini sebelumnya telah mendapatkan update beta pertama kali di India sekitar bulan mei. Bagi mereka yang mengetahui terlebih dahulu informasi ini bisa mengikuti program update sebagi beta tester yang hanya dibatasi beberapa puluh ribu user saja sedunia.

Namun kamu yang ada di Indonesia bisa merasakan update Android 10 Oppo F9 dan Oppo F9 Pro secara resmi dan bukan menjadi tester. Android Q pada ponsel ini sama seperti pada Android 10 Oppo F11. Dimana kamu akan mendapatkan sentuhan baru yaitu ColorOS 7. Urutan update untuk pertama kali resmi muncul ColorOS 7.0 dengan versi firmware ekor F.06. Kemudian beberapa minggu muncul versi ekor F.07 yang menjadi ColorOS 7.1 dan dilanjut terus menjadi ekor F.09 terakhir.

update android 10 oppo f9

Beberapa hal yang akan admin bahas disini adalah pada versi F.09 dengan antarmuka ColorOS 7.1 yang sebelumnya ColorOS 7.0, entah mengapa Oppo memberikan update ini. Banyak user yang memberikan gambaran keduanya sama saja dan tidak ada perbedaan antara update ekor F.06 sampai F.09. Agar mendapatkan update Android 10 Oppo F9 dan F9 Pro apa saja yang perlu dilakukan?

Cara Update Oppo F9 ke Android 10

Update OTA

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu update secara OTA (Over The Air) karena sampai saat ini, admin belum menemukan firmware resmi yang biasanya tersedia di situs resmi. Cara update Oppo F9 ke Android 10 cukup mudah:

  • Buka Pengaturan
  • Pilih Pembaruan Perangkat Lunak
  • Tekan Unduh
  • Jika sudah selesai, klik Perbarui Kini
    cara update oppo f9

Update dari ColorOS 6 ke 7 (Android 10) akan memakan data sekitar 2 Gb buat jaga-jaga siapain saja. Kemudian, untuk update ekor F.06 sampai F.09 hanya membutuhkan sekitar 200 an Mb setiap naik 1 tingkat.

Update Beta Tester

Oppo juga menyediakan buat kamu yang ingin menjajal atau update sebagai tester. Untuk melakukan ini tinggal klik gambar gear pada pojok kanan atas pada Pembaruan Perangkat Lunak lalu pilih Opsi Pembaruan PL. Klik Versi Uji Coba lalu kamu disana bisa memilih Program Percobaan Color OS 7.

pembaruan beta oppo f9

Mematikan Update Otomatis

Jika kamu tidak ingin proses update berjalan otomatis (versi akan otomatis diperbarui) matikan Pembaruan Otomatis Malam Hari pada gambar sebelumnya. Karena hal ini yang menyebabkan ponsel Oppo yang kebagian Android 10 otomatis update, padahal terkadang user tidak mau untuk update terlebih dahulu karena masalah kuota juga.

Untuk cara kedua, kamu bisa buka pengaturan – aplikasi. Disana carilah aplikasi Pembaruan P.Lunak kemudian klik paksa berhenti. Ini akan berlaku untuk mematikan notifikasi update dan otomatis update sampai kamu restart hp kamu. Jadi, setelah restart notifikasi ini akan muncul lagi.

mematikan update oppo f9

 

Kelebihan dan Kekurangan Android 10 Oppo F9 Ekor F.09

Setelah kamu melakukan update ke Android 10, beberapa hal yang akan kamu dapatkan berupa kelebihan maupun kekurangan diantarannya:

Kelebihan

  • Bagi pengguna yang terlalu biasa dengan ColorOS 5 dan 6 akan dimanjakan dengan tampilan keren dari Android 10 baru, pengalaman menggunakan antarmuka baru ColorOS 7.1 akan membuat asyik dalam menggunakan ponsel seperti fitur gesture dan dark mode yang wajib kamu coba
  • Lebih ringan dalam penggunaan ponsel untuk sosmed, tampilan sedikit lebih smooth
  • Font telah tersedia pada sistem, kamu bisa mendownloadnya tanpa harus repot instal dari aplikasi pihak ketiga
  • Rekam layar telah tersedia dengan perekaman suara internal
  • Pada beberapa user merasakan fitur bagus pada saat melakukan pengisian daya Oppo F9 mereka. Pada saat baterai rendah, dengan menggunakan charger original maka simbol Vooc atau Fast Charging akan muncul sampai sekitar pengisian daya 80%. Setelah melewati itu, beberapa user mengatakan bahwa ikon Vooc (petir) menghilang. Setelah dicek menggunakan aplikasi, memang fitur baru pada Android 10 Oppo F9 ini akan menurunkan daya charger dan akan memutus aliran daya setelah penuh. Hal ini akan menambah lifespan baterai untuk lebih lama

Kekurangan

  • Tidak bisa dipungkiri masih terjadi ghost touch untuk gaming seperti PUBG dan keluhan analog terlepas sendiri saat bermain
  • Delay touch untuk mengetik
  • Bermain game membuat suhu hp jadi lebih panas
  • Baterai menjadi sedikit lebih boros
  • Notifikasi aplikasi tidak mau keluar seperti Whatsapp (baru ketika aplikasi dibuka muncul notifikasi)
  • Delay Fingerprint (kasus sedikit)
  • Penurunan kualitas hasil jepretan kamera bawaan, lebih banyak noise
  • BRI Link belum support (kemungkinan dalam waktu dekat akan bisa digunakan kembali tergantung Bank
  • Pengisian menjadi lebih lambat dari biasanya

 

Saran dan Penutup

Setelah update Oppo F9 ColorOS 7, jangan kaget ya kalau performa ponsel ini menjadi lag, baterai boros, delay nya parah dan lain sebagainya. Karena sistem sedang menyesuaikan, hal ini akan menghilang setelah beberapa hari. Bagusnya, saran admin kamu lakukan saja Reset Ke Pengaturan Pabrik agar sistem lebih mudah untuk menyesuaikan semua aplikasi di Oppo F9 kamu dengan cara buka Pengaturan – Backup & Reset – Reset Phone. Back up dulu data yang menurutmu penting ya. Setelah reset biasanya beberapa masalah atau kekurangan setelah update akan menghilang, namun ada juga yang masih stay jadi sabar ya untuk nunggu update an selanjutnya.

Jika kamu mengalami masalah setelah update seperti ponsel jadi bootlop, atau memang kamu sangat tidak suka bug yang ada pada Android 10 lakukan Downgrade. Sangat disarankan untuk melakukan downgrade ke Servis Resmi Oppo terdekat di kota kamu. Biaya untuk melakukan downgrade adalah sekitar 100 ribuan. Bawa kelengkapan ponsel seperti dusbook ya. Kamu juga bisa request saat servis untuk melakukan downgrade ke ColorOS versi berapa, versi 5 atau versi 6 (dibawahnya). Namun kamu akan diberi informasi bahwa proses downgrade bisa membuat hp kamu mati total.

downgrade oppo f9 android 10

Oh iya, untuk Gcam Oppo F9 pada OS Android 10 harus diganti ya, karena versi sebelumya untuk ColorOS 6 tidak support di ColorOS 7. Kamu bisa nyari yang mana aja yang bagus biasanya di google banyak. Dan ini kelebihan ponsel yang bisa pasang Gcam tanpa harus root atau UBL.

Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar!