Mengatasi Tidak Bisa Download Di Android 11

  • 3 min read
  • Agu 26, 2021
tidak bisa download di android 11

Apakah kamu pernah mengalami masalah tidak bisa download di Android 11 ? Sepertinya masalah ini menyerang pada pengguna yang memperbarui ponsel pintar mereka ke Android 11 (sebelumnya Android 10). Umumnya setelah update ada beberapa masalah yang terjadi pada penyimpanan.

Teknologi Scoped Storage atau penyimpanan dengan jangkauan tertentu pada Android versi yang lumayan baru ini sebenarnya bagus. Soalnya dia ngasih keamanan lebih pada penyimpanan atau folder-folder didalamnya. Tujuannya bagus sih, supaya user gak bisa memodifikasi folder sistem yang riskan.

Kelemahannya, pengguna gak bisa lagi mengakses beberapa folder. Misalnya folder Android – Data yang harus dibuka dengan aplikasi khusus seperti ZArchiver Pro. Selain itu ada kelemahan lain, Folder Download juga menjadi terimbas tidak bisa diakses. Jadi tidak bisa download di Android 11 sembarangan. Bahkan ada juga pengguna yang mengalami sama sekali tidak bisa menyimpan apapun ke folder unduhan atau Download. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Di Android 11

Paling sering kejadian tidak dapat mengunduh pada ponsel dengan sistem operasi Android 11 ini adalah saat menggunakan aplikasi pihak ketiga, UC Browser misalnya. Saat ingin download sebuah file, pasti notifikasi yang muncul adalah “Tidak Cukup Ruang”.

Sebagian setelah update lalu download file dari Chrome, progress unduhan memang berjalan. Namun setelah itu file hilang tidak terdeteksi pada folder Unduhan/Download. File tersebut bisa saja memang benar terunduh namun disembunyikan.

tidak cukup ruang di android 11 uc

Ada juga yang mendapatkan notifikasi penyimpanan tidak bisa diakses, penyimpanan penuh padahal masih terdapat banyak sisa ruang di memori internal maupun eksternal. Artinya Android 11 benar-benar melakukan restriksi atau pencegahan terhadap penambahan file penyimpanan. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi tidak bisa download di Android 11.

Update Aplikasi Yang Digunakan Untuk Download File Di Internet

Seringkali setelah kita update ponsel ke sistem operasi yang lebih baru (Android 11) tidak memperhatikan aplikasi telah terinstal, ini menjadi penyebab tidak bisa download di Android 11. Dengan sistem operasi yang baru, terkadang aplikasi tidak ikut diperbarui secara otomatis. Masih pada versi lawas yang menyebabkan perizinan aplikasi bermasalah. Sebut saja penambahan keamanan ini juga mempengaruhi izin aplikasi yang sebelumnya telah terinstal.

  • Aplikasi Browser seperti Chrome, UC, Opera, Browser bawaan ponsel dan sejenisnya harus ikut kamu update setelah update Android. Dengan versi aplikasi yang baru, akan menyesuaikan dengan sistem. Jadi masalah penggunaan penyimpanan tidak akan terjadi lagi.
  • Cara updatenya bergantung darimana kamu instal aplikasi tersebut. Biasanya buka aplikasi Play Store – Cari Aplikasi – Klik Perbarui (Update) aplikasi yang diinginkan.
  • Atau buat kamu yang instal dari aplikasi pihak ketiga seperti APKPure, QOOApp dan sejenisnya. Unduh lagi di situs yang sama dengan memperhatikan versi aplikasi yang lebih baru.
  • Jangan lupa update juga aplikasi yang berhubungan dengan Google. Misalnya Google Play Service, Play Store, Chrome, Gmail dan sejenisnya.

Jika memang masih tidak bisa, hapus atau uninstal aplikasi tersebut. Kemudian lakukan instalasi aplikasi lagi. Dengan memperhatikan segala perizinan aplikasi tersebut yang berhubungan dengan penyimpanan. Izinkan apabila aplikasi meminta untuk mengakses beberapa hal dari ponsel kamu.

Update Versi Software Atau Perangkat Lunak Sistem

Jika di ponsel Xiaomi kita menemukan versi MIUI, Vivo dengan angka ekor pada firmwarenya. Lakukan pembaruan sistem lagi setelah kamu mendapatkan sistem operasi Android 11. Karena bisa jadi setelah update ke Android 11, bug software terjadi. Beberapa masalah akan diperbaiki oleh sistem yang baru.

Dengan perpaduan antara sistem operasi Android yang baru dan aplikasi yang terbaru dapat mengatasi tidak bisa download di Android 11. Sebagian besar masalah sudah bisa diselesaikan dengan dua metode tersebut.

Reset Ke Pengaturan Awal/Pabrik

Dengan melakukan ini, maka sistem juga akan menghapus berbagai hubungan pada aplikasi-aplikasi yang telah diinstal sebelum update. Biasanya saran dari Admin memang untuk melakukan reset ponsel ke pengaturan awal supaya tidak terjadi berbagai masalah.

Seperti halnya masalah penyimpanan terproteksi yang menyebabkan sebuah aplikasi tidak bisa mengunduh file untuk disimpan. Notifikasi penyimpanan penuh ini diakibatkan sistem yang membaca perilaku aplikasi lawas yang mungkin berbahaya. Sehingga menolak aplikasi mengakses pengaturan dengan memberikan notifikasi unduhan gagal, tidak cukup ruang dan lain sebagainnya.

Penutup

Ketika kamu mengalami masalah tidak bisa download di Android 11 sebenarnya itu adalah hal wajar. Apalagi mengunduh file menggunakan aplikasi pihak ketiga. Karena keamanan sistem android jaman now membatasi dan membatasi biar perangkatnya awet gak rusak karena kecerobohan atau pengguna pinter (banget).

4 thoughts on “Mengatasi Tidak Bisa Download Di Android 11

      1. barusan cek, ternyata masih android 10, tapi upgradable sih ke android 11
        jadi mikir2 lagi buat upgrade ke android 11

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *