Mengatasi Sidik Jari Tidak Dikenali Whatsapp

  • 3 min read
  • Mei 23, 2021
sidik jari tidak dikenali whatsapp

Kesel banget ketika sidik jari tidak dikenali Whatsapp terjadi. Padahal sudah pakai jari sendiri untuk membukanya. Sebenarnya apa yang membuat hal ini terjadi dan bagaimana cara mengatasinya ?

Penyebab Sidik Jari Tidak Dikenali Whatsapp

Seringkali kita bekerja pada kondisi lingkungan yang kotor. Jari yang terkena kotoran menyebabkan pembacaan sidik jari menjadi terhambat. Kondisi ini juga sama kalau sensor fingerprint kotor. Sama juga pas kamu terlalu lama berenang atau di air membuat tangan dan jari-jari keriput membuatnya memiliki bentuk tidak biasa. Sistem mungkin benar-benar tidak mengenali jari kamu akibat beberapa kondisi diatas.

sidik jari whatsapp eror

Hal ini juga bisa terjadi pada Whatsapp. Karena salah satu fitur keamanan pada aplikasi ini adalah dapat dikunci menggunakan sidik jari. Kondisi yang sama membuat aplikasi ini tidak dapat membaca bentuk jari yang sebelumnya dibuat.

Sebenarnya terdapat sebuah sinkronisasi data sidik jari pada sistem ponsel dan Whatsapp. Jadi ketika kamu belum membuat penguncian sidik jari untuk membuka kunci ponsel, ini juga tidak bisa untuk membuat penguncian sidik jari pada Whatsapp. Jadi sidik jari untuk masuk ponsel dan aplikasi ini sama.

Saat kamu sudah membuat pola penguncian pada ponsel kemudian membuat penguncian menggunakan sidik jari. Jari yang terekam pada ponsel ini juga harus sama digunakan untuk membuat penguncian pada aplikasi Whatsapp. Berlaku juga untuk lebih dari 1 sidik jari yang dikenal oleh sistem dapat dikenali oleh Whatsapp. Sidik jari tidak dikenali Whatsapp akan muncul jika kamu membuka dengan jari yang salah. Dan juga kejadian kotor atau kondisi jari yang tergores juga termasuk. Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini?

Cara Mengatasi Sidik Jari Tidak Dikenali Whatsapp

Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan, ada yang simpel dan ada yang cukup ribet.

Menghapus Sidik Jari Pada Ponsel

  • Bukalah pengaturan keamanan maupun sidik jari pada ponsel kamu. Masukkan pola/pin pada ponsel kamu saat dibutuhkan
  • Hapus seluruh sidik jari yang dikenali oleh ponsel
  • Ketika ini sudah dilakukan, maka Whatsapp juga akan kehilangan kemampuannya untuk mengunci dengan sidik jari.

Cara ini sangat direkomendasikan karena tidak diperlukan berbagai upaya yang lebih. Berbeda pada jenis ponsel maka berbeda pada langkah-langkahnya. Intinya cari pengaturan/setelan sidik jari lalu hapus yang dikenali. Biasanya pin/pola/password dibutuhkan untuk mengakses menu ini. Karena apabila percobaan dengan sidik jari gagal maupun setelah ponsel dihidupkan kembali, syarat membukanya adalah dengan pola/pin tersebut.

Sebelum mencoba cara ini, untuk mengatasi sidik jari tidak dikenali Whatsapp. Kamu bisa bersihkan dahulu jari dan sensor fingerprint ponsel menggunakan kain bersih yang lembut. Jika perlu cuci tangan sehingga benar-benar bersih. Atau jika setelah berenang lama, biarkan jari kembali ke bentuk semula. Jika terjadi luka/cacat sidik jari maka cara ini bisa dilakukan.

Menghapus Data Aplikasi Whatsapp

Cara yang tidak direkomendasikan ini bakal menghapus data chat dan isi aplikasi Whatsapp kamu saat ini. Setelah melakukan hal ini, kamu akan diminta memasukkan nomor telefon lagi dan mengunduh file back up chat (jika ada). Jika tidak ada chat yang dicadangkan sebaiknya tidak menggunakan cara ini. Langkahnya:

  • Buka pengaturan aplikasi ponsel kamu. Biasanya ada pada pengaturan, manajemen aplikasi, kelola aplikasi atau aplikasi terinstal.
  • Cari dan temukan Whatsapp lalu pilih
  • Pada penyimpanan, pilih hapus data, hapus memori, atau hapus semua data
  • Aplikasi Whatsapp akan dimulai ulang

Cara kedua untuk mengatasi sidik jari tidak dikenali Whatsapp ini akan menyebabkan setelan aplikasi kembali seperti semula. Termasuk kamu akan masuk lagi dengan nomor telepon/Whatsapp lagi.

Kelebihannya adalah kamu tidak perlu menghapus sidik jari dari pengaturan ponsel. Terlepas dari kekurangan yang dimiliki.

Penutup

Kedua cara diatas dapat kamu lakukan pada aplikasi Whatsapp biasa maupun Whatsapp Bisnis. Sebagian Whatsapp Modifikasi juga dapat menerapkan cara-cara diatas. Daripada harus menghapus data aplikasi Whatsapp mending hapus aja sidik jari terinstal pada sistem.

Buat kamu yang punya ponsel dengan fingerprint yang udah mulai usang/rusak. Mending gak usah memakai penguncian dengan sidik jari ini. Untuk menghindari sidik jari tidak dikenali Whatsapp terjadi hingga tidak bisa dibuka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *