Perbedaan Android 12 Dan 12L

  • Droidinside
  • Apr 17, 2022

Apakah kamu sudah tahu perbedaan Android 12 dan 12L yang merupakan sistem operasi Android penerus Android 11? Cek apakah OS (Operating System) di ponsel Android kamu versi 12 biasa atau pake L? Ada beberapa hal yang membedakan antar keduanya. Kalau kamu tahu, tentunya bisa memaksimalkan fungsi ponsel Android kamu.

Karena ponsel baru yang rilis dengan Android 12 maupun hp yang kebagian sistem operasi tersebut bakalan dibagi jadi 2. Versi biasa dan versi L. Untuk mengetahui hal tersebut, berikut ulasannya dari Droidinside untuk kamu.

Perbedaan Android 12 Dan 12L

Dilansir dari sumber utama yaitu blog Android Developers, terdapat fitur dan perubahan pada Android 12L. Jadi admin disini memberikan penjelasan aja di Android 12 versi L nya saja. Soalnya yang 12 biasa pernah dibahas pada artikel lain dengan fitur-fitur yang menarik.

Perbedaan Android 12 dan 12L menurut admin sendiri, L itu adalah Large atau luas. Seperti yang dikemukakan oleh Android Developers, 12L membuat versi biasa Android 12 menjadi lebih kompatibel dan optimal pada layar lebih besar. Dari pernyataan tersebut berarti udah ketahuan kan perbedaan Android 12 dan 12L. Berikut ini perbedaan lainnya yang dibahas:

Multitasking Lebih Berpenampilan Menarik

Pengembang menambahkan fitur Taskbar baru sehingga hal ini akan mempermudah dalam berpindah aplikasi maupun program. Sangat cocok untuk mereka yang sering membuka beberapa aplikasi sekaligus dalam satu layar. Tentunya dukungan terhadap Picture And Picture maupun Floating Windows seharusnya akan lebih baik dari versi Android sebelumnya.

Melakukan multitasking lebih intuitif karena gesture pada sistem Android versi L ini lebih cepat untuk dioperasikan. Gunakan tarik, lepas untuk berpindah ke mode layar Split atau 2 jendela sekaligus. Taskbar bisa dimodifikasi sesuai keinginan yaitu aplikasi-aplikasi yang sering dibuka secara bersamaan. Jadi tidak seperti pada Android 12 biasa (Stock), untuk membuka aplikasi mungkin butuh keluar dulu. Lewat Taskbar, tinggal tekan tahan dan seret ke bagian layar sebelah samping.

Lebih Kompatibel Dengan Banyak Aplikasi

Peningkatan pada sektor kompatibilitas terhadap aplikasi dilakukan sama developer Android ini. Sehingga pengalaman membuka aplikasi lebih baik secara default tanpa harus mengutak-atik banyak hal. Aplikasi-aplikasi yang memang ditujukkan untuk versi Android 12 biasa dengan layar biasa juga, pastinya akan butuh perlakuan berbeda pada ponsel Tablet dengan layar lebih besar. Aplikasi akan disesuaikan dengan baik saat mengisi jendela layar, tulisan yang memanjang pas, dan rasio yang terbaik membuat penggunaan aplikasi tidak kaku.

Bar Notifikasi Mengisi Layar

Jika kita menemukan bar notifikasi berada di bawah akses cepat, perbedaan Android 12 dan 12L terletak disini. Android 12L akan menempatkan notifikasi dalam jendela baru atau gampangnya ada di sebelah kanan layar. Ini akan mengisi kekosongan pada bagian kanan layar. Kolom berisi notifikasi ini akan menyesuaikan bentuk tampilan layar saat digunakan pada tipe ponsel tertentu.

Mendukung Layar Split

Dukungan terhadap mode dua layar atau aplikasi akan menjadi sangat penting untuk layar yang lebih lebar. Kemungkinan besar, aplikasi yang tidak bisa Split Screen di versi Android 12 biasa akan menjadi lancar dan mudah di Android 12L. Perbedaan Android 12 dan 12L tersebut akan berpengaruh pada tampilan menu yang berjajar.

Mengatur Menu Dengan Tampilan Berjajar

Pada Android 12 biasa, kita masih harus tetap klik menu satu persatu di pengaturan/setelan. Di Android 12L, kita akan lebih dimudahkan dan lebih cepat. Pas lagi mengatur menu, sebelah kiri panel pengaturan dan sebelah kanan adalah panel yang diatur. Jadi gak perlu lagi klik satu persatu menu untuk mengganti Wallpaper, nada dering maupun pengaturan lainnya.

tampilan android 12L droidinside

Lebih Kompatibel Dengan Ponsel Lipat

Samsung Galaxy Z Flip misalkan merupakan salah satu ponsel lipat yang terkenal. Ponsel ini bisa dioperasikan dengan 1 layar potrait, kemudian bisa dibuka menjadi landscape. Perubahan dari penggunaan layar berdiri menjadi tidur atau lebih lebar ini membutuhkan sistem operasi khusus. Dalam hal ini, Android 12L menjawab kebutuhan tersebut.

Dirancang untuk tidak terjadi lag atau kurang smooth saat layar berubah mode. Ini merupakan perbedaan Android 12 dan 12L, dimana versi L dirancang untuk ponsel dengan dua mode layar. Pasalnya jenis ponsel ini bisa berubah bentuk.

Android 12L lebih baik bekerja pada ponsel dengan perubahan Screen Size, Device Posture dan Screen Rotation. Mampu bekerja dengan baik pada ponsel yang sedang terlipat atau dibuka lipatannya. Penggunaan versi Android ini akan meningkatkan respon dan menghindari kegagalan saat berubah mode dari portrait (biasa) ke mode tablet (lebar).

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.