Fitur Android 12 Menarik Untuk Diketahui

  • Droidinside
  • Des 23, 2021

Dengan fitur Android 12 yang dimilikinya, kamu bisa menentukan lokasi presisi maupun lokasi perkiraan saja untuk aplikasi tertentu. Jadi ketika GPS aktif, aplikasi tidak langsung menggunakan lokasi secara akurat. Melainkan hanya perkiraan saja disesuaikan dengan pengaturannya. Wah fitur privasi ini cukup bagus ya.

Selain itu, kamu juga bisa melihat indikator dibagian atas layar untuk kamera dan mic. Kalau ada aplikasi yang menggunakan keduanya, kamu jadi tahu. Sekarang gak bisa aplikasi sembunyi-sembunyi dalam menggunakan hardware berhubungan dengan privasi. Apakah hal tersebut membuat kamu cukup tertarik dengan fitur Android 12? Wajib coba sih kalau misalkan ponsel kamu kebagian update versi Android ini.

Android 12

Sebelum membahas fitur Android 12 yang menarik untuk kehidupan sehari-hari kita. Kenalan dulu sama si sistem Android generasi penerus dari Android 11. Versi Android ini punya nama dessert “Snow Cone” secara internal. Namun kita akan mengenalnya dengan nama Android 12. Rilis secara resmi Oktober 2021 lalu, sistem operasi ini mulai tersedia pada ponsel-ponsel yang mendapatkan update maupun jenis ponsel yang baru rilis.

Dari laman resminya, Android 12 membawa pengalaman yang lebih personal, aman dan tanpa beban. Makin enak aja di genggaman karena fitur yang dimilikinya. Kamu punya kontrol penuh atas desain dan privasi hanya dalam satu tangan. Hal ini didukung dengan desain UI yang lebih responsif berwarna “Color Reimagined” disandingkan aksesibilitas yang makin ciamik. Itu aja sih penjelasan secara simpel, untuk fitur nyata dibawah ini ya.

Fitur Android 12 Yang Menarik Untuk Diketahui

Selain fitur yang udah admin kasih spoiler diatas, fitur-fitur baru yang sangat penasaran untuk dicoba. Dibagi kedalam beberapa kelompok yaitu desain, fitur baru, dan peningkatan keamanan serta privasi. Untuk fitur-fitur tersebut ada dibawah ini:

tampilan android 12 dan fiturnya

1. Elemen Desain Material Baru

Desain dirombak hampir cukup banyak dari sistem operasi pendahulunya. Dengan desain material yang baru, kamu bisa memadukan berbagai elemen secara bersama-sama dalam layar. Berikut ini bagian yang berubah:

Widget Yang Lebih Banyak

Desain yang lebih baru dari versi sebelumnya diawali dengan penekanan pada Widget. Di Android 12 ini, akan ada banyak widget yang bisa kamu pasang. Keseluruhan Widget bisa dilihat dan diusap dengan mudah dengan lembut tanpa ada unsur lag. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan desain material atau warna kesukaan. Fitur Android 12 yang membuat layar utama jadi keren dan kamu banget ini tidak bikin lemot maupun menurunkan performa ponsel.

Warna Baru

Melalui Color Extraction, kamu kini bisa menyesuaikan warna tampilan dan UI berdasarkan wallpaper. Jadi sistem bisa memilih warna yang diekstrak dari wallpaper, membuatnya jadi satu paduan yang mempercantik layar.

Ubin Pengaturan Cepat

Sangat berbeda dengan model akses cepat di Android 11, pembaruan membawa tampilan Quick Access jadi persegi panjang yang lonjong. Kelebihannya, menu tersebut akan lebih mudah diakses dan terlihat estetik. Meskipun memakan cukup banyak ruang.

Tampilan Pengaturan

Ketika kamu membuka pengaturan, desain UI nya akan mirip seperti milik Samsung One UI. Dimana judul Pengaturan besar dibagian atas akan memakan cukup ruang. Sehingga untuk ponsel yang layarnya tinggi, pengaturan bisa diakses dengan mudah tanpa perlu menjulurkan jari ke atas.

Notifikasi, AOD, Dan Transisi

Tampilan Always On Display pada Android 12 berbentuk jam besar di bagian tengah layar (ketika layar kunci). Mungkin bentuknya jadi agak aneh tapi ini untuk tujuan kemudahan. Saat ada notifikasi masuk, jam kemudian mengecil ke arah pojok kiri atas dan notifikasi akan mengisi di bawahnya. Tidak lupa, Color Extraction tetap masih diterapkan pada layar kunci ini beserta transisi layar yang ciamik.

2. Fitur Baru Android 12

Selain desain yang lebih baru sebagai fitur Android 12 yang telah dijelaskan diatas. Kamu akan mendapatkan fitur baru yang meningkatkan kualitas hidup. Maksudnya gimana sih? simak dibawah ini:

Peningkatan Rotasi Otomatis

Fitur ini pada versi android sebelumnya cukup menjengkelkan. Soalnya ketika tidur dan rotasi layar otomatis hidup. Maka gambar tidak menyesuaikan posisi tidur kamu atau malah menyulitkan. Android 12 melakukan deteksi wajah dengan penggabungan sensor Accelerometer. Sehingga meskipun Auto Rotate hidup, kamu tiduran sambil maen hp layarnya bakalan gak ikut berputar. Cukup berguna ya untuk meningkatkan kualitas hidup.

Fitur Pencarian Canggih

AppSearch atau pencarian aplikasi biasanya hanya memunculkan aplikasi yang terpasang saja. Namun sekarang ditingkatkan, misalkan kamu mencari sebuah kata yang ada pada aplikasi catatan. Kata tersebut akan muncul tanpa perlu kamu membuka aplikasi tersebut. Fitur pencarian ini bisa memudahkan dalam pencarian data dalam aplikasi.

Berbagi Sandi Wifi Dengan Kode QR

Fitur Android 12 selanjutnya yang sebenarnya telat adalah Wifi Sharing. Karena sudah ada di ponsel Xiaomi, namun setidaknya bagi pengguna Android Pure/Stock bisa lebih mudah dalam berbagi sandi Wifi hanya dengan melakukan scan barcode.

Mode Satu Tangan

One Handed Mode seringnya ada pada ponsel dengan merek dan User Interface khusus. Kamu bisa menikmati layar menjadi separuh untuk dioperasikan menggunakan satu tangan saja. Untuk layar ponsel yang tinggi/panjang, sekarang lebih mudah untuk dioperasikan.

Dukungan Media Insertion

Melalui fitur baru ini, kamu bisa melakukan copy paste konten seperti gambar, gif dan sejenisnya. Jadi gak melulu bisa copy paste tulisan/teks aja. Fitur ini mungkin banyak dicari sama orang-orang. Karena mengirim gambar gak perlu mendownload lalu mengupload. Keyboard akan membantu kamu menyimpan gambar untuk bisa disisipkan dengan mudah dan langsung.

Saran Ikhtisar

Memiliki nama “Suggestion Overview” dimana akan ada pop up pesan tentang saran apa yang harus kamu saat membuka Recent Apps (tombol kotak navigasi). Misalkan kamu membuka Chrome, saat Recent Apps ditekan maka akan muncul pesan untuk menyalin alamat situs saat itu. Fitur ini benar-benar memudahkan hidup ya.

Haptic Feedback

Ponsel android kamu bakalan ikut getar pas lagi maen game (misalnya). Dipadukan dengan fitur audio, Haptic ini juga termasuk fitur iPhone untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Hibernasi Aplikasi

Aplikasi dengan perizinan tertentu bisa dihapus secara langsung. Jadi aplikasi akan menjadi nonaktif dengan memutus perizinan yang dimilikinya. Fitur Android 12 yang baru ini dapat menghemat penyimpanan, mencegah pencurian dan bisa dibuka lagi kapan saja saat dibutuhkan.

Dan fitur Android 12 baru tambahan lainnya:

  • Game mode
  • Mendukung gambar ekstensi AVIF
  • Suara multi channel
  • Mendukung tampilan yang lebih besar seperti Tv dan Tablet
  • Picture in Picture ditingkatkan
  • Project Mainline

3. Fitur Keamanan Dan Privasi

Fitur Android 12 tidak jauh berbeda pada versi android sebelumnya yang fokus pada privasi dan keamanan pengguna. Dengan beberapa peningkatan:

Dasbor Privasi

Disini akan lebih mudah mengecek aplikasi apa saja yang menggunakan sensor biometrik dan perizinan tertentu. Tampilan diagram pie mengidentifikasi berapa banyak aplikasi menggunakan fitur privasi dan perizinan. Akan sangat mudah menghapus perizinan aplikasi mencurigakan termasuk aplikasi yang mencuri data lewat kamera dan mic.

Indikator Kamera Dan Mic

Ketika kedua fitur ini digunakan oleh aplikasi, maka muncul icon di bagian atas layar. Icon ini menunjukkan bahwa privasi kamu bisa terancam apabila digunakan oleh aplikasi yang tidak diinginkan. Fitur Android 12 ini memudahkan kamu mendeteksi apakah sebuah aplikasi yang seharusnya tidak menggunakan mic dan kamera sudah sesuai atau belum. Jika aplikasi seharusnya tidak menggunakan kamera, maka bisa dicurigai mencuri data kamu.

Lokasi Perkiraan

Kamu bisa mengaktifkan lokasi presisi (akurat) maupun lokasi perkiraan (tidak akurat). Lokasi sangat penting bagi privasi seseorang. Ini akan membuat kita aman berbagi lokasi dengan orang lain atau aplikasi.

Tambahan fitur Android 12 untuk keamanan lainnya:

  • Aplikasi bisa scan bluetooth tanpa menghidupkan lokasi
  • Pembatasan sensor perangkat
  • Aplikasi kini tidak bisa membaca Netlink MAC Address
  • Android Compute Core

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.