Tips Ubah Pengaturan Game Samsung (3 Mode)

  • 3 min read
  • Mar 31, 2021
pengaturan game samsung

Kamu bisa sesuaikan pengaturan game Samsung dengan aplikasi Game Booster yang dimilikinya. Seperti layaknya aplikasi Booster untuk game pada ponsel pintar biasa, bisa digunakan untuk meningkatkan performa. Namun pada Game Booster Samsung ini ada hal yang cukup berbeda dari yang lainnya. Apa sih yang beda dari Game Booster Samsung ?

Memaksimalkan Pengaturan Game Samsung

Berbeda pada Game Booster yang lainnya, Samsung punya ciri khas tersendiri. Aplikasi yang dimilikinya memuat beberapa pengaturan yaitu Fokus pada Performa (Focus On Performance), Balanced (Seimbang), dan Fokus pada Hemat Daya (Focus On Power Saving).

Tidak seperti pada Xiaomi yang sudah pasti memfokuskan game yang masuk pada Booster dengan performa yang tinggi dan mungkin menguras baterai lewat pengoptimalannya.

Aplikasi Game Booster ini tersedia pada ponsel Samsung yang memakai One UI 2.0 keatas. Seperti pada Galaxy M series dan A series yang sejak lahir tersematkan antarmuka tersebut. Sebelum itu, kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu baru bisa menyetel game yang akan dimainkan.

Cara Mengaktifkan Game Booster Samsung

Sebelum mengubah pengaturan Game Samsung, kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Game Launcher yang dimiliki Samsung dapat muncul lewat langkah-ini:

  • Buka Pengaturan (Settings) lewat menu atau ikon Gear akses cepat
  • Fitur Lanjutan
  • Klik untuk mengaktifkan Game Launcher
  • Apabila muncul pesan Tambahkan ke Layar Awal
  • Ketuk Tambahkan
    cara aktifkan game launcher samsung
  • Game Booster Samsung akan muncul di bagian layar utama

Jika belum diaktifkan, maka Game Launcher atau disebut dengan Game Booster tidak muncul dan tidak dapat digunakan.

Mengubah Pengaturan Game Samsung

Setelah mengaktifkannya, selanjutnya adalah inti dari artikel ini. Mengubah pengaturan untuk sebuah game atau secara umum sesuai dengan keinginan kita. Langkah untuk mengatur Mode untuk semua Game atau aplikasi yang dimasukkan ke Game Launcher secara umum yaitu:

  • Buka aplikasi Game Launcher dari layar utama
  • Klik pada ikon Jam di bagian bawah kanan
  • Gerakkan tombol untuk memilih salah satu dari ketiga mode
  • Kamu bisa menggeser sesuai keinginan kamu
  • Klik Terapkan (Apply)

Selanjutnya, pada Game Launcher milik Samsung yang lebih baru. Kamu bisa mengubah sesuai dengan permainan tertentu untuk disetel sesuai keinginan. Jadi pengaturan untuk satu game dengan game yang lainnya bisa berbeda-beda.

Terdapat setelan Graphic Quality, Max FPS, Brightness dan bisa menentukan langsung untuk Balance, Max FPS, High Quality. Kamu bisa menyesuaikan dengan kenyamanan saat bermain game.
cara mengaktifkan game mode samsung

Beberapa orang mungkin mencari setelan pengaturan Game Samsung Custom/manual untuk setiap game yang berbeda. Akan tetapi setiap ponsel akan berbeda tergantung dengan kondisi sinyal, banyaknya aplikasi terinstal dan lainnya.

Penutup

Untuk optimasi bermain game yang lebih nyaman terdapat pengaturan Game Samsung melalui Game Launcher. Untuk pengalaman yang lebih baik kamu bisa memilih:

  • Focus On Power Saving: Akan memberikan limit pada performa untuk menghemat baterai (mungkin kalau kamu memilih ini, kamu masih tetap bisa bermain game akan tetapi performa akan turun)
  • Balanced: Pengaturan Game Samsung ini akan menyeimbangkan antara performa dan penggunaan baterai
  • Focus On Performance: Ini akan cukup menguras baterai namun lebih baik untuk performa game

Kalau menurut admin, akan selalu memilih Focus On Performance dan digunakan saat ponsel prima (baterai penuh dan kondisi sinyal bagus). Karena admin jarang bermain game saat baterai ponsel tinggal sedikit.

Setelan yang kamu pilih akan sangat berpengaruh pada jalannya permainan atau game yang dijalankan. Bisa saja karena memang adanya Error sistem setelah update, pilihan Balance bukanlah yang terbaik. Fokus pada performa bisa kamu pilih untuk mengatasi berbagai hal ini.

Agar Game Booster milik ponsel Samsung kamu punya fitur yang lebih banyak, kamu bisa update terlebih dahulu ke versi yang paling baru. Sehingga bisa lebih banyak setelan seperti yang dijelaskan diatas. Untuk ponsel dibawah tahun 2019 mungkin tidak mendapatkan jenis Game Booster ini.

Oh iya, sebagai tambahan informasi beberapa game tidak menganjurkan penggunanya untuk memakai Game Booster. Mihoyo dengan Genshin Impact nya misalnya, akan membanned pengguna yang menggunakan aplikasi ilegal. Bahkan disana disebutkan bahwa aplikasi Booster sekalipun yang bawaan tetap dapat dihitung program ilegal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *