Cara Mudah Aktifkan Panggilan Wifi Samsung Galaxy | Droidinside

Cara Mudah Aktifkan Panggilan Wifi Samsung Galaxy

  • 2 min read
  • Okt 20, 2020
panggilan wifi samsung galaxy

Pernahkan kamu mendengar panggilan Wifi Samsung Galaxy ? Wifi-Calling merupakan nama dalam bahasa inggris dimana kamu bisa menikmati menelpon dengan gratis.

Panggilan Wifi

Panggilan Wifi merupakan sebuah fitur dimana kamu bisa melakukan panggilan suara maupun panggilan video melalui koneksi WIfi. Wifi Calling dapat mengatasi berbagai masalah jaringan telepon yang lemah atau tidak tersedia.

Konsepnya berbeda dengan panggilan suara/video menggunakan aplikasi seperti Whatsapp atau Skype. Namun, panggilan ini merupakan panggilan melalui operator seluler. Karena menggunakan koneksi Wifi, maka kecepatannya sudah pasti bisa diandalkan. Apalagi infrastruktur wifi sudah sampai ke frekuensi 5 GHz.

Sama seperti kamu menelpon menggunakan pulsa, penyedia layanan akan membutuhkan biaya tambahan. Lewat Wifi, kamu bisa berkomunikasi layaknya menelpon dengan pulsa. Akan tetapi, tidak keseluruhan operator seluler mendukung fitur ini.

Sudah sejak lama Amerika telah mendukung panggilan melalui Wifi. Di negara India, operator Airtel dan Jio juga sudah memberikan dukungan penggunaan fitur ini. Saat kamu berada di luar negeri, dukungan fitur ini akan sangat membantu kamu untuk berkomunikasi.

Panggilan yang merupakan transfer data akan dilewatkan melalui jaringan Wifi. Kemudian diteruskan ke operator seluler sehingga saling terhubung antar pengguna operator seluler.

Fitur tersebut dewasa ini terus dikembangkan karena cukup menguntungkan kegiatan manusia. Apabila sinyal seluler lemah, maka bandwith Wifi akan digunakan untuk mentransfer data untuk melakukan komunikasi antar ponsel. Sebaliknya juga begitu, jika Wifi lemah, jaringan seluler akan digunakan seperti biasa. Apakah fitur ini tersedia juga pada ponsel Samsung Galaxy ?

Panggilan Wifi Samsung Galaxy

Selain dukungan operator, hanya android 6.0 keatas/lebih baru yang mendukung fitur ini. Salah satunya adalah panggilan Wifi Samsung Galaxy dengan OS 6.0 keatas semuanya sudah bisa melakukannya. Jadi kamu bisa mendapatkan keuntungan apabila tersedia dukungan Wifi Calling kamu bisa menggunakannya di ponsel Galaxy kamu.

Ponsel seperti seri Samsung Galaxy (keseluruhannya) secara otomatis akan memilih melakukan panggilan Wifi atau panggilan melalui jaringan operator biasa. Fitur ini cukup menarik untuk diperhatikan, namun kamu harus mengaktifkannya dahulu.

Aktifkan Panggilan Wifi Samsung Galaxy

Untuk menghidupkannya ada beberapa langkah yang mungkin bisa berbeda-beda pada seri Samsung Galaxy. Namun intinya adalah membuka panggilan lalu setelan panggilan dengan Wifi. Dari situlah kamu bisa dengan mudah kamu bisa mengaktifkan fitur ini. Secara umum langkahnya:

  • Buka Papan Panggilan (Dial Pad) atau Phone
  • Pada pojok kanan atas, klik tiga titik
  • Klik Pengaturan (Settings)
    hidupkan panggilan wifi samsung
  • Geser ke bawah dan temukan Wi-Fi Calling
  • Gulir/klik untuk mengaktifkan
  • Klik Aktifkan/Turn On
    hidupkan panggilan wifi samsung galaxy

Pada beberapa ponsel, akan ada menu Roaming Network Preference (Jaringan Pilihan Roaming). Biasanya terdapat:

  • Cellular Preferred: Pilihlah untuk kasus, meskipun ada jaringan Wifi, jaringan seluler akan tetap digunakan.
  • Wi-Fi Preferred: Pilihlah jika meskipun ada sinyal jaringan seluler, Wifi akan tetap digunakan

Dan juga pada beberapa Samsung Galaxy, ikon Panggilan Wifi sudah ada pada Quick Access Bar. Sehingga bisa diklik saja untuk mengaktifkan dan menonaktifkan.

Penutup

Jika kamu belum tahu apakah kamu bisa melakukan Wifi Calling di android layaknya panggilan Wifi Samsung Galaxy. Telkomsel sebagai operator tercinta di negeri ini, sejak beberapa tahun yang lalu telah mendukung fitur android ini.

Kamu mungkin bisa melakukan panggilan tanpa pulsa ini di gerai Wifi ID atau tempat yang telah terpasang Wifi Indihome. Bisa gratis dan mungkin bisa berbayar sesuai dengan kebijakan dari operator seluler.

Adapun jika membayar, yang terpotong mungkin pulsa. Seperti layaknya kamu melakukan panggilan biasa. Bagaimana? apakah informasi panggilan Wifi Samsung Galaxy ini berguna?

Tinggalkan Komentar!