Cara Mengetahui HP Support Wifi 5 Ghz | Droidinside

Cara Mengetahui HP Support Wifi 5 Ghz

  • 3 min read
  • Feb 13, 2020
HP Support 5 Ghz Wifi Discover

Droidinside.comKamu perlu tahu Cara Mengetahui HP Support Wifi 5 Ghz – Wifi atau disebut WLan atau singkatannya Wireless Lan merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan kamu dapat bertukar data tanpa kabel. Dewasa ini makin banyak perangkat wifi yang digunakan dalam jaringan menggunakan standar frekuensi 5Ghz. Apa itu frekuensi 5Ghz? Seberapa Cepat? dan apa hubungannya dengan hp kita apabila sudah mendukung atau support wifi tersebut?

Cara Mengetahui HP Support Wifi 5 Ghz

HP Support 5 Ghz Wifi Discover

Wifi Hadir Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kita pasti sudah sering secara sengaja menghidupkan koneksi wifi di sebuah tempat. Entah itu tempat makan, mall, maupun di kelas saat kita menerima pelajaran dari guru/dosen. Kalau ada wifi gratis di tempat umum, kita pakai, pasti akan mengurangi beban data seluler bulanan yang kita beli. Wifi juga bisa disediakan dari HP mu maupun HP temenmu, lewat data seluler jaringan internet didapat. Yakin ikhlas ngasih hotspot ke temen?

Wifi yang beredar di sekitar kita umumnya memiliki frekuensi 2.4 Ghz. Artinya pemancar wifi memiliki frekuensi 2.4 Ghz dan penerima sinyal tersebut harus punya frekuensi yang sama. Tapi, selain di hp kita, banyak sekali perangkat yang menggunakan frekuensi 2.4 Ghz seperti microwave dan pembuka pintu garasi otomatis. Bayangin aja, pas lagi enak-enak an nge push rank pakai koneksi wifi malah keganggu koneksinya sama temen yang lagi manggang roti pake microwave di dapur ? Karena saking banyaknya, peralatan yang menggunakan frekuensi tersebut, dapat mengganggu kinerja koneksi yang dipakai oleh kita.

Sekilas Tentang Wifi 5 GHz

Frekuensi wifi 5 Ghz menawarkan solusi buat kamu yang ingin lebih stabil kalo lagi pake internet. Kenapa? Pasalnya belum banyak peralatan rumah tangga dan bahkan pemancar wifi yang menggunakan frekuensi ini. Bahkan sesuai dengan angka yang lebih besar dari 2.4 Ghz, frekuensi ini dapat mendukung transfer data sampai 1300 Mbps. Dibanding frekuensi 2,4 Ghz yang cuma sampai 450 – 600 Mbps. Transfer data lebih cepat dan lebih banyak dari router wifi ke HP kamu tanpa gangguan. Tapi, frekuensi 5 Ghz lemah di luas jangkauan dan kemampuan menembus benda-benda solid seperti tembok, berbeda dengan frekuensi 2,4 Ghz. Kebutuhan penggunaan jenis frekuensi wifi oleh mereka, biasanya disesuaikan dengan wilayah/area yang dijangkau dan pilihan akan penggunaan koneksi yang tanpa gangguan. Untuk itu kamu perlu mengerti cara cek wifi 5ghz.

Tutorial Cara Mengetahui HP Support Wifi 5 GHz atau tidak

Lantas bagaimana cara mengetahui  HP mu mendukung Wifi 5 Ghz atau tidak?
HP yang mendukung jaringan wifi 5 Ghz dari produk Apple adalah mulai Iphone 5 sampai terbaru. Samsung dimulai sejak Galaxy S2 sampai terbaru, Nokia 6 juga sudah mendukung. Xiaomi Mi 4c sudah support, seri Redmi baru di Redmi Note 5 Pro dan penerusnya. Umumnya HP yang mendukung jaringan ini adalah kelas menengah ke atas.

Cara pertama mengetahui HP support Wifi 5 GHz, cek merek dan tipe ponsel kamu di https://gsmarena.com/ .

Misal admin nyari Nokia 6.1 Plus, kamu bisa nyari ponsel kamu juga disitu.

Cara Mengetahui HP Support Wifi 5 GHz

Langsung aja ke bagian Comms, dibagian Wlan kamu bisa lihat. Apakah ada tulisan “ac” atau tulisan “dualband”. Jika salah satu atau salah dua tulisan tersebut ada dalam spesifikasi ponsel kamu, maka bisa dipastikan ponsel kamu mendukung wifi frekuensi 5 Ghz.

Mengetahui HP Support Wifi 5 Ghz

Mengetahui HP Support Wifi 5 Ghz dualband

Spesifikasi tersebut memberikan informasi apakah HP Support Wifi 5 GHz

Cara kedua, langsung buat tethering atau hotspot lewat ponsel kamu. Untuk mengetahui Support 5 GHz

Cek pada pilihan Pita AP, atau pita. Kamu bisa memilih salah satu untuk diaktifkan, atau semua dipilih sehingga HP Support Wifi 5 GHz lain dapat mendeteksi Hotspot kamu.

HP Support Wifi 5 Ghz 2

Jika ada dua pilihan 2,4 Ghz dan 5 Ghz dapat dipastikan ponsel kamu mendukung wifi kenceng ini. Dengan mengetahui apakah HP Support Wifi 5 Ghz atau tidak, ini akan memberikan kecepatan yang optimal dalam berselancar dengan Wifi.

Ponsel admin Redmi 4x dan MaxPro M1 pun belum support frekuensi ini, namun tidak masalah sih, kamu bisa melihat review dua ponsel ini deh di blog ini. Untuk kalian yang pengen ngerti cara agar hp support wifi 5ghz, hal ini adalah Hardware dan bukan software semata, seperti layaknya komponen 4G. Kamu tidak bisa melakukannya tanpa penggantian hardware yang support wifi 5ghz di ponsel kalian.

Setelah kalian sudah paham cara Mengetahui HP Support Wifi 5 Ghz lalu kalau ponsel kamu ketahuan sudah mendukung koneksi ini, lantas dimana kamu bisa dapat frekuensi wifi 5 Ghz ini?

Frekuensi wifi ini bisa kamu dapatkan di Telkom Wifi Id terdekat di kota mu. Biasanya disana menyediakan 2 jenis frekuensi wifi yang cocok dengan HP kamu.

 

Post Terkait :

Tinggalkan Komentar!