Apa Fungsi Paksa Ukuran GNSS Penuh ?

  • 3 min read
  • Apr 06, 2021
paksa ukuran gnss penuh

Salah satu opsi pengembang adalah paksa ukuran GNSS penuh. Sebenarnya apa sih maksud dari GNSS ini dan apakah aman untuk diaktifkan pada Developer Options serta apa manfaatnya kalau diaktifkan? Droidinside bakalan ngasih penjelasan mudahnya untuk kamu.

GNSS Pada Opsi Pengembang

GNSS adalah singkatan dari Global Navigation Satellite System yang merupakan kumpulan satelit di angkasa yang menyediakan sinyal Lokasi/Posisi. Di android biasanya kita kenal dengan GPS (Global Positioning System) untuk menentukan lokasi.

Satelit akan mengirimkan sinyal ke hardware GNSS atau GPS penerima di hp kita. Untuk kemudian diproses sehingga lokasi dapat ditentukkan secara akurat. Semakin banyak hardware penerima sinyal GPS di hp, maka akan semakin bagus karena dapat menangkap sinyal satelit untuk lokasi yang lebih akurat.

Spesifikasi GPS pada ponsel di GSM Arena biasanya menuliskan berapa banyak hardware penerima sinyal sebuah hp. Apalagi ponsel android yang memiliki spesifikasi Dual GPS. Lebih akurat lagi dalam penentuan lokasi.

Mengapa Ada Paksa Ukuran GNSS Penuh Di Opsi Pengembang ?

Perkembangan teknologi semakin mempermudah manusia dengan sistem yang diciptakan. Untuk dapat memenuhi teknologi Internet Of Things (IOT), GPS pada ponsel akan sangat dibutuhkan fungsinya.

Pengembang android menghadirkan fungsi pemaksaan GNSS secara penuh atau dalam bahasa inggris Force Full GNSS Measurements. Tujuannya adalah tidak lain untuk keakuratan lokasi ponsel.

Sejak Android 7.0, fitur ini sudah ada hingga pada Android 9.0 terus disempurnakan. Fungsi ini mungkin hanya berguna untuk sebagian orang karena berhubungan dengan pengukuran lokasi yang sangat akurat.

Masalah Dalam GPS Android

Sistem penentuan lokasi atau GNSS pada android jika kita lihat seksama dapat digunakan secara Realtime. Artinya ketika kita berjalan atau mengemudi titik lokasi kita ikut bergerak. Memang untuk tujuan mengemudi GPS dengan keakuratan sampai 5-10 meter masih dapat diandalkan.

Akan tetapi faktanya GPS pada ponsel tidaklah bekerja setiap detik. Ponsel android adalah perangkat pintar yang akan menghemat penggunaan baterai. Siklus GPS hidup adalah mati dan hidup pada selang beberapa waktu dalam ukuran detik.

Ini akan menjadi masalah apabila kamu ingin mengukur lokasi pembangunan sebuah gedung. Keakuratan lokasi android memang tidak sedetail itu, namun untuk melakukan survey atau pengumpulan data lokasi android bisa juga digunakan. Nah untuk mengatasi GPS yang hidup dan mati alias tidak selalu on hadirlah opsi paksa ukuran GNSS penuh. Lokasi akan semakin akurat karena GPS/GNSS akan selalu hidup dan tidak terpengaruh oleh sistem penghemat baterai android.

Manfaat Aktifkan Paksa Ukuran GNSS Penuh/ Force Full GNSS Measurements

Poin-poin pentingnya nih kalau Force Full GNSS Measurements kamu aktifkan:

  • Lokasi lebih akurat (untuk tujuan pengambilan data lapangan/survey)
  • Membuka akses GPS yang dibatasi oleh android
  • Mengumpulkan data GNSS Mentah lebih penuh dan tidak terpotong-potong (tujuan survey atau penentuan lokasi)
  • Meningkatkan keakuratan lokasi hingga 1 meter

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengaktifkan paksa ukuran GNSS penuh. Bahkan bisa menunjukkan lokasi sampai ukuran dibawah 1 meter bahkan Centimeter.

Coba kamu bayangkan deh nanti bagaimana saat teknologi IOT sudah ada disekitar kita. Bahkan kita bisa tahu lokasi hp kamu yang mungkin ketinggalan atau jatuh di kolong meja. Bahkan sampai dalam jarak rentang satu meter kamu bisa menemukannya.

Jika ponsel kamu dicuri, saat pelacakan lokasi bahkan tidak cuma dalam rentang kilometer. Kamu bisa sampai tahu lokasi pemegang hp akurat dalam 1 meter, jadi bisa tahu lagi di dapur atau di kamar.

Peningkatan Keakuratan Lokasi

Untuk mencapai keakuratan sampai 1 meter, dibutuhkan ponsel android yang memiliki spesifikasi Dual GPS. Ponsel tersebut dapat menerima 2 sinyal satelit atau sinyal lokasi dari 2 pemancar sekaligus. Biasanya ponsel High End atau diatas 5 juta setidaknya memilikinya.

Ponsel Dual GPS pun sebenarnya juga memiliki kekurangan apabila opsi paksa ukuran GNSS penuh tidak diaktifkan. Karena terhalang oleh sistem android untuk memperpanjang usia baterai.

Penutup

Setelah kamu tahu fungsi Force Full GNSS Measurements di Developer Options ponsel android, pastinya mengerti juga kekurangannya. Keakuratan lokasi membutuhkan daya baterai yang mungkin tidak sedikit. Saat opsi ini diaktifkan, penggunaan baterai pasti akan menjadi boros.

Info disertakan dibawah opsi ini, Lacak semua konstelasi dan frekuensi GNSS tanpa siklus tugas adalah untuk membuka akses ke GPS tanpa ada pembatasan akibat penghematan baterai. Pengambilan data lokasi tidak akan mengalami masalah/gap.

cara mengaktifkan gnss di android

Jadi bagaimana ? Untuk kamu surveyor atau pengumpul data pakai lokasi GPS di android. Peneliti lapangan atau sedang meneliti bumi kayaknya wajib deh menghidupkan paksa ukuran GNSS penuh pada opsi pengembang yang satu ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *