Fungsi Dan Tips Gunakan Paksa Mode Desktop

  • 3 min read
  • Mei 30, 2021
paksa mode desktop

Apakah kamu sudah tahu fungsi Paksa Mode Dekstop yang ada di Opsi Pengembang? Jika belum, Droidinside akan memberikan informasinya dan kegunaan yang bisa kamu manfaatkan.

Developer Options merupakan memiliki menu-menu super yang bisa digunakan untuk meningkatkan pengalaman penggunaan ponsel android. Seperti halnya mengaktifkan paksa GPU untuk grafis bermain game yang lebih baik hingga pengaktifan GNSS Penuh dalam keakuratan lokasi. Bagaimana dengan Paksa Mode Desktop?

Apa Saja Fungsi Paksa Mode Desktop

Dalam bahasa inggris memiliki arti Force Desktop Mode yang secara kasar bisa diartikan dengan memaksa tampilan ke mode Desktop dalam hal ini adalah perangkat komputer atau laptop.

Fitur opsi pengembang yang satu ini hadir pada ponsel dengan sistem Android 10. Jadi kamu gak bakalan nemu menu pada versi android di bawahnya. Namun seringkali ada yang belum mengetahui apa maksud dari Force Desktop Mode.

Mode Desktop adalah sebuah fitur yang dapat mengkoneksikan ponsel android ke tampilan eksternal seperti proyektor atau layar LCD. Selain menghubungkan, mode ini apabila diaktifkan dapat membuat tampilan ponsel seperti Laptop/Komputer Desktop.

Pada opsi ini terdapat informasi dibawahnya yaitu “Force Experimental Desktop Mode On Secondary Display”. Artinya memaksa mode Desktop pada tampilan sekunder.

Ketika kita mengkoneksikan ponsel ke tampilan luar, maka biasanya tampilan akan seperti biasa kita menggunakan android alias potrait. Jika fungsi ini diaktifkan, maka ponsel android kamu bakal memiliki tampilan seperti layar komputer saat dikoneksikan dengan proyektor, tv atau layar sekunder lainnya.

Bentuknya akan seperti komputer dengan Windows dengan orientasi Landscape atau layar memanjang ke samping. Manfaatnya sudah pasti kita akan lebih enak menggunakan layar android karena lebar seperti Desktop. Namun ada manfaat lain dari penggunaan Developer Options yang satu ini.

Mengubah Tampilan Aplikasi

Jika kamu pengguna ponsel Infinix dengan Android 10 keatas. Apabila Paksa Mode Desktop diaktifkan, kamu bisa mengubah tampilan Facebook kamu menjadi seperti menggunakan Desktop/komputer. Seperti di bawah ini hanya dengan mengaktifkannya dan merestart ponsel:

fungsi paksa mode desktop android
Sama halnya seperti aplikasi lain yang akan menjadi mode Desktop apabila aktif. Ini hanya berlaku untuk ponsel Infinix sejauh yang admin ketahui. Karena pada ponsel lain tidak dapat mengubah tampilan Facebook menjadi seperti itu.

Mengubah Tampilan Android Jadi Landscape Saat Cast

Biasanya ketika kita menghubungkan ponsel dengan layar, TV, proyektor dan layar sekunder sejenis lainnya. Proses ini biasanya dinamakan Cast (karena bisa menggunakan aplikasi Cast Layar).Ponsel kita akan ditampilkan secara layar berdiri (potrait). Ketika diaktifkan, tampilannya akan otomatis menjadi tidur (Landscape).

tampilan force desktop mode android

Memaksimalkan Samsung Dex Dan Huawei Easy Projection (Fitur Cast Lainnya)

Jika ponsel Samsung yang kamu miliki bukanlah seri High End/Flagship. Maka fitur Samsung Dex tidak akan muncul. Menggunakan Paksa Mode Desktop akan membuat ponsel kamu memiliki tampilan seperti Dex saat terhubung ke layar sekunder. Tampilannya akan bagus daripada sekedar Cast biasanya. Mengaktifkan Smart View pada ponsel Samsung maka tampilan layar seperti layaknya menggunakan Komputer pribadi (dibarengi dengan Mouse dan Keyboard).

Kekurangan Menggunakan Fitur Paksa Mode Desktop

Dalam informasi yang dimuat pada menu Opsi Pengembang, mode ini masih bersifat eksperimental. Artinya belum sempurna dapat digunakan dan tentunya kedepan bakalan bisa digunakan untuk tujuan user experience yang lebih baik.

Saat mode ini diaktifkan, tidak semua aplikasi mendukung Desktop Mode. Bisa tiba-tiba Force Close/keluar sendiri atau bahkan tiba-tiba memutus koneksi antar ponsel dengan perangkat layar.

Kamu memang akan menikmati tampilan Desktop yang cukup mudah dioperasikan layaknya komputer. Namun penggunaanya akan patah-patah karena opsi ini hanya memaksa saja. Karena belum sempurna, paksa pada sistem dapat membuat penggunaan tidak lancar.

Tidak semua ponsel android mendukung fitur Cast yang ditunjang dengan fungsi ini. Setidaknya harus ber-OS ANdroid 10, mendukung Display Port Alt Mode, dan USB Type C. Belum lagi Google mematikan fitur Cast ini pada beberapa ponsel android.

Penutup

Paksa Mode Desktop memang memiliki kekurangan dan kelebihan tertentu. Mungkin tidak terlalu penting bagi beberapa orang dan juga masih dalam tahap pengembangan oleh developer. Dan bahkan mungkin saja sampai Android 11 belum hadir.

Jika melihat secara seksama, fitur Paksa Mode Desktop ini merupakan sebuah pengembangan untuk menghubungkan komputer dengan android. Kedepanya sudah pasti nanti kita bisa melakukan presentasi dengan mudah melalui android tanpa harus ribet dan tampilan ponsel akan sama dengan Desktop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *