Nonaktifkan Volume Absolut Dan Manfaatnya

  • 2 min read
  • Feb 11, 2021
nonaktifkan volume absolut

Pernahkah kamu memutar lagu via bluetooth lalu kok terdengar pelan ? Mungkin perlu mengaktifkan nonaktifkan volume absolut untuk atasi suara speaker bluetooth kecil. Sebuah menu yang ada di opsi pengembang ini dapat mengatasi masalah tersebut.

Berbagai setelan berhubungan dengan bluetooth ada di Developer Option. Seperti mengubah Codec dan mengaktifkan Log Snoop HCI bluetooth. Opsi tersebut cukup berguna untuk memaksimalkan fungsi bluetooth yang ada di ponsel kamu. Lalu bagaimana dengan nonaktifkan volume absolut ?

Fitur Nonaktifkan Volume Absolut

Biasa disebut dalam bahasa inggris, Disable Absolute Bluetooth Volume adalah sebuah pilihan di pengaturan lanjutan yaitu opsi pengembang. Fitur ini dapat bekerja dengan baik atau berguna untuk perangkat yang kompatibel. Fitur ini berhubungan dengan setelan keras kecilnya suara yang dihasilkan perangkat bluetooth tersambung.

Fitur ini tersedia sejak android Lollipop atau sekitar tahun 2015. Bertujuan untuk dapat mengatur volume suara kedua perangkat, baik ponsel maupun perangkat bluetooth. Kedua perangkat ini biasanya memiliki pengaturan volume sendiri-sendiri.

Berbeda dengan perangkat suara seperti loudspeaker atau headset, biasanya kontrol volume hanya ada 1. Yaitu pada ponsel terkhusus pada IEM atau earbuds. Dengan terpisahnya pengelolaan volume ini, developer android mengembangkan fitur volume absolut.

Fitur android ini bekerja dengan mengirim sebuah informasi ke ponsel, kemudian mengubah informasi suara. Untuk kemudian dicocokkan dengan volume yang ada pada perangkat bluetooth. Sehingga keduanya akan menjadi satu kontrol volume yaitu pada ponsel saja. Volume suara yang akurat antara dua perangkat tercapai ini akan memberikan beberapa manfaat.

Manfaat Dan Kekurangan Volume Absolut

Hal positif yang kamu dapatkan dari fitur ini hidup adalah jika ada orang yang mengotak atik volume speaker bluetooth, maka akan ada notifikasi volume di ponsel yang berubah. Fitur ini mencoba untuk menyamakan volume, layaknya ponsel dengan speakernya sendiri. Sehingga jika ingin mengecilkan atau membesarkan volume, cukup dari ponsel saja tanpa harus mengubah di speaker.

Kekurangan yang bisa dihadapi pengguna adalah ada begitu banyak jenis produk speaker/headset bluetooth. Dan kesemuanya belum tentu mendukung fitur absolut volume. Volume yang tidak sesuai antar ponsel dengan perangkat penyuara akan terjadi. Seperti volume masih 1/4 di ponsel tetapi di speaker terdengar sudah sangat keras. Ketika ditambah, hanya memperkeras sedikit speaker. Artinya tidak terjadi kecocokan antara ponsel dan speaker.

Karena secara default kontrol volume absolut ini aktif. Ada beberapa ponsel baru yang mengalami masalah suara speaker bluetooth kecil. Sehingga perlu dinonaktifkan untuk mengembalikan fungsi agar suaranya keras.

Mematikan Fitur Nonaktifkan Volume Absolut

Secara default volume absolut diaktifkan, maka perlu dimatikan jika dibutuhkan. Dengan mengaktifkan opsi developer, kamu bisa mengakses menu ini,

  • Pada bagian Jaringan (beberapa ponsel)
  • Klik/Gulir untuk mengaktifkan
  • Berarti kamu menonaktifkan volume absolut

Pengaturan ini bisa langsung dicari dengan kata kunci di setelan apabila opsi sudah diaktifkan. Saat volume absolut dimatikan, beberapa masalah suara speaker bluetooth kecil dapat diatasi pada beberapa ponsel.

Penutup

Jika perangkat pengeras suara atau headset kamu kompatibel dengan fitur ini sudah pasti cukup membantu. Karena kontrol volume hanya ada satu, yaitu di ponsel. Tetapi fitur nonaktifkan volume absolut secara default mati, artinya volume absolut dihidupkan. Ternyata berhubungan dengan kerasnya suara ponsel pada perangkat bluetooth.

Namun mereka yang merasakan ponselnya kecil suaranya saat digunakan untuk memutar musik di perangkat bluetooth bisa diatasi dengan cara diatas. Walau bagaimanapun, pengaturan ini hanya opsi yang tidak dapat mengatasi suara kecil pada perangkat, meskipun bisa saja yang rusak adalah speakernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *