Cara Ganti Codec Bluetooth Tingkatkan Kualitas Audio | Droidinside

Cara Ganti Codec Bluetooth Tingkatkan Kualitas Audio

  • 2 min read
  • Sep 04, 2020
cara ganti codec bluetooth

Ganti Codec Bluetooth adalah salah satu cara gratis buat android kamu untuk sebuah tujuan. Ya, tidak lain adalah untuk tingkatkan kualitas audio untuk pemutaran suara pada perangkat Bluetooth.

Jika kita tarik ke masa lalu dimana pertama kali pemutar suara dengan bluetooth berupa Loudspeaker atau Headphone muncul. Maka kualitas audio perangkat nirkabel ini tidak cukup baik jika dibandingkan dengan kabel. Namun sekarang ini, perangkat pemutar suara nirkabel dengan bluetooth semakin meningkatkan kualitas mereka. Bahkan hanya dengan 50 ribu saja kamu sudah bisa membeli perangkat ini.

Untuk tingkatkan kualitas audio Bluetooth, kamu bisa mengotak atiknya dengan ganti Codec Bluetooth. Untuk itu kamu perlu mengetahui caranya, namun sebelum itu apasih Codec Bluetooth itu?

Pengertian Codec Bluetooth

Jika dalam bahasa inggris ditulis Bluetooth Codec. Codec merupakan sebuah alat atau program komputer yang meng encode dan decode yaitu untuk mengirimkan pesan atau sinyal-sinyal dengan kode tertentu dan juga untuk menerima pesan tersebut. Pesan ini kemudian digunakan melalui bluetooth.

Codec Bluetooth bergantung pada program spesifik tertentu yang mengkompres data dari sumber berupa Android secara cepat dan ditransfer tanpa kabel. Kemudian headset/perangkat pemutar suara mendekompresi data tersebut. Suara dari pemutar/android dipadatkan lalu dikirim ke audio melalui bluetooth untuk dipecah dan dijadikan suara. Kodek/Codec ini bekerja berbeda-beda dan untuk Codec terbaru akan membuat transfer data lebih efisien.

Jika proses pengkodean musik berjalan dengan cepat, dan ditransfer dengan cepat dari Android ke Perangkat Audio maka suara yang dihasilkan akan lebih baik. Jika pernah merasakan pemutaran musik terlambat/tersendat-sendat bisa jadi perlu untuk ganti Codec Bluetooth.

Agar bisa tingkatkan kualitas audio, ada hal lain yang mempengaruhi juga. Kualitas musik yang lebih tinggi atau lossless akan membuat proses pengkodean di Android lebih berat juga. Tetapi jika perangkat mendukung, maka hasil keluaran suaranya bisa sangat bagus.

Cara Ganti Codec Bluetooth

Biasanya sistem secara default akan menggunakan Codec SBC digunakan untuk proses transfer data antar perangkat bluetooth. Dengan ganti Codec Bluetooth kamu akan bisa membuat pemutar audio lebih baik. Tapi biasanya android akan secara otomatis menggunakan Codec terbaik pada speaker/headset tertentu.

Misalnya Hp dengan chipset Qualcomm dengan Headset yang mendukung Codec aptX atau aptX HD maka android akan secara otomatis memilih Codec yang sesuai. Jadi antara kedua perangkat, android maupun pemutar suara/headset harus sama-sama memiliki dukungan Codec Bluetooth yang sesuai. Berikut cara untuk ganti Codec Bluetooth:

  1. Hidupkan Developer Mode di Smartphone kamu. Biasanya dapat ditemui di Pengaturan – Tentang Telefon – Klik pada Built Number sebanyak 7 kali. Maka Opsi Pengembang akan dapat di temukan di Pengaturan
  2. Hubungkan Android kamu dengan Headset/Pemutar Suara/Earphone
  3. Buka Opsi Pengembang
  4. Geser untuk menemukan Bluetooth Audio Codec atau Codec Audio Bluetooth
  5. Pilih Codec Bluetooth selain SBC jika kedua perangkat mendukung
    mengganti codec audio bluetooth

Memilih Codec Bluetooth Terbaik

Untuk ganti Codec Bluetooth sebenarnya hanya tinggal menyesuaikan dengan perangkat headset dan Android kamu. Codec kualitas tinggi seperti Qualcomm aptX dan Sony LDAC bisa kamu pilih, namun biasanya perangkat Audio ini cukup mahal. Biasanya pada kotak kardus audio akan mencantumkan Codec yang berkualitas tinggi ini.

Ada juga perangkat yang lebih murah memiliki Codec Bluetooth yang cukup baik yaitu AAC. Codec ini lebih baik kualitas audio nya ketimbang SBC. Biasanya bagi penikmat earphone dengan rentang harga menengah kebawah lebih suka memilih Codec AAC.

Jadi memang ada harga ada kualitas suara.

Tinggalkan Komentar!