Tips Mengaktifkan Multi Pengguna Realme

  • 3 min read
  • Jun 14, 2021
multi pengguna realme

Apakah kamu sudah pernah menggunakan Multi Pengguna Realme? Fitur ini sama seperti Ruang Kedua di ponsel Xiaomi. Artinya kamu bisa menggunakan beberapa akun dalam ponsel. Sehingga bisa berpindah dan mendapatkan manfaat seperti menginstal aplikasi yang sama pada satu ponsel.

Apa Itu Multi Pengguna Realme

Multi pengguna memungkinkan kamu memiliki ruang tambahan yang bisa digunakan untuk pengguna/user yang berbeda. Kamu bisa membuat tambahan pengguna jika ingin meminjamkan ponsel ke orang lain. Dengan adanya ruang baru ini, data dan aplikasi kamu sebagai pemilik tidak akan bercampur. Jadi tiap user bisa mengkostumisasi wallpaper, nada dering, aplikasi terinstal dan lain sebagainnya. Data tiap pengguna tidak akan digabung alias terpisah.

Multi pengguna pada ponsel Realme ini juga tersedia di ponsel Oppo. Keduanya memiliki fungsi dan setelan yang hampir sama. Khusus untuk ponsel Realme, fitur yang mirip Second Space ini hanya ada di antarmuka Realme UI otomatis berbasis Android 10. Itupun pada beberapa versi software tertentu. Salah satunya yang ada di Realme 3 Pro atau Realme 5 Pro yang telah update ke Android 10 dan memiliki antarmuka Realme UI.

Jadi buat ponsel Realme kamu yang belum memilikinya, perlu melakukan update ke Realme UI. Bisa menggunakan cara Over The Air (OTA) atau download firmware yang sesuai. Lalu bagaimanakah cara menggunakan multi pengguna Realme (Multi User) ini? Droidinside jelaskan dibawah ini.

Cara Menggunakan Multi Pengguna Realme

Jika ponsel Realme kamu sudah mendukung fitur ini, kamu bisa mengaktifkannya melalui jalan:

  • Buka Pengaturan / Settings
  • Pilih Pengguna & Akun (di bagian bawah) / Users Account
  • Ketuk Multi-Pengguna / Multi User
  • Tambahkan Pengguna lalu pilih OK
  • Masukkan nama pengguna sesuai keinginan
  • Ikuti langkah melakukan penyetelan ponsel seperti layaknya masih baru seperti memilih bahasa, akun Google dan lain sebagainya
    cara aktifkan multi pengguna realme

Atau dengan usap layar dari atas untuk membuka Akses Cepat. Klik gambar akun di pojok kanan atas. Pilih Tambahkan Pengguna, lalu beri nama dan lanjut menyetelnya sampai selesai.

Berbeda dengan Ruang Kedua milik Xiaomi yang hanya ada 1 tambahan ruang. Di ponsel Realme ini kamu bisa membuat beberapa akun sekaligus. Artinya bisa lebih dari 2 akun ada di ponsel kamu. Namanya juga Multi pengguna Realme, otomatis lebih dari satu akun yang bisa digunakan.

Ada tambahan akun Tamu (Guest) yang bisa kamu aktifkan juga. Fitur akun Tamu akan sangat berguna ketika ponsel kamu ingin dipinjam seseorang. Untuk menjaga privasi data yang ada di ponsel Realme kamu, cukup berpindah dulu akun Tamu. Jadi ponsel akan kosong seperti halnya baru dan tidak ada data milikmu yang terlihat disana.

Berpindah Antar Pengguna/Akun

Setelah akun Multi pengguna Realme sudah dibuat, kamu bisa dengan mudah berpindah antar akun dengan:

  • Usap layar dari atas ke tengah untuk membuka akses cepat sampai terlihat semua
  • Ketuk pada Akun di bagian pojok kanan atas
  • Pilih akun dimana kamu akan menggunakannya
  • Tunggu beberapa saat sampai perpindahan ruang selesai
    cara berpindah multi akun realme

Cara Menghapus Multi Pengguna

  • Buka Pengaturan
  • Pengguna & Akun
  • Multi-Pengguna
  • Klik tombol panah ke kanan pada akun yang ingin dihapus
  • Hapus Pengguna (Delete User) lalu pilih hapus
  • Lalu tunggu proses penghapusan akun
  • Jika diminta memasukkan pola/pin/kata sandi, ikuti saja langkahnya
    cara menonaktifkan multi pengguna

Kelemahan Menggunakan Fitur Multi Pengguna Realme

Salah satu kelemahannya adalah ponsel menjadi lemot di awal-awal ketika berganti akun. Jadi tidak bisa langsung lancar digunakan. Ini dipengaruhi oleh ruang kosong di penyimpanan internal ponsel Realme kamu. Semakin kecil maka penggunaannya akan semakin lag. Setidaknya ponsel kamu memiliki RAM 6 dengan internal 128 GB agar lancar dalam penggunaan Multi Account.

Kemudian pada saat ingin menginstal aplikasi pihak ketiga bukan dari Play Store, proses instalasi akan bermasalah. Proses instalasi akan mengalami kegagalan jika itu berasal dari apk yang diunduh dari luar.
Ini merupakan murni bug pada software yang akan di fix setelah update.

Pada beberapa ponsel Realme, fitur ini seringkali hanya muncul pada beberapa versi software saja. Jadi setelah update ada yang mendapatkan ada yang tidak muncul. Intinya multi akun ini kalau menunya muncul di pengaturan ponsel kamu, berarti bisa digunakan.

Penutup

Terlepas dari kekurangan yang dimiliki fitur tersebut. Kamu bisa memanfaatkan fungsi fitur ini dengan baik. Misalnya memisahkan akun untuk pekerjaan, untuk anak, dan apabila ponsel dipinjam orang. Agar privasi terjaga dan tidak perlu khawatir jika ada file baru, karena tiap akun akan dipisah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *