Mengatasi Multi Pengguna Realme Hilang

  • Droidinside
  • Mei 29, 2022

Ada sebagian pengguna yang mengeluhkan fitur Multi Pengguna Realme hilang begitu saja. Biasanya fitur ini bisa langsung diakses melalui akses cepat dengan usap layar dari atas ke tengah dimana disana terdapat tombol fungsi seperti Wifi. Multi pengguna akan berada di pojok kanan atas gambar orang/profil. Namun setelah dilihat pada beberapa ponsel Realme itu gak ada.

Multi Pengguna Realme hilang karena udah dicari-cari lewat tutorial untuk mengaktifkan Multi Pengguna tersebut sama sekali tidak ada. Jadi ikon Multi-User dan pada menu Pengaturan – Pengguna & Akun kamu tidak menemukannya. Kira-kira apa saja penyebab dan cara mengembalikan fungsi menu ini? Droidinside jelaskan untuk kamu.

Penyebab Multi Pengguna Realme Hilang

Menurut admin dari pengalaman para penggunanya, ada pada pembaruan perangkat lunak. Setelah update ke Android 11 dengan antarmuka Realme UI 2.0 ada ponsel yang gak dapet fitur Multi Pengguna. Padahal di versi Android dan Realme UI sebelumnya bisa dinikmati dengan lancar dan mudah alias tidak menghilang. Kasus ini juga terjadi di Ruang Kedua Redmi Note 10 dan 11 yang dapet MIUI 12.5 menjadi gak ada.

Realme diam-diam mungkin menyembunyikan fitur Multi Users pada sebagian tipe ponsel mereka setelah update. Kasus paling banyak ditemukan di Realme 6, Narzo 50a, Realme C15, dan terjadi juga pada sebagian hp Realme yang update ke antarmuka miliknya berbasis Android 11. Oke, sekarang kamu tahu beberapa penyebabnya kan? Lanjut gas ke solusinya dibawah.

Cara Mengatasi Multi Pengguna Realme Hilang

Sebenarnya Realme kayaknya gak 100% menghilangkan fitur ini. Fitur bagus kok dipangkas gitu aja, pastinya bikin usernya bertanya-tanya. Tapi tenang, kasus hilangnya Multi User masih bisa diakali dengan beberapa cara dibawah ini:

Menggunakan Aplikasi Hidden Settings

Karena setelan multi pengguna disembunyikan, kita bisa eksplorasi dengan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini akan membantu kita membuka menu yang tidak ada salah satunya Multi Pengguna, langkahnya:

  • Buka aplikasi Play Store
  • Klik bagian atas pencarian
  • Cari: Pengaturan Tersembunyi (atau bisa cari Hidden Settings)
  • Setelah diinstal, buka aplikasi
  • Dibagian atas klik tombol Kaca Pembesar
  • Cari: Multi Pengguna atau User atau Beberapa Pengguna
  • Klik menu Beberapa Pengguna/Multi User/Multi Pengguna sesuai menu yang pas
  • Setelan Multi Pengguna Realme yang menghilang bisa kamu akses dari sini
multi pengguna realme tidak ada

Aplikasi pihak ketiga ini mungkin punya iklan, disarankan untuk membukanya pas lagi Offline ya. Kelemahannya, setiap kali kamu ingin berganti ke Pengguna Lain, maka harus melewati aplikasi tersebut. Jadi kamu harus instal aplikasi Pengaturan Tersembunyi tersebut untuk setiap pengguna di dalam ponsel. Agar bisa berganti ke beda pengguna dengan mudah. Soalnya menu tersebut memang tidak dapat dimunculkan secara bawaan.

Downgrade Sistem Operasi Ponsel

Jika fitur Multi Pengguna Realme hilang setelah melakukan update ke Android 11, jalan lain untuk mengembalikannya adalah melakukan downgrade sistem. Ini akan memunculkan kembali fitur tersebut namun dengan konsekuensi terhapusnya semua data di ponsel. Cara ini sebenarnya tidak direkomendasikan karena apabila ada gagal.

Kamu bisa melakukannya dengan unduh file Firmware versi Android sebelumnya dari tipe ponsel Realme yang sesuai. File .ozip diunduh lalu disimpan dalam ponsel lalu di klik untuk melakukan pembaruan namun ke versi Firmware lawas. Jika tidak yakin, kamu bisa ke Service Center Realme atau Oppo untuk melakukan Downgrade. Ini lebih direkomendasikan dan tentunya gratis. Turunkan versi software hp Realme dimana fitur Multi Users masih ada.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu males Downgrade dan pake Hidden Settings, bisa dicoba aplikasi yang punya fungsi sama dengan Multi Pengguna. Kamu bisa instal beberapa aplikasi dibawah ini untuk mengatasi Multi Pengguna Realme hilang sebagai pengganti. Aplikasi tersebut diantaranya:

  • Ruang Ganda
  • Parallel Space
  • Multi Space

Instal salah satu aplikasi tersebut, dan mulailah menggunakan akun berbeda pada ponsel Realme kamu. Jangan lupa ada iklannya, jadi disarankan saat Offline aja untuk membuka aplikasi-aplikasi ini. Nikmati ruang yang bisa berpindah layaknya Multi Pengguna bawaan Realme.

Penutup

Itulah beberapa solusi mengatasi Multi Pengguna Realme hilang karena disembunyikan oleh sistem. Gunakan cara terbaik yang menurutmu paling enak dan paling cocok. Jangan lupa bahwa penggunaan akun atau Pengguna bisa mempersempit penyimpanan ponsel kamu. Beberapa fungsi ini di ponsel dengan Android 11 agar terkendala karena adanya pembatasan penyimpanan akibat penyimpanan.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.