Review MIUI 12 Redmi Note 9 | Droidinside

Review MIUI 12 Redmi Note 9

  • 3 min read
  • Jan 11, 2021
miui 12 redmi note 9

Apakah sudah melakukan update untuk MIUI 12 Redmi Note 9 kamu ? Banyak pengguna yang pada awal batch membeli ponsel ini masih menggunakan MIUI 11 saat produk ini lahir. Sebagian yang membeli baru sudah menggunakan antarmuka MIUI 12.

Sebut saja, Redmi Note 9 tipe 4/64 banderol pertamanya 2.5 juta masih menggunakan MIUI 11. Sedangkan saat Xiaomi jor-joran ngasih diskon sampai harga dengan tipe yang sama hanya 2.1 juta-an. Ponsel yang dilengkapi pengaman kaca depan Gorilla Glass 5 dengan fitur Radio tanpa headset ini cukup menggiurkan untuk dibeli. Selain diskon yang murah, ponsel ini juga kuat memainkan Genshin Impact dengan lancar meskipun settingan Low (ya… meskipun banyak game tolok ukur performa ponsel sih, tapi admin memilih ini karena sudah memainkannya sendiri).

Seperti layaknya MIUI 12 pada Redmi Note 9 Pro. Cara updatenya juga sama kok. Kamu juga akan mendapatkan fitur baru yang cukup ciamik pada tampilan. Pusat Kontrol, mode Sinar Matahari dan lain sebagainya sebenarnya cukup keren dan memuaskan mata. Tapi kamu perlu mengetahui beberapa hal, bagaimanakah impresi para pengguna saat MIUI 12 Redmi Note 9 mereka rasakan.

Update MIUI 12 Redmi Note 9

Biasanya sih ponsel yang dibeli baru dan masih MIUI 11 akan mendapat pemberitahuan untuk melakukan update sejak bulan September 2020 kemarin. Kamu bisa menikmati pembaruan ini langsung dengan menekan notifikasi tersebut lalu klik Unduh Pembaruan.

Ada beberapa pembaharuan yang diterima oleh pengguna, yaitu MIUI 12 ekor 3 dan 4. Untuk yang membeli pada saat posisi MIUI 11. Untuk Redmi Note 9 yang sejak beli sudah MIUI 12 menggunakan ekor 1. Berikut beberapa testimoni pengguna yang melakukan pembaruan MIUI 12 Redmi Note 9 biasa.

MIUI 12 Ekor 3

Reviewe MIUI 12 Redmi Note 9 versi 12.0.3 biasa disebut dengan ekor 3. Merupakan pembaruan pertama yang didapat oleh pengguna pada batch awal. Update hanya sekitar kurang dari 400 Mb sudah mendapatkan fitur-fitur baru dari Xiaomi. Ada beberapa pengguna yang mendapat ekor 1 dan 2. Ketiganya hampir tidak ada perbedaan menurut admin. Namun ada beberapa kelemahan yang dirasakan oleh pengguna diantaranya:

  • Baterai menjadi lebih boros (tidak terlalu signifikan bagi sebagian pengguna)
  • Ketuk 2x untuk bangunkan layar kurang responsif
  • Ponsel menjadi gampang anget untuk sosial media dan mudah panas game berat
  • Bug beberapa aplikasi seperti Whatsapp, mengirim gambar menjadi jelek/blur

Dibalik beberapa kelemahan tersebut, beberapa pengguna juga mendapatkan kelebihan:

  • Performa meningkat sejalan dengan baterai
  • Antarmuka kamera baru membuat lebih mudah mengorganisir
  • Tambahan fitur yang sebelumnya tidak ada
  • Memori internal sedikit lebih lega. Sebelumnya pada MIUI 11 penyimpanan sistem sekitar 13 Gb dan pada MIUI 12 mejadi 12 Gb saja. Ini pada ponsel yang sama dengan spesifikasi 4/64
  • Volume speaker sedikit mengalami peningkatan (karena keluaran awal terkenal suaranya agak mendem/kurang keras)

MIUI 12 Redmi Note 9 ekor 3 sebenarnya hanya pada masalah baterai saja. Karena mungkin beberapa pengguna mengalami penurunan pada Screen On Time (SOT). SOT merupakan hal utama untuk mengukur sejauh mana daya tahan baterai terhadap waktu penggunaan oleh sistem dan user.

MIUI 12 Ekor 4

Ukuran update nya jika kamu belum update sejak MIUI 11 adalah 900 mb an. Belum sebagian besar pengguna mendapat pembaruan ini. Langsung aja nih kekurangannya:

  • Tampilan pusat kontrol backgroundnya jadi abu-abu atau tidak transparan
  • Beberapa pengguna tidak dapat menggunakan Perekam Layar
  • Performa menurun (lag untuk gaming)

Namun dibalik kekurangannya, kelebihannya:

  • Baterai lebih irit
  • Tambahan fitur hotspot untuk perangkat terhubung (tidak ada di MIUI 11)
  • Sebagian pengguna merasakan peningkatan pada tangkapan sinyal

review miui 12 rn9 ekor 4

Penutup

Tips simpel setelah melakukan update adalah dengan melakukan reset ke pengaturan pabrik. Tetapi mungkin perlu melakukan back up data. Kemungkinan perlu melakukan pembaruan aplikasi yang terpasang juga. Sehingga beberapa aplikasi mungkin tidak mengalami masalah setelah update ke MIUI 12.

Bagi yang bootloop setelah melakukan pembaruan, Note 9 masih dalam jangkauan garansi saat artikel ini rilis. Bisa dibawa untuk diurus gerai resmi. Malahan mungkin kamu bisa mendapatkan kembali MIUI 11.

Semoga dengan informasi MIUI 12 Redmi Note 9 ini kamu makin tambah tidak yakin heheh.. untuk update. Tidak kok. Kamu mungkin perlu update untuk mendapatkan keamanan ponsel yang lebih baik lagi. Selain itu, pusat kontrol MIUI 12 cukup keren lho, kamu gak mau nyobain ? Meskipun di ekor 4 tampilannya jadi burik hehehe

Tinggalkan Komentar!