Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi Di Realme | Droidinside

Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi Di Realme

  • 3 min read
  • Okt 18, 2020
menyembunyikan aplikasi di Realme

Beberapa merek android memberikan kamu sebuah fitur untuk menyembunyikan aplikasi dari pengguna biasa. Menyembunyikan aplikasi di Realme dapat kamu lakukan.

Fitur menyembunyikan aplikasi sangat bergantung pada jenis Launcher atau antar muka yang digunakan. Kamu akan kesulitan untuk menemukan cara menyembunyikan aplikasi di Android One atau dengan OS Pure Android.

Jika kamu pengguna Realme, hal ini dapat diatasi dengan mudah. Karena antarmuka ColorOS maupun Realme UI memberikan akses khusus untuk meniadakan sebuah aplikasi dari menu.

Tujuan menyembunyikan aplikasi di Realme maupun pada ponsel lain seperti pada Xiaomi umumnya adalah alasan Privasi. Pemilik ponsel perlu menjaga rahasia data pribadi maupun kegiatan menggunakan aplikasi yang tidak seharusnya orang lain tahu.

Chat merupakan hal yang bersifat pribadi. Kamu pasti tidak ingin orang lain tahu apa isi dari aplikasi sosial media kamu secara pribadi.

Menyembunyikan aplikasi juga dapat menyelamatkan hal penting yang sifatnya rahasia berhubungan dengan pekerjaan pemilik ponsel misalnya. Kamu pengguna ponsel Realme bisa melakukan dengan mudah.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Realme

Seluruh aplikasi yang kamu instal di ponsel Realme akan muncul pada menu. Aplikasi-aplikasi inilah yang disusun oleh antarmuka/launcher sehingga antarmuka ini yang dapat menghandle atau mengatur seluruh tampilan maupun keamanan pada aplikasi.

Untuk menyembunyikan aplikasi di Realme, fitur keamanan merupakan kunci untuk melakukannya. Kamu dapat menghilangkan aplikasi dari pandangan menu tanpa tambahan aplikasi yang kamu instal dari Playstore. Namun sebelumnya kamu mungkin perlu mengatur layar kunci berupa Fingerprint atau pola untuk kelancaran menyembunyikan aplikasi.

Berikut langkah menyembunyian aplikasi di Realme dengan ColorOS 5,6 dengan sistem operasi android Oreo dan Pie:

  • Buka Pengaturan/Settings
  • Pilih menu Keamanan/Security
  • Pilih Enkripsi Aplikasi/App Lock
    menyembunyikan aplikasi di realme
  • Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan
  • Buatlah sandi/kode privasi sesuai keinginan, lalu ingatlah sandi tersebut (jika kamu belum mengaktifkan penguncian layar)
  • Aktifkan sandi/kode privasi untuk verifikasi/Enable Passcode Verification
    menyembunyikan aplikasi di realme
  • Gulir untuk Aktifkan “sembunyikan ikon layar depan”/Hide Homescreen Icon
  • Tetapkan nomor akses/Access Number dengan menggunakan tanda # sebagai pembuka dan penutup. Contoh #1111#
  • Ingatlah sandi ini untuk membuka aplikasi tersembunyi
    menyembunyikan aplikasi di realme

Bagi kamu yang sudah mengupdate ponsel Realme ke Android 10, dengan antarmuka Realme UI. Ada sedikit perbedaan tempat penguncian dan penyembunyian aplikasi. Yaitu pada Pengaturan – Privasi – Enkripsi Aplikasi. Selebihnya cukup sama tutorialnya untuk bagian selanjutnya.

Menampilkan Kembali Aplikasi Tersembunyi Realme

Setelah kamu mengetahui cara menyembunyikan aplikasi di Realme. Selanjutnya adalah melakukan pengecekan apakah aplikasi sudah benar-benar tidak terlihat, kamu cek di menu.

Untuk membuka aplikasi yang tersembunyi kamu perlu membuka papan panggilan dan memasukkan nomor akses yang telah dibuat. Diawali dan diakhiri dengan tanda pagar.

membuka aplikasi tersembunyi realme

Maka aplikasi yang disembunyikan akan muncul dan bisa kamu buka. Setelah kamu menutup dan beralih ke aplikasi lain, aplikasi akan tetap tidak terlihat dari menu. Dengan tombol recent application kamu bisa membuka kembali jika aplikasi belum ditutup.

Untuk menampilkan kembali aplikasi yang disembunyikan, kamu dapat membuka:

  • Pengaturan
  • Menu Keamanan
  • Enkripsi Aplikasi
  • Masukkan sandi privasi
  • Pilih aplikasi yang ingin ditampilkan kembali
  • Matikan Kode Verifikasi
  • Dan gulir untuk mematikan “sembunyikan ikon layar depan”
    menampilkan kembali aplikasi tersembunyi realme

Aplikasi yang terkunci akan muncul dengan ikon gembok disamping aplikasi tersebut. Sebaliknya berlaku juga, agar aplikasi kembali seperti semula dan tidak tersembunyi, matikan semua pilihan diatas ini.

Sebagai tambahan informasi, memanfaatkan fitur menyembunyikan aplikasi di Realme hanya membutuhkan 1 kode akses dengan tanda pagar untuk semua aplikasi. Jadi 1 kode akses untuk membuka saja, tidak bisa berbeda kode untuk beda aplikasi.

Penutup

Sebelum kamu ingin menyembunyikan aplikasi, ada beberapa aplikasi bawaan yang mungkin tidak bisa disembunyikan. Kamu perlu mengingat dengan tepat kode privasi dan kode yang digunakan untuk membuka akses aplikasi yang disembunyikan.

Jika kamu lupa, hal ini bisa menyebabkan hal fatal. Karena salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembalikan yaitu reset ke pengaturan pabrik. Adapun kamu bisa membuka aplikasi yang disembunyikan dari Play Store. Namun tetap saja hal ini membutuhkan kode akses yang digunakan untuk membuka aplikasi.

Tinggalkan Komentar!