Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Hp Xiaomi Dengan Aman | Droidinside

Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Hp Xiaomi Dengan Aman

  • 3 min read
  • Sep 26, 2020
cara menyembunyikan aplikasi di hp xiaomi

Privasi merupakan sebuah alasan untuk cara menyembunyikan aplikasi di Hp Xiaomi. Data pribadi merupakan sesuatu yang harus kita jaga kerahasiaannya. Xiaomi memiliki fitur ini untuk kamu.

Xiaomi merupakan brand laris di Indonesia karena berbagai hal salah satunya kelengkapan fitur yang diberikan pada produk smartphone mereka. Salah satu fitur yang dimaksudkan ini yakni fitur untuk menyembunyikan aplikasi pada hp, dengan begitu aplikasi tidak dapat ditemukan begitu saja dengan mudah.

Dengan menggunakan fitur default milik xiaomi ini tentu saja kamu tidak harus menginstal aplikasi tambahan lainnya, dengan begitu memori penyimpanan tetap aman dan juga kamu tidak harus mengeluarkan kouta data untuk mendownload aplikasi tersebut.

Alasan Menyembunyikan Aplikasi

Ada berbagai alasan yang membuat seseorang ingin menyembunyikan aplikasi pada hp mereka, yang tentunya perlu kita hormati.

Privasi Pribadi

Salah satu alasan paling umum yakni privasi pribadi yang tidak ingin disebarkan kepada orang lain, oleh karena itulah mereka berusaha menyembunyikan aplikasi tersebut.

Privasi Pekerjaan

Dalam dunia pekerjaan tentunya ada beberapa hal yang tentunya harus menjadi rahasia perusahan dan tidak boleh sampai tersebar luas ke publik, oleh karena itu aplikasi seperti manajer data dan lain sebagainya terkadang perlu disembunyikan.

Agar Lebih Aman Dari Orang Tak Bertanggung Jawab

Beberapa aplikasi yang ada pada hp kamu tentunya memiliki informasi atau data yang tidak boleh sampai dilihat atau diakses orang lain. Dengan menyembunyikan aplikasinya tentu saja akan membuat risiko data penting tersebut tidak diketahui oleh orang lain. Aplikasi ini mungkin berhubungan dengan keuangan atau sejenisnya sehingga orang tidak bertanggung jawab bisa menggunakan untuk hal tertentu perlu disembunyikan.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Xiaomi

Cara berikut ini umumnya dapat kamu aplikasikan pada berbagai jenis hp xiaomi yang kamu punya, berikut cara menyembunyikannya.

  • Buka menu setelan pada hp kamu
  • Setelah itu scroll kebawah hingga kamu menemukan menu Kunci Aplikasi, kemudian pilih menu tersebut
  • Jika hp kamu belum diaktifkan keamanan kunci aplikasi, maka aktifkan terlebih dahulu dengan mengikuti perintah yang diberikan
  • Setelah itu pada menu Kunci Aplikasi, pilih simbol gerigi yang ada pada bagian kanan atas.
  • Kemudian centang atau aktifkan pada bagian Apl Tersembunyi yang ada pada bagian bawah
  • Kemudian pilih kelola apl tersembunyi dibawah menu Apl Tersembunyi, disana kamu bisa melihat semua aplikasi yang ada pada hp kamu, dan kamu bisa mengaktifkan aplikasi mana saja yang ingin kamu sembunyikan.
  • Dengan langkah-langkah tersebut maka aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dapat disembunyikan dengan aman.

Jika kamu ingin membuka salah satu aplikasi yang kamu sembunyikan tadi caranya yakni dengan menonaktifkan terlebih dahulu fitur hide atau sembunyikan pada aplikasi yang ingin kamu buka, caranya sama seperti cara menyembunyikan aplikasi diatas. Dengan begitu kamu bisa mengakses kembali aplikasi yang kamu sembunyikan dengan normal layaknya sebelum disembunyikan.

Cara menyembunyikan aplikasi di Hp Xiaomi bisa diakses juga pada:

  • Buka Keamanan
  • Geser ke bawah dan temukan Kunci Aplikasi
  • Untuk selanjutnya sama seperti diatas

cara menampilkan aplikasi tersembunyi di xiaomi

Sebagai informasi tambahan, terdapat aplikasi sistem bawaan yang memang tidak bisa disembunyikan. Seperti Youtube, Mi Video, Mi Browser, Kontak dan Pemanggil, Chrome, Catatan dan File Manager masih akan tetap muncul pada layar utama. Sehingga cara menyembunyikan aplikasi di Hp Xiaomi tidak bisa keseluruhannya dilakukan.

Untuk kamu yang belum login akun MI, biasanya akan disarankan untuk melakukan log in. Namun untuk menyembunyikan aplikasi kamu bisa melakukan tanpa log in akun juga.

Selain Login akun Mi, sebelum menyembunyikan aplikasi. Kamu juga akan diminta untuk menetapkan sebuah pola yang digunakan untuk membuka akses apikasi tersembunyi. Untuk kemudian ketika kamu membuka aplikasi keamanan atau ingin mengubah aplikasi yang disembunyikan akan membutuhkan akses sidik jari. Pada ponsel Xiaomi dengan fingerprint dan ada buka layar dengan sidik jari.

Penutup

Gimana, mudah bukan. Dengan cara menyembunyikan aplikasi di Hp Xiaomi diatas kamu tidak perlu khawatir hp kamu kenapa-napa atau aplikasi yang kamu sembunyikan bermasalah, karena dengan menggunakan fitur default sembunyikan aplikasi yang ada pada Xiaomi kamu bisa menyembunyikan aplikasi dengan aman.

Tinggalkan Komentar!