Tips Menggunakan Samsung DeX | Droidinside

Tips Menggunakan Samsung DeX

  • 3 min read
  • Okt 27, 2020
menggunakan samsung dex

Kamu bisa menggunakan Samsung DeX untuk menghubungkan ponsel tersebut dengan televisi layar besar. Bagaimanakah caranya?

Belum lama sejak post ini dirilis, Samsung telah meluncurkan pembaruan sistem pada android mereka. Antarmuka One UI 2.5 hadir membawa sebuah fitur yang cukup menarik yaitu Samsung Wireless DeX.

Samsung DeX adalah sebuah fitur yang memungkinkan kamu berbagi tampilan layar android dengan televisi. Seperti layaknya kabel HDMI atau VGA pada komputer, kamu dapat mirror layar ponsel Samsung kamu ke televisi. Pengalaman penggunaan fitur ini bahkan seperti menggunakan komputer. Dengan menghubungkan ponsel ke layar yang lebih besar, ditambah dengan keyboard dan mouse kamu akan memiliki sebuah komputer untuk kerja lebih produktif.

Sebelumnya, tanpa menggunakan Samsung DeX pada ponsel Galaxy Note 20 dan 20 Ultra kamu bisa melakukan hal ini dengan mudah. Barulah setelah update One UI 2.5 ponsel seri A range mid-end seperti Galaxy A51 dan A71 bisa menggunakan Samsung DeX sebagai fitur high-end. Pembaruan ini tentunya menguntungkan banyak pengguna ponsel Samsung. Dan hanya bermodalkan televisi yang support kamu bisa menikmati fitur ini.

Televisi Yang Mendukung Samsung DeX

Fitur ini sepenuhnya menggunakan koneksi Wifi sehingga diperlukan televisi yang dapat terhubung dengan koneksi Hotspot/Wifi. Secara umum televisi ini mendukung Miracast. Dapat dicek secara langsung pada pengaturan di televisi. Atau bisa di cek secara online pada web resmi merek televisi.

Pada pengaturan/setelan televisi, cari input atau masukkan sumber dari Wifi atau dengan tulisan “Miracast”, Wifi Casting atau Screen Casting (Cast=transmisi, masukan). Jika mendukung sambungan Wifi, maka bisa jadi mendukung untuk menggunakan Samsung DeX.

Televisi yang sudah pasti mendukung penuh dengan elegan dan cantik fitur ini, adalah televisi merk Samsung keluaran tahun 2019 sampai yang paling baru. Termasuk Samsung Pro TV sebagai televisi pintar merek ini.

Tutorial Menggunakan Samsung DeX

Dengan mempersiapkan televisi dan mengatur ponsel Samsung, maka setelah keduanya selesai tampilan DeX akan terbuka pada televisi. Berikut untuk mempersiapkan kedua perangkat ini:

Mempersiapkan/Mengatur Televisi

Gunakan remote untuk operasi ini, agar mudah dilakukan:

  • Buka Menu Source
  • Pilih Screen Mirroring
  • Pastikan nama televisi yang akan dihubungkan ini

Mengatur Ponsel Samsung Galaxy

Biasanya Samsung DeX terdapat pada Quick Access secara default. Jika kamu mengubah menu-menu ini, atur dahulu pada bagian pojok kanan atas. Atur icon DeX dengan memindahkannya ke bagian yang terlihat. Setelah menu DeX dengan mudah dapat diakses, selanjutnya:

  • Tarik layar dari atas, untuk membuka notification bar/Quick Access
  • Pilih DeX
  • Kamu akan melihat daftar perangkat yang bisa dipilih
  • Pilihlah televisi yang ingin dihubungkan
  • Klik Start Now

Menggunakan Samsung DeX Secara Maksimal

Selain hanya secara simpel kamu membagikan layar ponsel ke televisi, ada hal lain yang bisa kamu lakukan dengan fitur canggih ini.

Gunakan Mouse dan Keyboard

Kamu bisa mengubah televisi dan ponsel Samsung ini menjadi sebuah komputer pribadi. Dengan menggunakan Mouse Wireless dan Keyboard Wireless, kamu bisa mengoperasikan ponsel Samsung dengan layar besar untuk bekerja dengan produktif.

Tanpa mouse pun, layar Samsung yang mendukung DeX ini dapat dijadikan sebagai touchpada layaknya laptop. Opsi bisa kamu temukan pada menu DeX.

Lebih Canggih Dari Screen Mirroring

Dengan fitur Samsung DeX ini, kamu tidak hanya menghubungkan tampilan ponsel ke televisi. Namun kamu akan mendapat pengalaman penggunaan yang lebih jauh. Dengan bantuan Mouse dan Keyboard, kamu bisa membuka banyak aplikasi, memperbesar atau memperkecil layar, dan melakukan hal lain.

Seperti apabila ada telepon, kamu langsung bisa menggunakan ponsel Samsung kamu untuk mengangkatnya. Tanpa harus melepaskan koneksi antar keduanya, televisi akan tetap menampilkan layar sebelumnya dan ponsel dapat digunakan untuk telepon. Begitupun saat kamu membagi layar untuk menonton film pada televisi dan ingin mencatat sesuatu. Televisi tetap menampilkan film, dan kamu bisa dengan mudah mengetik catatan.

Presentasi Dan Hal Urgen Tetap Dapat Dilakukan

Selain dengan antarmuka yang halus dan bagus, menggunakan Samsung DeX kamu bisa melakukan presentasi seperti biasa. Tanpa beralih dari layar presentasi tetap bisa mengangkat telepon dan menggunakan ponsel bagaimana semestinya untuk komunikasi.

Tinggalkan Komentar!