Baru ! Fitur One UI 2.5 Samsung | Droidinside

Baru ! Fitur One UI 2.5 Samsung

  • 3 min read
  • Okt 24, 2020
fitur one ui 2.5 samsung

Kamu pengguna ponsel Samsung? Kamu harus tahu apa saja fitur One UI 2.5 baru yang telah diluncurkan untuk model Hp Samsung baru.

Antarmuka One UI Samsung

One UI merupakan sebuah antarmuka yang dimiliki oleh ponsel Samsung. Dimulai sejak munculnya Android Pie, antarmuka One UI 1.0 disematkan pada ponsel-ponselnya. Kemudian dengan munculnya Android 10, ponsel Samsung lahir dengan antarmuka One UI 2.0 dan terakhir pada bulan Agustus 2020 lalu, One UI 2.5 dirilis.

Antarmuka One UI yang dimiliki Samsung dari waktu ke waktu yaitu: 1.0 , 1.5 , 2.0 , 2.1 dan terakhir 2.5 mengalami perubahan major sejalan dengan angka di depannya. Bisa dimungkinkan One UI 2.5 tidak mengalami perubahan yang cukup mencolok seperti versi 1.0 ke 2.0. Namun bagaimanapun, kamu pengguna Samsung akan sangat mencintai semua versi One UI yang cukup memanjakan mata dan navigasinya. Karena biasanya Samsung menyematkan Layar Amoled dengan dipadu antarmuka ini sangat baik dan keren dioperasikan.

Ponsel Samsung Yang Akan Mendapat One UI 2.5

Berikut ini daftar ponsel Samsung yang akan menikmati fitur One UI 2.5 :

  • Semua seri Galaxy S9 (termasuk S9+)
  • Semua seri Galaxy S10 (termasuk S10e dan S10 Lite)
  • Semua seri Galaxy S20
  • Semua seri Galaxy Note 10 (termasuk 10 Lite dan versi 5G)
  • Semua seri Galaxy Note 20
  • Semua seri Galaxy Fold
  • Galaxy Note 9
  • Galaxy Z Flip dan Z Flip 5G

Menurut beberapa sumber, Galaxy seri A dan seri M mungkin tidak mendapatkan update ini. Namun ternyata seri ini akan mendapatkan fitur One UI 2.5 juga khusus seri mid-high seperti Galaxy A51 dan A71 dan untuk seri M sampai saat post ini dirilis belum ada yang mendapatkannya. Lalu apa sajakah fitur One UI 2.5 yang akan didapatkan ponsel-ponsel tersebut?

Fitur One UI 2.5 Samsung

Samsung Keyboard

Pada papan ketik bawaan Samsung ini, akan mendapatkan sedikit peningkatan. Kamu akan bisa menggunakan keyboard untuk kepentingan pencarian yang lebih jauh lagi. Pada versi baru ini, papan ketik akan memiliki Shortcut untuk akses video populer di Youtube. Dengan mudahnya kamu bisa berbagi video populer tersebut tanpa harus repot-repot keluar aplikasi.

Pengaturan Pesan Baru

Kini pesan dapat kamu kategorikan dan mengubah namanya sesuai dengan keinginan kamu. Fitur baru ini bisa sangat bermanfaat, layaknya organisasi email dari pesan penting sampai kategori yang harus dihapus seperti spam/SMS penipuan.

Kamu juga dapat mengirim pesan SOS berisi lokasi pada kontak yang kamu inginkan. Fitur darurat android ini, dapat mengirim pesan setiap 30 menit selama 24 jam. Ini akan sangat membantu kamu pada keadaan darurat dimana bantuan dibutuhkan lewat komunikasi otomatis.

Gestur Navigasi Via Launcher Pihak Ketiga

Jika kamu bosan dengan antarmuka One UI, kamu bisa merubah Launcher pihak ketiga seperti Nova, Zen UI, MI, Poco, Mint dan lainnya. Ponsel ini akan mendukung penginstalan peluncur pihak ketiga dan akan tetap support gesture dari android 10. Karena beberapa ponsel akan kehilangan fitur gestur android 10 setelah mengganti peluncur.

Fitur Kamera Baru

Terdapat fitur mode Video Pro, dimana ketika ditekan akan ada tombol khusus pada bagian pojok kanan untuk kamu agar dengan cepat dan mudah merekam video dengan kualitas Full HD 30 fps. Bisa juga tombol ini diubah untuk setelan merekam kualitas 4K 60 fps.

video mode pro samsung

Selain itu, kamu akan menemukan tombol untuk mengubah Autofokus kamera yang dapat diubah areanya. Mikrofon yang digunakan pada saat mode Video Pro dapat diubah arahnya sesuai keinginan kamu. Apakah akan menggunakan Omni suara langsung atau memilih mikrofon depan maupun belakang. Fitur One UI 2.5 ini dapat dipadukan dengan Galaxy Buds, sehingga perekam suara akan lebih baik dengan pengurangan Noise suara di latar belakang.

Dukungan Wireless DeX

Punya TV dari Samsung ? Fitur inilah yang akan me-mirror tampilan layar Samsung kamu ke TV. Dukungan koneksi untuk berbagi layar ini mendukung TV Samsung keluaran 2019 keatas dan juga akan support pada TV lainnya. Sehingga kamu bisa menonton film dari Samsung kamu untuk dibagi ke TV untuk menonton bersama keluarga misalnya.

samsung wireless dex

Fitur WIFI Baru

Fitur ini memungkinkan kamu akan diberitahu oleh sistem bahwa sinyal Wifi dalam kategori lemah atau kuat. Kamu juga bisa meminta password Wifi ke router penyedia Wifi. Selain itu, kata sandi Wifi bisa dibagikan dengan ponsel Samsung Galaxy terdekat dengan Hp mu.

Penutup

Keren juga ya, fitur One UI 2.5 yang sudah mulai disematkan pada ponsel Samsung ini. Beberapa diantaranya memang cikal bakal fitur dari Android 10 yang dikemas oleh brand terkenal ini dengan cukup bagus melalui produknya.

Tinggalkan Komentar!