Atasi Pesan Jangan Menutup Area Earphone Mudah | Droidinside

Atasi Pesan Jangan Menutup Area Earphone Mudah

  • 2 min read
  • Nov 06, 2020
jangan menutup area earphone

Pernahkah kamu pas mengambil ponsel dari saku kemudian ada pesan jangan menutup area earphone?

Biasanya ini terjadi jika kamu bangun tidur atau setelah mengambil ponsel dari saku atau tas. Biasanya pada ponsel Xiaomi akan ada pesan/notifikasi seperti itu.

Salah satu hal yang menyebabkan adanya notifikasi ini adalah sensor Proximity. Sensor ini biasa disebut dengan sensor jarak. Sensor ini mengumpulkan informasi jarak terdekat yang bisa dideteksi. Kemampuan ini lalu digunakan bersama sistem android untuk mematikan layar.

Biasanya sensor ini berguna saat melakukan telepon. Ketika ponsel didekatkan ke telinga untuk berbicara, maka seketika layar akan dimatikan. Berlaku juga apabila layar jauh dari jarak terdekat, maka layar akan kembali hidup.

Namun terkadang sensor ini dapat sedikit bermasalah dengan memunculkan pesan jangan menutup area earphone. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi hal ini?

Cara Atasi Masalah Jangan Menutup Area Earphone

Hal ini sangat berhubungan dengan sensor Proximity yang disematkan pada android. Sensor yang terpasang biasanya pada tepi atas layar ini berfungsi untuk mendeteksi apakah ada hal yang menutupi layar ponsel.

Biasanya karena ada sedikit masalah pada sensor Proximity, pesan ini menjadi sering muncul. Terkadang, masalahnya lebih jauh lagi yaitu ponsel tiba-tiba layarnya mati sendiri seperti pada saat menerima telepon. Tentu saja hal ini malah akan mengganggu penggunaan ponsel.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk mengatasinya:

Bersihkan Area Sensor Proximity

Di Bagian tepi atas, sensor Proximity bisa saja terdapat debu. Kotoran ini bisa menyumbat bagian depan sensor. Sehingga seolah-olah ponsel sedang digunakan untuk menelefon. Kotoran ini bisa kamu bersihkan dengan tisu lembut atau kain lembut. Bisa juga ditambahkan dengan alkohol untuk hand sanitizer/pembersih tangan atau Minyak Kayu Putih.

Membersihkan sensor ini dengan rutin dapat dilakukan jika ponsel sering digunakan pada daerah berdebu. Dengan menjaga kebersihan keseluruhan bagian depan ponsel, maka akan ikut mengatasi masalah ini.

Lepas Tempered Glass Tak Layak Pakai

Seringkali, semakin lama pelindung layar ini digunakan maka akan semakin kotor. Bahkan Tempered Glass yang sudah mulai sedikit terangkat karena daya rekatnya sudah rendah dapat dimasuki debu. Padahal biasanya anti gores ini menutupi keseluruhan layar sampai menutupi sensor jarak.

Dengan hanya membersihkan bagian luar atau atas pelindung layar ini tidak dapat membersihkan kotoran didalam yang menempel layar. Maka dari itu perlu mencopot pelindung ini. Bahkan pelindung sudah retak-retak juga ikut membuat sensor ini mendeteksi adanya penghalang, segera ganti saja.

Hidupkan Mode Saku

Pada ponsel Xiaomi terdapat pengaturan khusus ini, dapat diakses pada:

  • Setelan
  • Layar Kunci
  • Aktifkan Mode Saku

Sebenarnya cara ini hanya mencegah layar dapat hidup dengan ketukan-ketukan pada saat berada di dalam Saku/Tas. Namun ini dapat membantu sensor proximity juga sehingga layar tidak otomatis hidup dan layar tertutupi terdeteksi.

Hidupkan Ulang Atau Reset Ponsel

Restart android kamu untuk atasi pesan jangan menutup area Earphone, beberapa kasus dapat terselesaikan. Sensor yang terkait juga terus melakukan pengumpulan data dalam bentuk Cache. Bisa saja terdapat error pada log cache aplikasi pengendali sensor Proximity. Dengan melakukan hidupkan ulang, data ini akan dibersihkan.

Jikalau tetap tidak berefek, kamu bisa melakukan reset ke pengaturan pabrik pada ponsel Xiaomi misalnya. Beberapa user mengalami ini dapat menyelesaikan masalah. Namun, cara ini akan membersihkan semua data yang ada di ponsel kamu.

Kalibrasi Sensor Proximity

Melakukan kalibrasi sensor ini dapat dilakukan menggunakan aplikasi di Play Store. Seperti aplikasi Proximity Sensor Reset dapat mengatasi permasalahan pesan jangan menutup area Earphone. Aplikasinya gratis, namun akan ada iklannya.

Penutup

Saat pesan peringatan jangan menutup area Earphone muncul, kamu bisa menekan tombol kembali dan volume naik secara bersama untuk menonaktifkan fitur ini. Artinya pesan peringatan akan ditutup secara cepat. Namun hal ini akan kembali muncul apabila ada sesuatu yang menutupi area Proximity.

Tinggalkan Komentar!