Mengelola Update Otomatis Xiaomi Dengan Mudah

  • 3 min read
  • Jan 16, 2021
update otomatis Xiaomi

Update otomatis Xiaomi dapat disetel sesuai dengan keinginan kamu. Pembaruan perangkat lunak seringkali membuat kita harus menunggu. Karena proses pemasangan update di beberapa ponsel tidaklah cepat.

[lwptoc]

Meskipun pembaruan itu bagus seperti MIUI 12 di RN9, peningkatan keamanan dan fitur baru akan kamu dapatkan. Tetapi bagi sebagian pengguna mungkin pembaruan software kurang penting. Karena dapat menghambat proses penggunaan ponsel sehari hari.

Sebut saja ada daftar hal yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan update pembaruan lunak. Hal ini untuk mencegah hal yang tidak diinginkan seperti kesalahan software. Kondisi yang harus dipenuhi seperti baterai dan waktu tunggu mungkin tidak akan baik untuk mereka yang selalu sibuk dengan ponsel.

Pembaruan ini pada beberapa ponsel mungkin berjalan secara otomatis. Sistem pada proses latar belakang akan mengunduh perangkat lunak. Dan kemudian melakukan pembaruan secara tiba-tiba bahkan saat ponsel digunakan.

Proses unduh di latar belakang oleh sistem ini pastinya akan mengganggu. Karena jaringan yang digunakan untuk kegiatan pengguna juga bersamaan digunakan sistem untuk melakukan unduhan. Seringkali memang ukuran update perangkat lunak hanya beberapa ratus MB. Namun perlu diketahui, untuk update major akan membutuhkan lebih banyak kuota sampai beberapa GB. Tentunya bagi kamu yang memiliki kuota data limit pasti akan merasa dirugikan dengan adanya update perangkat lunak secara otomatis ini.

Belum lagi pas unduhan perangkat lunak selesai, sistem akan membutuhkan Reboot atau mulai ulang untuk melakukan pemasangan. Proses ini harus ditunggu juga, meskipun update hanya kecil tetap saja ponsel akan restart. Hal ini akan menginterupsi pengguna ketika melakukan berbagai tugas pada ponsel. Belum lagi kalau updatenya besar, akan menunggu lebih lama lagi.

Ketika terjadi restart dan pembaruan perangkat lunak, ponsel tidak dapat digunakan seperti semestinya. Tidak dapat digunakan untuk menelpon atau menerima Whatsapp yang mungkin dapat merugikan pengguna.

Pada ponsel pabrikan Tiongkok ini, kamu bisa mengelola update otomatis Xiaomi. Untuk kemudian dapat disesuaikan dengan jadwal kamu menggunakan ponsel. Bagaimanakah cara mengelola update otomatis Xiaomi ini ?

Cara Mengelola Update Otomatis Xiaomi

Pada satu aplikasi saja yaitu Pembaruan Perangkat Lunak di ponsel Xiaomi kamu sudah bisa menyesuaikan dengan pengguna. Kamu bisa mengakses menu ini di:

  • Setelan
  • Tentang Ponsel/ Tentang Telepon
  • Pembaruan Sistem
  • Klik 3 titik di pojok kanan atas
  • Klik Setelan Pembaruan (Pembaruan Otomatis)
    setelan pembaruan xiaomi

Pada ponsel Xiaomi dibawah MIUI 11, kamu bisa memilih menu Pembaruan Otomatis. Pada ponsel lawas tidak ada menu Terima Pembaruan Lebih Awal dan Tambah Pintasan Layar Utama. Namun keduanya tersedia pada ponsel yang lebih baru dengan MIUI yang lebih baru juga.

Sedangkan pada MIUI 11 keatas menu Setelan Pembaruan. Kamu bisa menyesuaikan dengan keinginan. Keduanya sama-sama menggunakan koneksi internet baik itu Wifi maupun data seluler untuk membuka menu pembaruan perangkat lunak.

Mematikan/Menghidupkan Update Otomatis Xiaomi

Untuk menghidupkan update otomatis Xiaomi dengan menggulirkan menu Otomatis Unduh. Jika mode ini diaktifkan, proses unduh hanya akan menggunakan koneksi Wifi. Aktifkan unduh dengan data seluler untuk mendownload perangkat lunak dengan data seluler. Klik untuk mematikan keduanya.

Saat otomatis unduh diaktifkan, kamu dapat menyesuaikan kapan waktu/jam otomatis unduh akan dilakukan. Sesuaikanlah dengan saat ponsel Xiaomi tidak digunakan, waktu inilah yang nantinya akan digunakan sistem.

Setelan diatas berhubungan dengan pengunduhan perangkat lunak. Dibawahnya terdapat setelan dimana ponsel bisa disetel untuk melakukan proses restart untuk update perangkat lunak secara otomatis. Hidupkan Otomatis Instal akan membuat ponsel restart di malam hari otomatis. Kemungkinan pada jam 11 malam keatas sampai pukul 4 dini hari.

Instal otomatis akan dilangsungkan bahkan saat ponsel digunakan lho. Jadi saat setelan ini diaktifkan, ponsel bisa ditinggal tidur aja untuk update otomatis.

Cara Lain Menghentikan Update Otomatis Xiaomi

Pembaruan adalah sebuah aplikasi yang membantu kamu mengunduh perangkat lunak. Kamu bisa mematikan saja aplikasi ini agar tidak dapat mengakses internet. Karena proses unduhan menggunakan koneksi internet kan, caranya:

  • Buka aplikasi Pembaruan (tutorial diatas)
  • Tekan tombol Recent Apps
  • Tekan dan tahan jendela aplikasi Pembaruan
  • Di MIUI 11 keatas, tekan ikon Gear
  • Klik paksa berhenti
  • Pilih Batasi Penggunaan Data
  • Hilangkan centang untuk Data Seluler Sim 1 dan Sim 2

Hal ini akan menghentikan proses pembaruan saat terjadi. Atau dengan kata lain pembaruan tidak akan bisa dijalankan pada saat data seluler manapun aktif.

Penutup

Sebagai tambahan informasi, setelan update otomatis Xiaomi dapat kembali seperti semula (aktif atau nonaktif) jika kamu mengganti Region/Wilayah ponsel Xiaomi kamu. Mengganti wilayah dapat membuat aplikasi lain juga otomatis melakukan pembaruan. Bahkan akan ada tambahan aplikasi yang otomatis terinstal sesuai dengan wilayah yang dipilih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *