Atasi Masalah Multitasking Asus Zenfone Live | Droidinside

Atasi Masalah Multitasking Asus Zenfone Live

  • 3 min read
  • Mei 23, 2020
asus zenfone live masalah multitask

Kamu pengguna Asus Zenfone Live yang sudah update ke Android 10 pasti banyak mengalami masalah yaitu pada multitasking Asus Live ini nggak enak. Admin punya tips untuk mengatasinya lho

Asus Zenfone Live Up Ke Android 10

Setelah beberapa waktu yang lalu admin memberikan informasi terkait Asus Zenfone Live yang bisa di update ke Android 10 yang tutorialnya admin kasih disini. Disana kamu juga bisa melihat beberapa kelebihan dan kekurangan ponsel Asus ini setelah diupdate. Tentunya kelebihan akan sangat memberikan dampak positif untuk pengguna. Namun tidak dengan kekurangan yang telah admin berikan informasinya disana.\

Ya, salah satu kekurangan Android Q pada Asus Zenfone Live adalah adanya ketidaknyamanan dalam penggunaan ponsel untuk multitasking. Masalah Mutitasking Asus Zenfone Live mungkin merupakan salah satu yang wajar. Mengingat update Android 10 untuk Zenfone Live ini tidak disediakan secara OTA (On The Air). User melakukan update dengan download firmware secara manual.

Masalah multitasking Android 10 pada Asus Zenfone Live L1 yang telah diupdate sepertinya cukup mengganggu pengguna. Bagaimana tidak, hanya membuka beberapa aplikasi saja, ponsel akan meload kembali tampilan aplikasi. Hal ini akan memberikan dampak untuk kalian untuk nunggu sampai aplikasi terload kembali. Butuh waktu sedikit sampai aplikasi yang kamu minimize terbuka kembali seperti semula.

Meskipun menunggu sebentar saja, namun ini cukup mengganggu. Bahkan untuk bermain game yang agak besar sedikit akan membuat game kembali terbuka seperti awal. Walau hanya multitasking 3-4 aplikasi, butuh jeda untuk kembali membuka aplikasi tersebut seperti sedia kala.

Menurut pengalaman admin, mungkin karena Android 10 adalah sistem baru yang cukup berat dalam penggunaan memori maupun ram, sehingga ada masalah untuk multitasking. Asus Live  L1 dan L2 ini juga termasuk dalam jajaran android yang menurut admin masih kentang. Mungkin saja ini merupakan Bug android 10 juga. Lalu bagaimana cara mengatasi kelemahan dalam multitasking pada ponsel ini?

Opsi Developer Atasi Masalah Multitasking Asus Live

Didalam opsi developer, terdapat beberapa fungsi yang bisa mengatasi masalah multitasking android 10 asus kamu. Untuk itu kamu harus mengaktifkan dahulu Opsi Pengembang pada Asus Live kamu dengan:

  • Buka Setelan
  • Pada bagian System pilih Tentang Ponsel
  • Klik 7x pada Nomor Bentukan

Setelah opsi pengembang ada dalam Setelan – System. Klik Opsi developer untuk membuatnya menjadi aktif dahulu dengan menggulirkan pilihan aktif ke kanan. Ada beberapa pilihan dalam opsi developer setelah diaktifkan. Disana kamu akan menemukan beberapa pengaturan yang bisa sangat berpengaruh pada performa dan tampilan yang ada pada ponsel Zenfone Live.

Agar masalah multitasking ini bisa diatasi kamu perlu scroll kebawah pada opsi developer yang telah kamu aktifkan. Geser kebawah sampai kamu menemukan opsi/pilihan :

  • Paksa aktifitas agar ukurannya dapat diubah
  • Aktifkan jendela berformat bebas

Aktifkan dengan gulir ke kanan kedua opsi diatas.

asus zenfone live za550kl multitask

Opsi pertama menurut admin adalah membuat sebuah aktifitas atau aplikasi memiliki ukuran memori yang dapat diubah. Artinya android 10 pada Zenfone Live ini memiliki sistem yang membatasi memori untuk aplikasi yang dibuka. Jika aplikasi yang dibuka melebihi batas yang diperbolehkan sistem, maka otomatis memori untuk aplikasi akan dibersihkan. Saat kamu membukanya, maka akan meload kembali isinya. Hal ini sebenarnya bagus untuk kehalusan/smooth saat menggunakan sistem.

Opsi kedua juga memberikan dampak juga pada aktifitas atau aplikasi yang kamu buka. Jendela berformat bebas ini adalah salah 1 fitur baru dalam Android 10 milik Zenfone Live L1 dan L2. Hal ini akan admin bahas pada postingan selanjutnya. Pokoknya aktifkan kedua mode diatas saja akan cukup membantu dalam menyelesaikan masalah multitasking android 10.

multitasking asus live

Penutup

Karena opsi pengembang pada sistem android yang tergolong baru ini, maka akan berpengaruh juga pada menu yang ada didalamnya. Mungkin saja, opsi ini diaktifkan akan memberikan tambahan memori untuk setiap membuka aplikasi sehingga akan membuat baterai akan lebih boros. Atau bisa saja tidak boros karena Android 10 memiliki ciri khas tersendiri dalam manajemen daya.

Update terbaru untuk sistem pasti akan diberikan oleh pabrikan juga, kemungkinan besar untuk mengatasi masalah multitasking Asus ini. Semoga saja.

 

Post Terkait :

Tinggalkan Komentar!