Tips Mengaktifkan Jendela Mengambang Xiaomi

  • 3 min read
  • Jan 14, 2021
jendela mengambang xiaomi

Kamu perlu untuk mengaktifkan jendela mengambang Xiaomi. Sebuah fitur dari MIUI 12 yang dapat memudahkan pekerjaan kamu seperti kegiatan Multitasking. Fitur ini hampir sama seperti Samsung dengan tampilan Pop Up cerdasnya. Bagaimanakah mengaktifkan fitur ini di Xiaomi ?

Android membantu kamu dalam melakukan pekerjaan lebih dari satu. Sebut saja multitasking memberikan kamu keleluasaan bahkan membuka lebih dari satu aplikasi. Selain layar split, ada mode jendela mengambang Xiaomi yang dapat mewujudkan kegiatan multi tugas lebih baik.

Aktifkan Jendela Mengambang Xiaomi

Syarat utama jendela mengambang adalah ponsel kamu telah menggunakan antarmuka MIUI 12. Fitur jendela mengambang Xiaomi ini disebut juga dengan Floating Windows.

Untuk membuka lebih dari satu aplikasi biasanya kita akan menggunakan fitur Split Screen. Fitur ini tersedia bahkan sejak MIUI 7 sebenarnya, namun Floating Windows ini merupakan cara lain untuk melakukan multitasking.

Fitur ini hadir di semua lini ponsel Xiaomi yang terbaru mengusung MIUI 12. Karena performa ponsel-ponsel ini mungkin dinilai mampu, bisa diterapkan pada model low-end sekalipun.

Kegunaan fitur jendela mengambang Xiaomi cukup keren. Sebut saja kamu masih tetap dapat melakukan Chatting di Whatsapp sambil Youtuban. Tentunya salah satu aplikasi terbuka penuh, dan lainnya menjadi kotak yang mengambang.

Secara umum untuk menggunakan fitur ini telah aktif saat ponsel Xiaomi kamu sudah berada di MIUI 12. Kamu hanya tinggal menentukan aplikasi apa saja yang akan digunakan agar mengambang.

Melalui Recent Apps

  • Klik tombol aplikasi terkini (tombol navigasi sebelah kiri) atau jika mode layar penuh diaktifkan, tekan geser layar dari bawah ke tengah.
  • Tekan dan tahan sebuah aplikasi
  • Tekan ikon ketiga dari atas (karena ikon kedua adalah layar split)
  • Aplikasi akan mengambang di tengah
    cara mengaktifkan jendela mengambang xiaomi

Melalui Pusat Kontrol

  • Hidupkan pusat kontrol MIUI 12 yang baru
  • Pastikan kamu membuka aplikasi yang akan dijadikan mengambang
  • Buka pusat kontrol
  • Lebarkan sehingga terlihat ikon Jendela Mengambang
  • Klik Jendela Mengambang tersebut
    pusat kontrol jendela mengambang xiaomi

Cara ini merupakan yang paling cepat. Tampilan pojok kiri atas saat membuka Recent App adalah Jendela Mengambang saat fitur ini diaktifkan. Namun jika belum diaktifkan, maka akan masih berada pada mode Layar Split. Saat akses cepat Jendela Mengambang diaktifkan, maka aplikasi yang Floating akan disusun.

Jika kamu menekan tombol Recent Apps, akan terdapat menu dibagian atas yang memberikan informasi bahwa fitur ini aktif. Disana juga terdapat berbagai ikon kecil aplikasi yang menunjukkan aplikasi apa saja yang telah dijadikan mengambang kemudian diminize. Sehingga kamu bisa membuka lebih dari satu jendela mengambang pada ponsel XIaomi.

Untuk berganti aplikasi yang mengambang, tekan tombol Recent Apps kemudian klik saja aplikasi dibagian atas dibawah keterangan jendela mengambang. Kalau jendela kamu tutup (ikon X di tepi atas) maka aplikasi tidak akan dimasukkan lagi dalam kelompok tersebut artinya aplikasi ditutup.

Penutup

Sebagai tambahan informasi, tidak semua aplikasi mendukung jendela mengambang Xiaomi. Beberapa aplikasi yang belum support mungkin perlu diperbarui dahulu.

Jika kamu masih bingung untuk menggunakan fitur keren ini. Kamu bisa mengakses informasinya di:

  • Buka Setelan
  • Fitur Spesial
  • Jendela Mengambang

Di tempat tersebut kamu bisa membaca informasi untuk membuka jendela mengambang, menutup, dan meminimalkan jendela mengambang. Pada jendela mengambang Xiaomi,  saat Floating Windows terbuka, tidak ada ikon seperti jendela pada Windows PC untuk menutup, memperbesar, maupun minimize. Sehingga pada pengaturan ini benar-benar harus kamu baca. Untuk menutup, mengecilkan maupun memperbesar membutuhkan gesture tertentu pada aplikasi yang mengambang tersebut.

Terkecuali untuk aplikasi yang memiliki fitur Floating sendiri seperti Youtube Premium akan memiliki ikon X untuk menutupnya dibagian pojok atas. Jika sudah terbiasa dengan penggunaan gestur saat menggunakan fitur ini, akan sangat mudah dalam mengoperasikan ponsel untuk multitasking ria dan hal lainnya.

Beberapa pengguna mungkin mengalami masalah pada Floating Windows ini. Salah satunya adalah gagal membuat sebuah aplikasi untuk mengambang. Ketika fungsi jendela mengambang diaktifkan pada sebuah aplikasi, maka aplikasi tersebut malah terbuka lebar/maximize.

Salah satu yang dapat mengatasi hal ini kamu bisa menghapus data/cache aplikasi Sistem UI melalui menu dibawah ini. Setelah terbuka Kelola Aplikasi, klik 3 titik pojok kanan atas Tampilkan Aplikasi Sistem. Lengkapnya:

Setelan – App – Kelola Aplikasi – UI Sistem – Bersihkan Cache

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *