Aktifkan Smart Pop Up View Samsung Dengan Mudah | Droidinside

Aktifkan Smart Pop Up View Samsung Dengan Mudah

  • 2 min read
  • Jan 05, 2021
smart pop up view samsung

Sudahkah kamu mencoba fitur Smart Pop Up View Samsung ? Fitur ini bernama Tampilan Pop Up Cerdas. Biasanya sih kalau ada notifikasi dari aplikasi tertentu, kamu akan mendapati pesan ini ada di Bar notifikasi. Yang bisa dibuka dengan mengusap layar dari ujung atas ke bawah. Namun jika kamu pengguna ponsel Samsung yang masih agak baru (sekitar keluaran 2018 keatas) kamu bisa menikmati sebuah animasi balon notifikasi Samsung.

Fitur Balon Notifikasi Samsung

Maksud dari balon notifikasi Samsung ini adalah ketika ada aplikasi memberikan pemberitahuan (chat, pesan, notifikasi dan lainnya) maka akan ditampilkan dalam bentuk lingkaran yang muncul dilayar. Keren juga ya fitur Smart Pop Up View Samsung ini. Animasi interaktif akan ditampilkan pada layar berbentuk bulatan sebagai penanda sebuah aplikasi memiliki pemberitahuan.

Pop up ini tidak hanya berfungsi sebagai notifikasi belaka. Dengan menekan notifikasi tersebut, akan terbuka jendela agar kamu dapat melihat isi notifikasi secara langsung. Dengan begitu untuk membalas pesan (misalnya) akan terasa lebih mudah tanpa harus berpindah aplikasi. Layaknya sebuah jendela pada program komputer, kamu bisa mengecilkannya lagi dan dapat membuka dengan penuh (maximize) sebagai interaksi yang cukup menyenangkan.

mengaktifkan pop up cerdas samsung

Fitur ini sebelumnya hanya tersedia untuk ponsel High-End Samsung seperti seri Galaxy Note 9 dan teman-temannya. Sekarang, bahkan untuk ponsel Low End Samsung dapat diterapkan. Tentunya dengan syarat antarmuka One UI. Smart Pop Up View Samsung juga tersedia untuk sistem operasi Android 9 (Pie) dan Android 10.

Cara Mengaktifkan Pop Up View Samsung

Untuk mengaktifkan tampilan pop up cerdas pastikan dahulu bahwa ponsel Samsung kamu berada pada sistem operasi Android 9 ataupun Android 10. Cara untuk mengaksesnya untuk kedua sistem tersebut pada ponsel Galaxy adalah sama:

  • Buka Pengaturan/Settings (lewat menu atau tombol gear Bar akses cepat dengan usap bagian atas layar)
  • Pilih Fitur Lanjutan (Advanced Features)
  • Pilih Tampilan Pop Up Cerdas (Smart Pop Up View)
  • Klik untuk gulir/mengaktifkan aplikasi yang dapat menggunakan fitur balon notifikasi Samsung
    aktifkan balon notifikasi samsung

Pilih aplikasi yang dapat memunculkan notifikasi berbentuk balon pada layar ponsel. Aplikasi yang dapat diaktifkan adalah yang mendukung Multi Window (multi jendela). Sebagian besar aplikasi Chatting/Sosial Media biasanya sudah mendukung fungsi ini. Simpelnya, aplikasi yang terpampang yang bisa diaktifkan belum tentu dapat mendukung fitur ini.

Jika ada lebih dari 1 aplikasi yang diaktifkan, secara bersamaan akan ada balon-balon notifikasi yang muncul. Bulatan ini dapat muncul dimana saja saat kamu sedang menggunakan ponsel. Notifikasi tersebut dapat langsung dibuka untuk dibaca kemudian dibalas oleh pengguna.

Penutup

Fitur Smart Pop Up View Samsung ini juga merupakan bagian dari fitur One UI. Sebagai antarmuka kebanggaan milik Samsung, yang memiliki berbagai fitur yang sangat bermanfaat.

Sebagai tambahan, Smart Pop Up View Samsung bisa kamu manfaatkan untuk memprioritaskan notifikasi yang masuk. Misalnya aplikasi Whatsapp untuk membalas banyak pesan berhubungan dengan pekerjaan. Pesan dapat kamu jadikan Pop Up Cerdas untuk membalas dengan cepat tanpa perlu membuka panel notifikasi terlalu sering.

Kelemahan menggunakan fitur Smart Pop Up View Samsung adalah kamu perlu melakukan penghapusan balon notifikasi secara manual. Sehingga Pop Up Cerdas tidak otomatis menghilang. Berbeda dengan notifikasi biasa yang dapat disetel menghilang untuk beberapa saat setelah muncul.

Tinggalkan Komentar!