Menambahkan Kontak Darurat Oppo

  • 2 min read
  • Des 13, 2020
menambahkan kontak darurat oppo

Dengan menambahkan kontak darurat Oppo kamu bisa membantu orang disekitar kamu atau dirimu sendiri. Dengan mengaktifkan fitur ini, segala hal yang bersifat darurat dapat dicarikan solusinya. Kondisi ini seperti halnya kegawatdaruratan kesehatan, ancaman diri, dan pertolongan dari pihak lain.

Seperti sebuah kewajiban bahwa android harus memiliki cara tersendiri untuk dapat membantu pengguna. Kecanggihannya otomatis harus dapat mendukung pengguna untuk mengatasi keadaan genting atau tidak diinginkan. Ponsel android Asus dan Xiaomi misalnya, memiliki metode tersendiri untuk memberikan informasi pada pengguna lain yang bukan pemilik. Seperti menampilkan pesan pada layar bahkan saat terkunci.

Sama seperti Xiaomi, Oppo juga memiliki fitur untuk melakukan panggilan darurat dari nomor yang disetel. Hanya dengan menekan tombol power 5 kali, kamu sudah bisa menggunakan fitur yang cukup canggih ini. Berikut dibawah langkah dan beberapa ulasannya.

Cara Menambahkan Kontak Darurat OPPO

Prasyarat pertama agar kamu bisa menambahkan kontak darurat Oppo adalah ponsel kamu berada pada posisi ColorOS 6 ke atas. Karena versi dibawahnya tidak mendukung fitur canggih ini. Langkahnya:

  • Buka Settings/Pengaturan
  • Pilih Security/Keamanan
  • Pilih Emergency SOS
    atur kontak darurat hp oppo
  • Pilih Emergency Numbers/Nomor Darurat
  • Pilih Add Emergency Contact/Tambahkan Kontak Darurat
  • Tentukan siapa/nomor dari kontak yang akan dijadikan kontak panggilan darurat, klik Add (tambah pojok kanan atas)
    atur kontak darurat hp oppo

Saat memilih kontak yang tersedia, kamu bisa menggunakan nomor yang diketik manual (nomor belum disimpan) pada tab paling kiri. Tandai kontak yang dirasa penting, bisa memilih maksimal 3 nomor.

Untuk mengaktifkan panggilan darurat, pada saat ponsel terkunci tekan tombol power 5 kali. Dapat dilakukan dengan cepat atau agak lambat. Dalam waktu hitungan 3 detik ponsel Oppo akan melakukan panggilan ke nomor di daftar pertama pada nomor darurat. Apabila nomor pertama tidak merespon, dan kamu mencoba lagi maka akan dilanjut ke nomor darurat selanjutnya pada daftar.

Kelemahan Dalam Menambahkan Kontak Darurat OPPO

Berbeda pada 2 ponsel sebelumnya, Xiaomi dan Asus terdapat fitur “Owner Info” atau bisa disebut dengan info pemilik di layar kunci. Di ponsel Oppo tidak tersedia untuk menambahkan pesan/tulisan di layar kunci. Meskipun notifikasi dapat muncul, disini kamu tidak bisa menambahkan sesuatu.

Hal ini mungkin sedikit kurang membantu pengguna. Misal saja, saat ponsel kehabisan pulsa untuk melakukan panggilan darurat. Setidaknya apabila ada info pemilik yang diisi nomor telepon, orang lain yang melihat ponsel dapat membantu untuk menelponkan. Terlepas dari kekurangan dalam menambahkan kontak darurat Oppo, tekan power 5 kali sudah sangat menguntungkan dan mudah.

Penutup

Meskipun pesan di kunci layar tidak dapat dimunculkan, menurut admin nomor pada tempat tersebut mungkin bisa dihindari. Karena bisa saja, ada orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan nomor yang terpampang pada layar kunci tersebut. Mungkin saja developer ponsel Oppo sengaja melakukan hal ini agar tidak terjadi hal demikian.

Sebagai gantinya, kamu bisa juga mengubah nama kartu SIM. Tentunya diubah namanya menjadi nomor telepon darurat. Beberapa layar kunci  pada tema Oppo, dapat memunculkan nama kartu SIM di tengah-tengah. Sehingga saat kamu mengisinya dengan nomor pasti akan dapat terbaca. Atau berikan kode untuk nama yang dapat dihubungi saat kejadian darurat di tempat tersebut.

Caranya dengan membuka PengaturanDual Sim & JaringanPilih SIM (1 atau 2)Nama Kartu SIM. Isilah dengan hal yang cukup informatif atau nomor yang bisa dihubungi apabila ada keadaan darurat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *