Cara Atur Panggilan Darurat Asus | Droidinside

Cara Atur Panggilan Darurat Asus

  • 3 min read
  • Sep 24, 2020
cara atur panggilan darurat asus

Penting sekali untuk atur panggilan darurat Asus. Pengguna ponsel cerdas yang terkenal dengan antar muka Zen UI nya ini juga menyematkan beberapa cara mengatur Emergency Call. Karena produk ini menelurkan beberapa antarmuka yang berbeda pada produknya, maka cara setting nya akan berbeda-beda

Emergency Call atau Panggilan Darurat Asus

Untuk mengantisipasi berbagai hal yang bersifat darurat dengan cepat, setiap ponsel pintar pasti sudah disematkan fitur tersebut. Salah satu antisipasinya adalah dengan menggunakan metode telefon darurat. Fitur ini seharusnya akan mudah digunakan, karena keadaan genting membutuhkan sedikit waktu pengoperasian seperti pada telfon darurat Xiaomi.

Layanan panggilan darurat di Indonesia sendiri paling sering adalah nomor untuk menghubungi polisi atau ambulan. Namun keduanya belum terstandar, karena tiap daerah bisa memiliki nomor panggilan darurat yang berbeda-beda. Seperti nomor 112 dan 911 yang sudah menjadi standar dunia sehingga pada ponsel manapun, bahkan Hp sedang dalam keadaan terkunci kamu bisa menelfon kedua nomor itu.

Karena sistem android yang canggih, nomor darurat bisa disetel ke nomor tertentu. Dan hanya dengan menekan tombol tertentu kamu bisa langsung menghubungi nomor tersebut. Lalu bagaimanakah cara mengatur panggilan darurat Asus ?

Cara Atur Panggilan Darurat Asus

Beberapa ponsel Asus sebenarnya belum menyematkan fitur yang bisa mengubah nomor darurat tertentu. Berikut beberapa ulasannya:

Atur Panggilan Darurat Asus Dengan Menampilkan Pesan

Cara ini adalah dengan menampilkan pesan pada lockscreen atau layar kunci. Pesan ini merupakan pesan singkat yang bisa kamu ubah sesuai keinginan kamu. Sehingga apabila Hp Asus dalam keadaan terkunci dan sleep(tidur), dengan menekan tombol power pesan ini akan muncul dibagian atas.

Pesan ini akan terlihat sebelum swipe/buka lockscreen. Disitu bisa diisi dengan nomor telefon penting yang berkaitan dengan kamu apabila terjadi hal darurat. Berikut untuk menampilkan pesan:

  • Buka Setelan (pada menu utama)
  • Klik pojok kanan atas pencarian (gambar lup)
  • Ketik ” Kunci ”
    mengubah pesan kunci layar asus
  • Pilih Pesan Kunci Layar dari hasil pencarian
  • Klik Tampilkan Info Pemilik Pada Layar Pengunci
  • Tuliskan nomor darurat pada kotak dibawahnya
    mengubah pesan kunci layar asus

Metode pesan kunci layar ini biasanya dapat digunakan pada semua model Android Asus. Khusus untuk ponsel model lawas seperti Asus Zenfone 4,5 dan 6 (keluaran dengan prosesor Intel) serta Asus Zenfone Go hanya bisa menggunakan metode ini untuk menunjukkan pesan/nomor darurat. Bahkan pada model Asus keluaran 2018 kebawah hanya dapat menggunakan metode ini. Umumnya berlaku untuk ponsel Asus dengan OS Oreo kebawah. Dan ini juga berlaku untuk Asus Zenfone Laser 2 dan 3.

Dengan menuliskan nomor panggilan darurat, nomor ini bisa dihubungi pada waktu genting. Nomor ini bisa diisi dengan nomor orang tua, atau dokter yang berhubungan dengan penyakit tertentu. Atau bisa juga pacar dan jodoh.

Atur Panggilan Darurat Asus Dengan ZenUI Safeguard

ZenUI Safeguard adalah sebuah fitur dari ZenUI yang memungkinkan kamu dapat mengirim pesan darurat atau mendesak. Dapat meminta bantuan secara cepat pada keadaan darurat.

Fitur ini tersedia pada model Android Asus baru diatas tahun 2018 yang menggunakan antarmuka ZenUI. Seperti Asus Zenfone Live L1/L2, Zenfone Max (M1), Zenfone 4 Max dan sejenisnya.

Hanya dengan menekan 3 kali tombol power pada saat ponsel terkunci atau sleep, maka kamu bisa melakukan panggilan darurat ke nomor tujuan yang kamu inginkan. Berikut langkah mengaktifkannya:

  • Buka Setelan/Settings (melalui quick access atau usap layar dari atas kebawah)
  • Pilih ZenUI Safeguard
  • Pilih SOS
    atur SOS darurat asus
  • Gulir untuk menghidupkan SOS
  • Pada menu SOS call/Panggilan SOS klik Emergency Contacts/Kontak Darurat
  • Klik ikon gear untuk memilih nama dari kontak untuk dijadikan kontak darurat
    atur SOS darurat asus

Fitur ZenUI Safeguard juga dapat mengirimkan pesan darurat. Pada menu yang sama dengan langkah tersebut dibagian bawah terdapat Message Group (pesan grub) untuk menambah nomor yang akan dikirim pesan dan Preset Message/Preset Pesan. Pada kotak tersebut kamu bisa mengubah pesan yang dikirimkan. Setelah melakukan panggilan darurat dengan tombol power 3x, isi pesan darurat akan dikirimkan. Canggih benar untuk mengatasi berbagai kondisi darurat.

Perlu diketahui, untuk menggunakan pesan dan panggilan darurat Asus anda akan dikenai biaya jika memungkinkan. Namun admin sudah mencoba panggilan darurat tersebut tidak dikenai biaya, karena tidak diangkat oleh penerima. Selain itu, pesan darurat ini bekerja dengan baik jika ada sinyal dan koneksi internet.

Tinggalkan Komentar!