Mematikan Semua Sensor Android (Android 10)

  • 2 min read
  • Des 02, 2020
mematikan semua sensor android 10

Bagaimana kalau kita mematikan semua sensor android ? Sensor bawaan yang disematkan pada ponsel ketika kita membelinya dapat dimatikan. Bagaimana caranya?

Fitur Android 10 Untuk Mematikan Sensor Pelacakan

Android selalu melakukan pembaruan teknologi perangkat lunaknya. Sampai pada sistem operasi android 10, setiap pembaruan versi selalu membawa hal-hal baru yang kekinian dan keren.

Layaknya mode fokus, mode gelap, dan gesture navigasi yang diperbarui di android 10. Salah satu fitur yang membawa kita lebih dekat kepada ponsel kita adalah dapat mematikan semua sensor android. Sebenarnya setiap sensor pada android sangat penting untuk kegiatan dengan ponsel sehari-hari. Lalu apa sih sebenarnya pada android 10 tujuan diberikannya akses mematikan semua sensor ?

Sensor di android seperti Proximity, Gyroscope, Fingerprint, Accelerometer, Kompas dan lain sebagainya sangat berhubungan kegiatan Tracking atau pelacakan. Sensor ini akan mengumpulkan berbagai informasi pada ponsel. Data dari hasil pelacakan dapat digunakan untuk pengembang dalam hal ini android untuk terus membuat model ponsel yang sesuai dengan kebutuhan manusia.

Pelacakan ini sudah pasti bersifat data pribadi, sehingga mematikan semua sensor android dapat mencegah ponsel mengumpulkan kebiasaan kamu dalam penggunaan ponsel. saat setelan ini diaktifkan, otomatis segala kegiatan yang membutuhkan sensor akan terhenti.

Sebelum mengetahui lebih lanjut, lihat dulu cara mematikan semua sensor android 10 berikut ini.

Cara Mematikan Semua Sensor Android

Karena merupakan bawaan dari android 10, setelan ini tidak ada di sembarang tempat alias hanya ada di Opsi Developer (opsi developer, developer option). Disana kamu akan menemukannya. Langkah lengkapnya:

  • Aktifkan Mode Developer/Opsi Pengembang di ponsel android kamu
  • Buka menu Opsi Pengembang tersebut
  • Pada deretan pilihan pertama (sebelum menu Debugging)
  • Pilih Quick Setting Developer Tiles (atau Kotak Setelan Cepat Developer)
  • Klik untuk aktifkan Sensor Nonaktif (Non Activated Sensor)
  • Setelah diaktifkan, buka Quick Access/Akses Cepat/Access Bar/Setelan Cepat (usap layar dari atas ke bawah pada sebagian besar android)
    kotak setelan cepat developer
  • Klik ikon baru di sebelah pojok kiri atas (setelan cepat sensor nonaktif) untuk mematikan semua sensor, klik kembali untuk menghidupkan sensor.

Apa Yang Terjadi Saat Mematikan Sensor Android

Jika kamu tekan on (aktif) pada bar notifikasi, maka keseluruhan sensor pada android meliputi Gyro, Proximity, Sidik Jari, Kompas, Akselerometer dan lain lain akan mati. Beberapa aplikasi yang membutuhkan sensor-sensor ini tidak akan bekerja dengan normal (mungkin terdapat notifikasi error. Semisal, jika membuka kompas penunjuk arah akan diam. Membuka kunci Fingerprint tidak akan bisa dilakukan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan sensor.

Saat diaktifkan, ponsel tidak akan terjadi Hang. Sepertinya pengaturan untuk mematikan sensor ini memang benar-benar didesain sangat baik.

Google memberikan fitur yang cukup bagus ini tidak lain adalah untuk melindungi data pengguna. Seperti aplikasi yang sembarangan diinstal mungkin dapat mengakses data pribadi kamu secara diam-diam. Menurut situs GadgetHack, banyak aplikasi yang bisa menggunakan sensor pada ponsel kamu tanpa persetujuan/ijin pengguna. Selain GPS dan Kamera, sensor Gyroscope dapat menjadi Keylogger dan sensor cahaya dapat membaca link yang kamu buka (menyadap) . Jadi lumayan ngeri juga ya, teknologi hacking itu.

Misal saja apabila data sidik jari kamu dapat dicuri oleh aplikasi yang disisipi pencuri data. Maka akan berbahaya, sidik jari dapat digunakan oleh orang tidak bertanggung jawab. Dengan mematikan semua sensor android ini, tidak perlu khawatir akan pencurian data pelacakan ini karena dapat dihentikan oleh fitur android 10.

Penutup

Selain keamanan data sebagai kepentingan fitur ini dibuat. Kita juga perlu memperhatikan bahwa menonaktifkan sensor dapat berbahaya apabila kita tidak aware/waspada. Soalnya sensor FP tidak dapat digunakan pada saat tersebut. Mungkin ponsel bisa berbahaya keamanannya jika ada orang lain yang iseng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *