Cara Mudah Kalibrasi Sensor Gyro Xiaomi | Droidinside

Cara Mudah Kalibrasi Sensor Gyro Xiaomi

  • 2 min read
  • Nov 04, 2020
kalibrasi sensor gyro xiaomi

Kalibrasi sensor Gyro Xiaomi dapat kamu lakukan jika kamu mengalami masalah seperti rotasi layar otomatis yang terlalu sensitif.

Sensor Gyro (Gyroscope) dan sensor Akselerometer (Accelerometer) merupakan dua buah hardware yang bertanggung jawab mengumpulkan informasi posisi ponsel pintar. Biasanya berhubungan dengan rotasi layar otomatis atau orientasi layar potrait (berdiri) maupun landscape (tidur).

Sensor ini juga bertanggung jawab pada penggunaan bermain Game. Beberapa game seperti PUBG, Free Fire dan permainan balapan lainnya seringkali dapat dikendalikan melalui sensor Gyro. Cara kerjanya adalah memiringkan layar sesuai sudut yang tepat, dapat digunakan untuk membidik lawan atau membelokkan setir kendaraan dalam game.

Sensor Gyro Bermasalah

Beberapa masalah dapat ditemukan pada penggunaan sensor Gyro dan Akselerometer. Seperti rotasi layar otomatis yang terlalu sensitif. Hanya dimiringkan sedikit saja, layar secara cepat mengubah orientasinya.

Selain itu, sensor Gyro gagal menyesuaikan diri ditandai dengan layar tidak mau atau cukup sulit untuk berubah orientasinya. Kedua masalah tersebut dapat diatasi dengan melakukan kalibrasi.

Untungnya ponsel Xiaomi dapat mengkalibrasikan sensor ini untuk mengatasi beberapa masalah diatas. Cara kalibrasi sensor Gyro Xiaomi dapat dilakukan tanpa tambahan software atau aplikasi.

Bagaimanakah langkah kalibrasi sensor Gyro Xiaomi ?

Cara Kalibrasi Sensor Gyro Xiaomi

Berikut ini ada beberapa langkah, yang intinya memastikan dahulu sensor Gyro kemudian melakukan kalibrasi.

Cek Apakah Ada Hardware Gyro

Sebelum mengetahui kalibrasi sensor Gyro Xiaomi, kamu perlu paham dahulu apakah ponsel Xiaomi kamu memang memiliki sensor tersebut. Karena sensor Gyro ada jenis selain hardware, yaitu software berbentuk Virtual.

Untuk lebih tahu apakah benar ada Gyro dalam bentuk hardware pada ponsel kamu, langkah untuk ceknya adalah melihat spesifikasi:

  • Buka https://gsmarena.com
  • Pada Search/Pencarian ketik merk dan tipe ponsel kamu klik tanda Lup (pencarian) lalu pilihlah ponsel Xiaomi kamu
  • Cek di bagian Features (Sensors)
  • Pastikan ada sensor Gyro

Kalibrasi Sensor Gyroscope Xiaomi

Setelah mengetahui spesifikasi sebenarnya, langkah selanjutnya adalah membuka Cit Mode atau QC Test atau HW Test. Untuk membukanya ada 2 cara, bisa pilih salah satu. Pertama:

  • Buka Setelan
  • Pilih Tentang Telepon/About Phone (pada Xiaomi tipe baru, pilih Keseluruhan Spesifikasi)
  • Klik Versi Kernel/Kernel Version 5 kali

Cara kedua untuk membuka Cit Mode atau QC Test melalui dial pad:

  • Buka aplikasi Panggilan
  • Ketik *#*#64663#*
  • Maka Cit Mode akan terbuka

Terdapat sedikit perbedaan pada beberapa tipe Xiaomi untuk melakukan kalibrasi sensor Gyro. Setelah masuk Cit mode, kamu bisa langsung scroll/geser layar ke atas untuk menemukan Gyroscope dan memilihnya.

cara kalibrasi gyroscope xiaomi

Pada tipe Xiaomi lawas, langsung terdapat tombol Calibrate untuk melakukan kalibrasi sensor Gyro. Pada tipe Xiaomi baru, setelah Cit mode terbuka, klik 3 titik pojok kanan atas. Klik Additional Tools dan pilih Gyro Calibration Tools.

Saat sebelum melakukan Calibrate (kalibrasi) pastikan ponsel Xiaomi kamu digoyang goyang dahulu sesuai sumbu X,Y, dan Z. Dengan memutar dan membalikkan ke semua arah dengan tidak terlalu cepat. Kemudian hp diletakkan pada permukaan rata lalu klik Calibrate. Terakhir hidupkan ulang/Restart ponsel Xiaomi kamu.

Penutup

Cara diatas dapat menyelesaikan beberapa masalah rotasi layar dan posisi layar yang tidak akurat terhadap Game. Setelah melakukan kalibrasi, kamu bisa bermain game dengan Gyro seperti biasa lagi.

Beberapa ponsel Xiaomi seperti Redmi 9 memiliki sensor Gyro virtual. Dalam spesifikasi tidak tercantum sensor tersebut, namun di cek menggunakan aplikasi bisa terbaca. Sensor tersebut tidaklah akurat seperti model hardware. Model sensor Gyro Virtual ini hanya dapat membantu sedikit untuk Game. Sehingga, kalibrasi sensor Gyro Xiaomi pada ponsel tersebut mungkin tidak dapat dilakukan. Misalkan kamu menggunakannya pasti akan delay atau tidak bergerak selancar Gyro hardware.

Tinggalkan Komentar!