Mematikan Layar Pengisian Daya Vivo Android 11

  • Droidinside
  • Des 26, 2021

Cukup banyak pengguna bertanya tentang cara mematikan layar pengisian daya Vivo. Maksud dari layar pengisian daya adalah animasi gambar Charging disertai persentase. Animasi ini muncul ketika ponsel Vivo dichas/dicharge. Tapi yang menjadi aneh adalah animasi ini tidak bisa mati. Beberapa pengguna khawatir, karena animasi pengisian daya mungkin saja membuat layar tidak benar-benar dalam posisi sleep/tidur. Lalu apa yang menyebabkan hal ini terjadi dan bagaimana cara mematikannya?

Always On Display Ponsel Vivo

Sebenarnya gak cuma hp Vivo aja sih yang punya Always On Display, Samsung bisa juga. Intinya AOD ada pada semua ponsel pintar dengan layar jenis Amoled atau Oled. Always On Display yang disematkan pada ponsel Vivo memberikan bentuk keren seperti jam pada layar kunci. Hal ini menjadi keunggulan yang membuat orang meminang ponsel dari BBK Group tersebut.

Masalahnya adalah, FunTouchOS sebagai antarmuka pengguna kebanggaan Vivo versi 11 membawa pembaruan dalam tampilan AOD. Vivo memberikan animasi charging yang keren dimana tampilan ini bisa dimunculkan terus menerus. Artinya, tanpa menekan tombol apapun akan muncul animasi pengisian daya dan kamu bisa melihatnya setiap saat. Fitur ini tersedia pada FunTouchOS yang mengusung Android 11.

Pada Vivo V20 yang sudah bersistem operasi Android 11 misalnya. Setelah update, animasi pengisian daya tidak bisa mati. Muncul terus layaknya animasi AOD jam yang selalu aktif. Hal ini juga terjadi pada Vivo V17 Pro dan V21 5G dengan layar Super Amoled. Ketika dicas, gak hilang-hilang tuh animasi. Lalu bagaimana cara mematikan layar pengisian daya Vivo yang tidak berhenti muncul pada layar Amolednya? Droidinside bakalan ngasih beberapa cara uniknya.

Cara Mematikan Layar Pengisian Daya Vivo

Tampilan Always On yang muncul saat pengisian daya/charging sebenarnya keren. Tapi ternyata ini tidak disukai oleh penggunannya. Kenapa ya? Mereka menganggap bahwa AOD ini pemborosan baterai dan cepat merusak layar. Karena layar terus menerus hidup pada bentuk yang sama selama jangka waktu pengecasan. Berikut ini cara mematikan layar pengisian daya Vivo untuk kamu:

Menutupi Sensor Proximity

Sensor ini berfungsi untuk mematikan layar saat ada benda mendekat padanya. Sensor ini juga punya andil dalam mematikan layar saat menelpon Whatsapp atau mendengarkan pesan suara. Sensor ini dimanfaatkan untuk mematikan layar pengisian daya Vivo saat ponsel Sleep. Dua langkah dibawah ini bisa kamu pilih salah satu:

  • Menutupi sensor Proximity dengan kain atau koran. Tutupin saja layar bagian poni atau bagian atas layar. Ini akan mengaktifkan sensor Proximity sehingga layar ikutan mati
  • Membalikkan layar ponsel saat pengisian, ini lebih praktis karena otomatis layar akan ikut mati

Jadi setiap kali ponsel diisi daya, cara-cara tersebut harus diterapkan. Khusus pada ponsel yang baru upgrade ke Android 11 dan memiliki layar Amoled. Agar layar awet dan tidak memunculkan persentase daya terus menerus. Melakukannya tiap kali dicas, memang jadi kelemahannya.

Mematikan Pengisian Daya Selalu Menyala

Untuk versi ponsel Vivo X Series yang merupakan kasta tertinggi dari jajarannya. Tapi kemungkinan fitur ini juga bakalan muncul untuk ponsel dengan spesifikasi yang agak kentang pada merek ini. Caranya:

  • Buka Pengaturan ponsel Vivo kamu
  • Pilih Menu Baterai
  • Klik Pengisian Daya Selalu Menyala menjadi nonaktif
mematikan pengisian daya selalu menyala vivo

Saat ini ponsel Vivo yang punya pengaturan untuk mengubah parameter tersebut hanyalah pada X Series (non kentang). Tidak tahu mengapa Vivo masih absen memberikan pilihan pengaturan ini. Padahal seharusnya ada di semua jajaran ponselnya yang menggunakan layar Amoled. Jadi setelan yang seharusnya ada malah kosong. Mungkin saja, pada pembaruan selanjutnya setelan untuk mematikan layar pengisian daya Vivo ini akan dimunculkan. Atau bahkan tidak, mengingat kasta ponselnya berbeda.

Jika setelan ini tidak ada, kamu bisa pake cara di atas atau di bawah. Sebenarnya mudah banget kok, hanya saja jengkel dikit karena pengaturan yang tidak lengkap.

Mengaktifkan AOD Jam

Cara lain agar layar pengisian daya yang tidak hilang dapat diatasi yaitu menggunakan Always On Display bawaan. Istilahnya kita gunakan sistem untuk menampilkan jam pada layar kunci dan bukan AOD persentase charging yang muncul. Langkahnya cukup mudah, kamu hanya tinggal mengaktifkannya dengan setelan jam kesukaan pada layar kunci. Lengkapnya:

  • Buka Pengaturan ponsel Vivo (bisa dengan usap layar dari atas ke bawah untuk membuka Quick Access lalu klik tombol Gear)
  • Pilih menu Layar, Beranda, Layar Kunci, dan Wallpaper (Home Screen, Lock Screen and Wallpaper)/Layar Kunci dan Wallpaper
  • Klik Tampilan Selalu Menyala (Always On Display)
  • Aktifkan dengan ketuk Tampilan Selalu Menyala
  • Kreasikan bentuk jam dibawahnya sesuai dengan keinginan kamu. Bisa memilih jenis jam, warna dan lain sebagainnya
  • Setelah selesai, matikan Selalu Tampilkan (Always Show) dibagian bawahnya
  • Ini akan mengubah jam tidak selalu menyala, dalam waktu beberapa detik akan menghilang dan tidak ada tampilan apapun pada layar
atasi animasi cas hp vivo tidak mati

Umumnya cara ini cukup berhasil dalam mematikan layar pengisian daya Vivo yang selalu muncul dan tidak hilang otomatis. Jam akan menggantikan fungsi AOD Charging untuk muncul namun tidak selalu menyala karena telah disetel seperti diatas.

Penutup

Itulah cara-cara untuk mematikan layar pengisian daya Vivo. Tunggulah update software dari Vivo sehingga menu untuk mematikan AOD Charging. Meskipun hp Vivo kamu Amoled tapi bukan flagship, tetap sabar menunggu.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.