Mengatasi Masalah Colokan Charger Nokia Android

  • Droidinside
  • Jan 01, 2022

Banyak pengguna mengalami masalah colokan charger Nokia untuk seri androidnya. Sebut saja Nokia 5.1 dan Nokia 6.1 Plus serta generasi penerusnya punya masalah saat ngecas. Seperti kabel oblak, daya nggak ngisi, ngisi putus-putus, ngecasnya lama banget dan masalah lain seputar pengisian daya listrik. Droidinside bakalan ngasih info tentang penyebab masalah cas di hp Nokia ini dan solusi serta pencegahannya biar gak bermasalah lagi.

Penyebab Masalah Colokan Charger Nokia Android

Brand yang dulu pernah terkenal dan jadi nostalgia ini agak bikin blunder untuk 2 produk diatas. Pengisian daya mengalami masalah seperti yang telah disebutkan juga diatas. Awalnya hp baru buat ngecas lancar-lancar saja. Namun setelah beberapa minggu hingga bulan barulah muncul masalah ketika ngecas. Kabel USB oblak atau harus putar kanan kiri agar pengisian bisa masuk. Ada yang diganjel waktu dicas karena tidak mau mengisi.

Penyebab utama dari masalah ini adalah komponen tempat colokan USB hp dan kabel USB nya. Keduanya sepertinya tidak dirancang dengan baik oleh brand yang pernah dimiliki oleh Microsoft tersebut. Beberapa pengguna yang mengalami masalah ini di Forum Facebook mencoba melihat secara seksama. Bahwa memang bagian USB yang terlalu longgar (tipe-C) dan besi terlalu panjang membuatnya mengalami masalah saat ngecas. Lalu bagaimana solusi untuk mengatasi masalah colokan charger Nokia tersebut dan pencegahannya.

Cara Mengatasi Masalah Colokan Charger Nokia Android

Nokia 6.1 biasa dan versi Plus dan generasi sebelumnya yang mengalami masalah ini masuk kategori Mid-High End. Masalah cas tidak admin temukan pada kasus hp yang murah (Nokia 2 misalnya). Paling parah, ngecas udah sama sekali gak bisa lagi, ganti USB juga gak bisa berarti harus melakukan penggantian part dan solusi lainnya yaitu:

Ganti Konektor Charger

Jika kasusnya udah terlalu parah, maka harus ganti konektor charger atau istilahnya papan bawah. Ke tempat service biasa menghabiskan dana sekitar 100-200 ribuan. Atau ke tempat service resmi (Nokia Care Center atau Unicom Care) bisa 400 ribuan. Bisa lebih murah kalau kamu beli komponen konektor charger tipe Nokia yang dimiliki sendiri secara online, lalu bawa ke tempat servis terpercaya di kota kamu.

Penggantian part ini sebenarnya juga gak bisa menyelesaikan masalah colokkan charger Nokia android 100%. Soalnya kalau gak hati-hati, colokkan akan kembali oblak dan masalah akan kembali.

Ganti Kabel USB

Beberapa pengguna ponsel Nokia yang colokan chargernya bermasalah mencoba mengganti kabel ke Ugreen. Ada juga yang mengganti ke kabel OEM/Originalnya Xiaomi yang tipe-C. Karena pada kabel Xiaomi, lebih sempit (gak longgar) dan bisa langsung masuk ke hp Nokia tanpa perlu dimiringkan kanan atau kiri.

mengatasi cas nokia 6 oblak

Pilihlah kabel USB Ugreen, Xiaomi 2 in 1, Aukey atau Anker yang punya lubang lebih sempit dari bawaan kabel Nokia. Meskipun sudah ganti, kamu juga harus berhati-hati saat menggunakannya setiap saat. Karena takut longgar/oblak lagi.

Pencegahan Masalah Colokan Charger Nokia

Setelah ganti kabel USB dan papan bawah, bukan berarti masalah selesai. Banyak pengguna ponsel ini yang masih mengalami masalah colokan charger Nokia karena kecerobohan penggunaan. Baik untuk pengguna baru wajib sih menerapkan berbagai cara dibawah ini agar konektor charger tidak rusak lagi:

1. Tidak menggunakan ponsel saat dicas

Ini berat banget sih kayaknya untuk orang yang tidak bisa lepas dari gadget. Tapi memang karena papan charger bawah yang ringkih atau bengek membuat kamu harus menerapkan hal ini.

2. Mengurangi Frekuensi Colok Cabut

Jika kamu seorang gamer yang sering menghabiskan baterai, cara ini bakalan gak cocok. Karena mencegah masalah colokan charger Nokia adalah mengurangi agar tidak terlalu sering dicolok dan dicabut dari kabel. Karena jika semakin sering dilakukan,maka semakin cepat colokan USB nya oblak dan bermasalah.

3. Tidak Berganti Kabel USB Lagi

Sekali mengganti ke kabel merk lain, berarti kamu harus meninggalkan kabel USB bawaan. Ganti kabel akan sedikit merubah kondisi komponen konektor charger, sehingga hanya sesuai dengan yang baru (lebih sempit). Pengguna yang meminjam kabel dari merek hp lain membuatnya lancar saat mengecas. Tapi setelah pulang dan menggunakan kabel asli bawaan, jadi gak bisa ngecas. Pencegahan masalah colokan charger Nokia dengan tidak ganti-ganti kabel juga harus diperhatikan untuk pengguna baru.

4. Menggunakan Kabel Model Magnetic

Kamu bisa cari di Google atau toko online untuk kabel USB Magnetic ini. Bagian ujung kabel yang dicolokkan ke hp Nokia tidak akan dicopot-copot lagi. Hanya bagian sambungan bawahnya yang bisa dicopot dan menempel layaknya magnet. Jenis kabel ini sangat bagus untuk mengatasi masalah colokan charger hp Nokia 5, 6.1 dan sejenisnya yang mulai oblak. Sebagai pencegahan juga untuk tidak mencopot dan menyambung kabelnya berkali-kali. Ada pengguna yang menambahkan lem hingga solasi agar benar-benar tidak membuat oblak. Kelemahan menggunakan kabel ini adalah tidak mendukung Fast Charging (untuk yang murah).

Penutup

Itulah beberapa solusi dan juga pencegahan untuk atasi colokan charger Nokia versi android. Perlu perawatan ekstra untuk mengatasi masalah tersebut. Semoga bermanfaat.

Post Terkait :

2 thoughts on “Mengatasi Masalah Colokan Charger Nokia Android

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.