Alasan Mengapa Hp Dicas Lama Terisi Penuh

  • 3 min read
  • Mei 13, 2021
hp dicas lama terisi penuh

Hp dicas lama terisi penuh adalah hal yang wajar terjadi pada ponsel modern sekarang ini. Karena pada saat posisi baterai sudah 90 persen keatas, daya pengisiannya akan menurun. Namun, droidinside juga memberikan info beberapa alasan penyebab ponsel cukup lama ketika diisi daya.

Sebagian disebabkan oleh pengguna sendiri. Dan bisa disebabkan oleh baterai maupun perangkat yang sudah mengalami masa pakai tertentu sehingga mengalami penurunan performa. Berikut ulasan informasinya.

Mengapa Hp Dicas Lama Terisi Penuh

Teknologi pengisian daya ponsel dewasa ini bahkan sudah sampai pada 65 Watt Fast Charging. Gimana gak cepat, bahkan untuk takaran baterai 4000 an mAH saja bisa terisi penuh dalam waktu 1 jam saja. Ketika performa baterai dan pengisian daya masih bagus, pengecasan yang cepat bisa terjadi. Namun ada beberapa hal yang menyebabkan Hp dicas lama terisi penuh mengapa?

Suhu Ponsel Cukup Panas

Kesehatan baterai maupun ponsel salah satunya dipengaruhi oleh suhu. Pada saat melakukan pengisian daya termasuk yang sudah mendukung Fast Charging, suhu ponsel bisa meningkat. Ini dibaca dengan baik oleh sistem ponsel pintar. Sehingga saat suhu cukup tinggi, daya pengisian akan diturunkan agar suhu ponsel tidak meningkat banyak.

Panasnya ponsel juga bisa diperparah oleh kegiatan lain seperti menggunakannya saat dicas atau diisi dalam kondisi lingkungan yang panas. Semakin tinggi suhu, daya pengecasannya akan terus diturunkan bahkan sampai isi daya cepat dimatikan. Kasusnya mungkin hampir sama kayak beberapa ponsel Samsung yang isi dayanya terputus dan perlu mematikan mode isi daya cepat.

Peralatan Charger Tidak Memadai/Rusak

Untuk mengisi daya 5020 mAH nya milik Redmi Note 9 misalnya. Dibekali dengan Fast Charging 18 Watt setidaknya butuh 2 jam untuk terisi penuh. Untuk baterai yang sama apabila hanya menggunakan charger biasa dengan daya 10 Watt, pengisian akan lebih lama dari waktu tersebut.

Perangkat pengisian daya yang tidak pas atau bermasalah dapat menyebabkan Hp dicas lama terisi penuh. Kerusakan pada adapter dan kabel bisa terjadi karena pernah jatuh atau memang lewat masa penggunaannya. Terlebih adapter yang sering digunakan untuk ngecas hp saat ponsel digunakan untuk bermain game dapat memperpendek umurnya. Biasanya ditandai pengisian daya terputus atau menjadi lama.

Ponsel Sedang Digunakan Atau Aplikasi Latar Belakang

Penyebab Hp Dicas Lama Terisi adalah akibat dari kebiasaan buruk yaitu menggunakannya saat diisi daya. Hal ini dapat meningkatkan temperatur ponsel yang berujung pengecasan menjadi lambat. Apalagi kalau ponsel digunakan untuk bermain game.

Ada juga aplikasi yang berjalan di latar belakang membuat ponsel terkuras dayanya. Seperti pada ponsel Xiaomi biasanya aplikasi Facemoji Keyboard menyebabkan penggunaan baterai yang tidak wajar.

Kerusakan Baterai

Baterai memiliki masa penggunaan atau siklus. Semakin sering diisi daya maka semakin cepat usang atau rusak sel dalam baterai. Ditandai dengan penurunan performa pengisian menjadi lama atau malah berkurang ketika diisi.

Kalau masih baru dan terjadi pengisian yang lama, kamu cek dahulu spesifikasi ponsel kamu. Seperti pada Asus Zenfone Max Pro M1 misalnya. Baterai 5000 mAH dan chargernya hanya 10 Watt sangat wajar jika butuh 3-4 jam sampai penuh. Jika masih baru dan lemot padahal ponsel kamu mendukung Fast Charging dengan charger bawaan kamu bisa bawa ke service center untuk konsultasi terkait produk yang kamu beli.

Jika ponsel sudah lama, dengan penggunaan yang cukup ekstrim seperti selalu bermain game berat. Bisa jadi baterai ponsel sudah waktunya untuk diganti.

Kerusakan Komponen Ponsel

Selain dari kotak dan kabel Cas yang bermasalah, komponen dalam ponsel yang berperan dalam pengisian yaitu IC Charger. Kerusakan pada komponen ini bukan hanya menjadi alasan Hp dicas lama terisi, namun sampai pada ponsel yang tidak bisa dicas sama sekali.

Selain IC nya, port atau konektor yang menghubungkan antar komponen ponsel dengan kabel pengecasan juga bisa mengalami kerusakan. Biasanya, harus ganti satu paket port usb yang perlu ketelitian untuk memasangnya.

Baik komponen IC atau port yang bermasalah dapat membuat Hp dicas lama terisi. Kedua komponen jika kita lihat harganya secara online memang murah. Kenapa waktu dibawa ke tempat servis atau konter biayanya mahal? Karena yang mahal adalah kita perlu membayar skill si tukang servis. Belum lagi resiko kerusakan komponen (inden) menjadi tanggung jawab si tukang servis. Kan kita sebagai konsumen tahunya cuma jadinya kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *