Mengatasi Layar Hp Samsung Bercak Ungu

  • Droidinside
  • Mar 03, 2022

Salah satu masalah layar hp Samsung bercak ungu merupakan tanda bahwa penggunanya tidak menerapkan standar cara merawat ponsel dengan layar amoled. Jenis layar yang terkenal tajam dan sering digunakan pada jajaran ponsel Samsung ini bisa muncul bercak ungu atau titik-titik berwarna ungu jika tidak dirawat dengan baik.

Penyebab utama mengapa layar hp Samsung bercak ungu adalah habis jatuh, tertekan, tertindih, berada di saku yang ketat dan sejenisnya. Penyebab tersebut secara umum adalah kesalahan pengguna yang teledor dalam menggunakan ponsel. Ya karena layar amoled itu ringkih dan perlu perawatan khusus pastinya cukup membuat sedih kalau tidak berhati-hati. Selain itu, ponsel Samsung yang pernah masuk ke air juga menjadi penyebabnya. Kesalahan tersebut juga salah satu penyebab layar hp Samsung ada garis hijau seperti Light Saber.

Nah, tapi anehnya sesuai dengan pengalaman admin yang dilansir dari forum maupun grup pengguna Samsung. Ada yang mengalami layar Samsung jadi ada cipratan warna ungu bukan karena kesalahan pengguna. Habis dicas, ditinggal tidur biasa dan tiba-tiba layarnya jadi ada bercak ungu sendiri. Hal ini tentunya meresahkan dan perlu diperbaiki secepatnya. Bagaimanakah solusinya?

Cara Mengatasi Layar Hp Samsung Bercak Ungu

Jika muncul noda berwarna ungu di layar ponsel Samsung dengan tipe amoled. Terjadi karena ada bagian dalam layar LCD yang pecah. Kebocoran dalam LCD terjadi sehingga menimbulkan adanya bercak ungu atau Purple Tint. Biasanya kalau udah muncul bercak ini, tidak ada lagi harapan karena biasanya akan terus menyebar semakin luas ke semua permukaan layar.

cara menghilangkan bercak ungu di layar hp samsung

Awalnya layar hp Samsung bercak ungu hanya satu atau beberapa titik saja. Lama kelamaan dalam hitungan jam hingga hari, menutupi layar. Tapi meskipun warna ungu terus menyebar, penggunaan LCD masih lancar ketika digunakan. Meskipun begitu, ada kemungkinan beruntung bercak tidak menyebar. Sebagian kecil pengguna merasakan bercak tidak menyebar (ini cukup jarang). Berikut ini cara mengatasi layar hp Samsung bercak ungu:

Ganti LCD Jika Terus Menyebar

Ganti Di Servis Resmi

Tidak ada solusi terbaik selain mengganti LCD yang sesuai dengan peruntukan tipe ponsel Samsung kamu. Biasanya amoled itu terkenal dengan harga yang tidak murah. Ya karena kualitas gambar yang dihasilkan sangat memuaskan, kamu harus membayar untuk itu.

Kalau pengen membawa ponsel ini ke Service Center Samsung karena masih garansi, pastikan tidak ada cacat dalam layar atau bekas benturan di bagian samping. Biasanya bagian sudut layar yang sering terbentur. Kalaupun memang karena kesalahan pengguna, kamu harus bayar. Karena di servis resmi, layar yang didapat pastinya orisinil. Untuk performa layar setelah ganti, ada garansi setidaknya 2 hari setelah LCD kamu diganti.

Untuk harga, sudah pasti tidak murah paling tidak kamu perlu menyiapkan dana sekitar 1 – 2 Juta Rupiah tergantung tipe ponsel. Itu untuk seri Low sampai Mid. Semakin tinggi tipe dan spesifikasi, maka harganya juga semakin tinggi. Seri S lebih dari 3 jutaan, dan lebih dari 8 jutaan untuk seri Z Fold serta itupun belum ditambah dengan biaya jasa perbaikan. LCD di toko online memang murah, tapi biaya jasa pada tukang servis yang membuatnya jadi lebih mahal apabila kamu tidak pergi ke servis resmi.

Tempat Servis Lain

Berbeda lagi kalau ke servis diluar resmi, kamu bisa punya banyak pilihan. Biasanya untuk memangkas biaya, bisa memilih LCD biasa/KW dengan jenis IPS. Karena harganya lebih murah, kualitas gambarnya sudah pasti lebih jelek. Tapi bisa juga mencari yang original copotan yang masih bagus. Meskipun second, kualitasnya bisa bagus kalau kamu beruntung.

Matikan Ponsel Dalam Beberapa Hari

Jika keberuntungan berpihak pada kamu, masalah layar hp Samsung bercak ungu bisa diatasi dengan hanya mematikan layar dalam beberapa hari. Tepat setelah menemukan titik warna ungu yang masih sangat sedikit. Karena biasanya, orang mengira ketika ponsel tetap dihidupkan seperti biasa maka tidak menyebar. Padahal sudah pasti kalau Purple Tint ini akan menyebar seiring penggunaan dan waktu.

Setelah dimatikan, warna tidak menyebar lebih lebar jika memang beruntung. Kalau masih tetap menyebar, berarti layar hp Samsung bercak ungu milikmu harus melakukan penggantian LCD.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.