Fix Masalah Rotasi Layar Otomatis Android | Droidinside

Fix Masalah Rotasi Layar Otomatis Android

  • 3 min read
  • Okt 31, 2020
rotasi layar otomatis android

Rotasi layar otomatis android memungkinkan kamu menggunakan ponsel dengan posisi yang kamu inginkan. Terkadang, fitur layar yang memutar otomatis ini bermasalah. Karena cukup berguna dalam kegiatan sehari-hari, berikut informasi dan beberapa cara menanggulangi masalah-masalah yang sering dialami.

Cara Kerja Rotasi Layar Otomatis Android

Sistem android sejak dahulu telah menggunakan fitur rotasi otomatis pada layar untuk mendapatkan pengalaman penggunaan yang lebih baik. Fitur ini akan cukup berguna untuk kamu yang memiliki mobilitas yang cukup tinggi dengan android.

Misalnya pada saat layar digunakan secara berdiri, maka tampilan layar akan menghadap ke bawah untuk penggunaan biasa. Posisi layar ini cukup nyaman untuk scroll beranda sosial media atau melakukan video call untuk sendiri.

Saat ponsel dimiringkan atau diputar 90 derajat sehingga kondisinya tidur, maka secara otomatis layar akan menyesuaikan. Biasanya digunakan untuk menonton film atau melihat foto agar lebih luas pandangan pada layar.

Fitur rotasi layar otomatis android ini didukung oleh sensor Akselerometer (Accelerometer). Sebuah hardware yang menjadi sensor wajib setiap android yang lahir sampai saat ini. Sensor ini akan mendeteksi kemiringan, dan orientasi/posisi android terhadap pengguna. Sensor ini kemudian ditambah dengan sensor Giroskop (Gyroscope) untuk penyempurnaan penggunaan seperti game.

Seringkali, sensor Gyro sangat penting digunakan untuk bermain game. Seperti game balapan atau battle royale, menggunakan sensor ini. Namun pada game, akan dibantu dengan sensor lain untuk pengalaman bermain game yang baik.

Didukung dengan sistem android, kemiringan yang terdeteksi akan disesuaikan dengan mengubah orientasi layar yang sesuai. Selain sistem, aplikasi yang digunakan juga berperan penting. Ada juga aplikasi yang tidak bisa digunakan untuk merubah orientasi karena algoritma/coding aplikasi yang tidak mendukung.

Fix Masalah Rotasi Layar Otomatis Android

Setelah mengetahui cara kerja maupun fungsi rotasi layar otomatis android, ada beberapa masalah yang terjadi pada rotasi layar ini. Biasanya disebabkan oleh akurasi pada sensor yang tidak pas. Seperti sensor rotasi layar yang terlalu sensitif malah membuat masalah. Apabila layar dimiringkan sedikit, layar langsung menjadi tidur (landscape). Ini akan cukup mengganggu penggunaan.

Selanjutnya, rotasi layar tidak mau berbalik ke arah semula. Saat menggunakan layar tidur dan mencoba mengembalikan ke layar berdiri (potrait) ada masalah. Layar cenderung tidak mau berbalik, atau cukup sulit untuk kembali.

Lebih jauh lagi, masalah pada sensor Akselorometer/Gyro mengganggu jalannya game. Kamu tidak bisa menggunakan kemiringan layar untuk membidik lawan pada game menembak. Orientasi bidikan akan tidak tepat saat kondisi layar dimiringkan ke suatu arah.

Cara mengatasi beberapa masalah layar diatas adalah dengan melakukan kalibrasi pada kedua sensor yang penting diatas. Bagaimanakah caranya?

1. Restart/Mulai Ulang Ponsel

Mematikan ponsel dengan disertai mencopot kartu memori dan kartu sim dapat menyelesaikan masalah rotasi layar yang bermasalah. Dengan melakukan ini, aplikasi yang menghandle sensor Aksel dan Gyro akan dihapus cache nya. Sehingga kamu bisa menggunakan sensor ini kembali dengan baik.

2. Kalibrasi Sensor Gyroscope/Akselerometer

Untuk melakukan kalibrasi sensor, pada semua ponsel android. Biasanya adalah membuka menu tersembunyi pada tiap merek ponsel. Cara kalibrasi sensor ini sudah admin berikan ulasannya untuk ponsel Xiaomi. Karena ponsel tersebut sudah dibekali dari pabrik. Untuk tujuan memperbaiki rotasi layar otomatis android yang bermasalah.

Proses kalibrasi biasanya membutuhkan ponsel yang diletakkan pada permukaan rata. Artinya untuk kalibrasi ponsel yang memiliki kamera menonjol di casing belakang. Perlu diperhatikan agar ponsel benar-benar rata, diganjal menggunakan sesuatu.

3. Reset Ke Pengaturan Pabrik

Apabila dengan memulai ulang android kamu dan kalibrasi tidak dapat menyelesaikan masalah, kamu perlu melakukan reset ini. Karena dapat dimungkinkan menghapus cache informasi gyro maupun aksel meter tidak dapat dilakukan dengan hanya merestart ponsel.

Apabila beberapa cara telah dilakukan, namun rotasi layar otomatis android masih saja error. Kemungkinan besar ada kerusakan pada sensor Gyro maupun Akselerometer ponsel adroid kamu. Kerusakan bisa terjadi karena terdapat benturan atau ponsel jatuh sehingga membuat sensor koyak atau terbentur perangkat keras lain pada ponsel.

Hardware ponsel ini sangat sulit ditemukan, karena jarang sekali mengalami kerusakan maka sparepart tersebut tidak cukup banyak beredar.

Tinggalkan Komentar!